Peluang usaha menanam Ubi Jalar dan peluang pasarnya

Banyak sekali keuntungan jika kamu menanam ubi jalar bahkan juga sebagai komoditas pertanian, ubi jalar sangat efisien memanfaatkan hara, sinar matahari, dan air. Umurnya yang pendek, sekitar 3-4 bulan, mempercepat pengembalian modal usaha yang digulirkan. Selain untuk bahan baku industri, ubi jalar juga berpotensi sebagai sumber bahan pangan cadangan di masa yang akan datang.

Kita bisa saja dengan mudah mempelajari semua bahan untuk meningkatkan produksi. Karena metode untuk menaikan hasil sudah bisa kita lakukan.

Bahkan, Balai Penelitian Kacang – kacangan dan Umbi-umbian (Balitkabi) telah menemukan teknologi untuk meningkatkan hasil dari 9,4 ton/ha (hasil rata-rata nasional) menjadi 30-40 ton/ha.

Ubi jalar merupakan salah satu komoditas yang cukup bagus dikembangkan sebagai salah satu usaha pertanian palawija. Jika harganya tinggr, ubi jalar dapat memberikan keuntungan dua sampai tiga kali lipat dibandingkan padi.

Kebanyakan petani lokal membudidayakan biasanya dalam 1 ha menghasilkan 13 – 15 ton. Mungkin itu sudah termasuk setandar, namun untuk meningkatkan hingga 30 – 40 ton membutuhkan perawatan yang khusus lagi.

Kendalanya, harga ubi jalar tidak selalu tinggi. Selain masalah harga, sistem pemasaran ubi jalar secara tebasan sangat menekan keuntungan petani.

Harga ubi jalar di negara kita sangat tidak jelas, dan tentu saja sangat merugikan petani saat harga berada di titik terendah.

Jika petani mampu menghasilkan ubi jalar dengan kuantitas dan kualitas tinggi, mampu menaksir hasil panenan dengan tepat, dan mampu menjual hasilnya sesuai standar pasar, dipastikan nilai pendapatan dari usaha tani ubi jalar akan meningkat secara positif.

Jika upaya itu tercapai, peranan ubi jalar sebagai pendukung ketahanan pangan nasional akan semakin strategis.

Jujur saja untuk pemasaran petani sekarang ini belum bisa dipastikan harga setandarnya berapa. Namun jika bahan baku untuk tingkat pabrik bisa saja petani bermain harga atau negosiasi dengan pabrik.

Peranannya tidak hanya terbatas untuk bahan pangan yang diolah sederhana, tetapi akan berkembang menjadi produk industri yang memiliki nilai tambah tinggi, sekaligus bisa sebagai komoditas ekspor. Kami berharap dapat memberikan informasi tentang tata laksana budi daya ubi jalar yang tepat, efisien, dan secara ekonomis menguntungkan.

Selain itu kita akan membahas tentang asal-usul, jenis dan varietas; pemilihan lahan, benih, dan teknik penanaman; perlindungan tanaman terhadap gangguan hama penyakit; proses penanganan panen dan pascapanen; dan analisis usaha taninya.

Mulai Belajar

Tanaman Ubi