Peluang usaha olahan kacang tanah kulit yang menguntungkan

ID 2038

Agrotani.comPeluang usaha olahan kacang tanah kulit yang menguntungkan – Kacang oven adalah kacang yang diolah dengan teknik tertentu sehingga menghasilkan kacang tanah olahan yang berkualitas tinggi. higienis, dan dapat diterima konsumen. Dalam ilmu pemasaran mengolah kacang tanah menjadi kacang oven merupakan salah satu bentuk diversifikasi makanan yang berguna untuk meningkatkan nilai dari kacang tanah sehingga mempunyai nilai jual yang lebih tinggi.

Kacang oven merupakan produk olahan kacang yang sedang trend dan sangat digemari berbagai kalangan Kacang oven bisa dibuat di rumah sebagai makanan favorit keluarga karena proses pembuatannya sangat mudah. Bisa juga dikembangkan untuk usaha karena mempunyai pangsa pasar yang masih terbuka lebar. Adanya kecenderungan masyarakat tertentu yang menghindari konsumsi kacang tanah karena kanduagan lemaknya yang tinggi, tak akan menjadi masalah karena kacang oven mempunyai kandungan lemak yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan kacang goreng, kacang mentega, kacang asin, dan produk olahan kacang lainnya. Yang paling penting dalam proses pengolahan kacang oven adalah menjaga kualitas produk akhir. Artinya, setiap proses produksi harus dilakukan secara teliti dan bersih. Di Indonesia produk kacang oven cukup populer.

Produk kacang oven di Indonesia banyak dijual dengan mengikutsertakan kulit atau polongnya. Kacang oven dengan kulit mempunyai nilai tambah sendiri selain lebih mahal dalam penyajian, rasanya juga lebih gurih. Mengonsumsi kacang oven dengan kulit memiliki seni tersendiri dibandingkan mengonsumsi kacang tanpa kulit.

Beberapa keunggulan kacang oven deagan kulit adalah penampilannya lebih menarik, apalagi jika kulitnya bersih dan warnanya seragam. Selain itu, juga mempunyai daya simpan yang relatif lebih lama. Rasa kacang oven dengan kulit juga lebih enak, renyah, tidak mudah melempem, ataupun tengik jika dibandingkan dengan kacang asin dan kacang bawang Kelebihan lain dari kacang oven adalah tanpa balian pengawet, praktis, dan mempunyai daya simpan yang lebih lama.

Di Amerika serikat, kacang oven biasanya diproduksi tanpa menyertakan kulit kacang. Produk ini masih dibedakan menjadi dua lagi yaitu kacang oven tanpa selaput dan dengan selaput rasa asin. Pembuatan produk ini sangat berhubungan dengan selera konsumen Amerika Serikat yang cenderung praktis. Sementara kulit kacangnya bisa diolah menjadi berbagai produk keperluan industri seperti fiber, pulp, dan sebagainya Di Singapura dan Malaysia produk kacang oven juga sangat populer. Namun, berbeda dengan produk di Amerika yang cenderung tanpa kulit, produk kacang oven di Singapura cenderung menyertakan kulitnya.

Produk kacang oven dikemas dalam kemasan aluminium foil dengan gambar yang sangat menarik sehingga mengesankan produk berkualitas tinggi sehingga harga jual pun bisa meningkat Kandungan gizi yang baik terutama protein serta rasa yang gurih dan renyah, menjadikan kacang oven penganan favorit di kala santai, menonton televisi, atau rekreasi. Selain bisa diproduksi di rumah untuk konsumsi sendiri, kacang oven juga sangat potensial dikembangkan menjadi salah satu alternatif usaha yang sangat menjanjikan.

Mengingat tingkat konsumsi masyarakat akan kacang oven yang terus meningkat, sementara produksi kacang oven sampai saat ini masih terbatas baik produksi maupun daerah penjualannya. Namun, khusus untuk skala industri biasanya peran pengemasan, pemilihan bahan baku, dan pengolahan yang baik sangat penting karena dalam skala industri diperlukan keseragaman rasa, bentuk, serta kualitas.

Tanaman Kacang Tanah