DAFTAR
MASUK

Peluang Usaha Ikan Laut Untuk Produksi Indukan

Peluang Usaha Ikan Laut Untuk Produksi Indukan

Agrotani.com – Dalam kegiatan pembenihan ikan laut,salah satu permasalahan yang dihadapi adalah pengadaan induk.  Hal ini karena untuk mencapai dewasa dan matang gonad, umumnya ikan laut mencapai umur di atas 1 tahun. Untuk mencapai dewasa, kerapu bebek (Cromileptes altivelis) butuh waktu 15.2 tahun, sedangkan bandeng (Chanos chanos) dan kakap tambak (Lutjanus argentimaculatus) butuh waktu 4 tahun. Hanya beronang (Siganus canaliculatus) yang butuh waktu pendek, sekitar 8 bulan.


Selama ini, pembenihan ikan-ikan laut masih mengandalkan calon induk/induk dari hasil penangkapan di alam. Pengadaan calon induk dengan cara penangkapan di alam relatif singkat, tetapi untuk mendapatkan calon induk yang siap dipijahkan juga sulit. Seringkali ikan yang tertangkap belum dewasa belum matang gonad dan sulit ditangani.

Peluang Usaha Ikan Laut Untuk Produksi Indukan


Karena itu produksi induk ikan laut, kegiatan pembesaran untuk menghasilkan calon induk juga merupakan peluang usaha yang prospektif. Produksi benih secara kontinu membutuhkan ketersediaan induk yang cukup. Sebagai contoh,  untuk budi daya bandeng di Indonesia, dibutuhkan jumlah nener atau benih bandeng sebanyak 3.170 juta ekor/tahun. Agar dapat memasok kebutuhan nener yang berkesinambungan maka diperlukan sekitar 71 HSL dan 710 HSRT dengan asumsi setiap HSL mampu memasok telur bagi 10 unit HSR. Untuk mendukung stabilitas produk hatchri bandeng itu. Pasokan induk yang berkualitas dan berkesinambungan dalam jumlah yang cukup mutlak diperlukan.  Untuk memproduksi 570 juta ekor nener saja diperlukan induk sebanyak 13.200 ekor dengan asumsi bahwa tingkat pembuahan mencapai 82%, dan jumlah telur yang dibuahi 790.000 butir induk/tahun,  sintasan (survei rate) 20%  serta stok induk yang dimiliki setiap HSL minimal tiga kali lipat dari jumlah yang digunakan. Jumlah tersebut belum termasuk penggantian induk yang sudah tidak produktif dan yang mati selama kegiatan produksi.


Calon induk yang berasal dari kegiatan budidaya mudah ditangani karena ikan sudah beradaptasi dengan lingkungan buatan,  pakan buatan,  relatif anak,  dan umurnya diketahui dengan pasti. Produktivitas induk lebih baik karena sejak awal wadah mendapat penanganan yang baik.


Peluang usaha ini sangat sedikit di minati mungkin karena cara produksi induk yang lumayan rumit, namun jika anda sudah mengetahui bagaiman caranya tentu ini adalah peluang yang sangat baik sekali untuk di kembangkan yang lebih besar.

Untuk masuk grup whatsapp Agrotani Indonesia Hubungi : 0853-2154-1506 Gratis !!!


 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Ikan Tag : Pakan Ikan


Tinggalkan pesan "Peluang Usaha Ikan Laut Untuk Produksi Indukan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.