Peluang Usaha Ikan Laut Untuk Ekspor

ID 7421

Agrotani.com – Pasar ekspor merupakan salah satu pasar utama bagi ikan-ikan laut dan ikan-ikan karang dari Indonesia bahkan mempunyai harga yang baik di negara Hongkong, China, Singapura, Jepang, dan negara-negara Eropa lainnya. Sekalipun indonesia merupakan produsen ikan karang terbesar di dunia, namun produksi yang ada sangat sedikit dibanding besarnya pasar ekspor importir ikan-ikan laut, seperti kerapu, kakap, dan bawal bahkan telah membuat komitmen dengan pembudidaya sejak penebaran.


Pasar ekspor merupakan peluang bagi pengembangan budidaya ikan-ikan laut. Namun untuk menghasilkan ikan yang dapat diekspor berkualitas baik perlu penerapan manajemen budi daya yang baik dan berstandar tinggi. Keseragaman hasil panen, kualitas produksi, keamanan pangan, kontinuitas, dan ketepatan pengiriman adalah persoalan-persoalan yang sering menghambat produksi.


Pada beberapa kasus, produk perikanan Indonesia ditolak di beberapa negara pengimpor karena soal sepele, kotor. Sistem produksi dan penanganan pasca panen yang buruk dianggap sebagai biang penolakan produk perikanan.


Pada budidaya, peluang untuk menghasilkan ikan laut berkualitas tinggi lebih mudah dibandingkan penangkapan. Penanganan pasca panen juga lebih mudah karena ukuran ikan hasil panen relatif seragam. Apalagi jika ikan yang diekspor dalam kondisi hidup, maka kegiatan budi daya tentu lebih unggul.


Produksi ikan untuk ekspor merupakan peluang yang baik bagi budi daya ikan laut. Pasar ekspor bisa menjadi segmen usaha tersendiri atau digabung dengan segmen usaha lain. Di daerah Riau dan Batam yang dekat dengan singapura, budidaya ikan laut ditujukan untuk pasar Singapura. Budidaya ikan laut di daerah tersebut, sebagian besar memang ditujukan untuk pasar Singapura, sehingga kegiatan budidaya terbatas pada membesarkan benih hingua mencapai ukuran panen dan langsung dijual kepada pembeli kemudian ikan dikirim langungsung ke Singapura. Artinya, budidaya ikan di Riau dan Batam hanya untuk pasar ekspor.


Untuk indonesia sendiri pemasaran yang di lakukan hanya sedikit saja, sehingga kebutuhan konsumen melambung naik. Ini merupakan salah satu peluang besar bagi pembudidaya yang daerahnya sangat mendukung, di samping menguntungkan dengan cara budidaya ikan laut anda akan membantu perekonomian pada pasar yang tersedia.

Ikan Laut