Pedoman memilih jalak bakalan dan jalak ocehan

Pedoman memilih jalak bakalan dan jalak ocehan

Agrotani.com – Terkadang kita bingung bagaimana untuk memilih jalak yang bagus untuk kita pelihara dan kita buat menjadi penangkaran. Upaya ini dilakukan agar kita mendapat kualitas burung yang berkualitas tinggi. Pemilihan mungkin akan mudah bagi para ahli pencinta burung, namun bagaimana dengan kita para pemula ? apalagi kita yang baru saja terjun ke hobi ini. Jenis burung jalak sangat banyak, lebih dari 100 jenis burung jalak hidup di Indonesia, namun secara umum beberapa diantaranya kita bisa targetkan salahsatu jenis yang akan kita pelihara dan yang akan kita tangkar, karna saya tidak suka bertele-tele mari kita mulai saja.

1. Pedoman bagi pemula

Cara yang paling aman bagi hobi pemula ini biasanya mereka membeli burung yang sudah jadi, sehingga suara burung bisa langsung didengar dan kemungkinan salah pilih akan sangat kecil peluang untuk memperoleh burung ocehannya memang sebenarnya bagus. Burung yang sudah jadi ini harganya memang lebih mahal dibandingkan burung bakalan, tetapi kualitasnya lebih terjamin. Bagi pemula saya sarankan agar anda membeli burung jalak di kios-kios, penjual burung di kios kemungkinan besar tidak akan menipu pembeli, tanyakan terlebih dahulu kepada teman atau kerabat anda yang memang sudah ahli dalam bidang memilih burung jalak.

Untuk pemula, jika memang anda hobi sekali jenis burung ini jangan asal main beli. Beberapa teman pemula kita kebanyakan mereka tertipu karena ketidak tahuan mereka dalam memilihnya. Sebaiknya anda memulai dari awal, dari pertama atau dari 0 dan saya tegaskan lagi anda harus memulai dari angka 0. Tujuannya supaya kita tahu bagaimana perkembangan dan lebih menguasai karakter burung untuk ocehan untuk penangkaran, burung untuk bakalan dan jenis burung jalak untuk dijadikan perlindungan satwa langka. Burung yang akan dibeli sebaiknya dipilh jalak yang masih anakan karena akan lebih mudah berkicau dan mudah “menjadi burung bakalan yang jadi”. Jangan sungkan bertanya pada yang lebih tahu untuk hal ini saya rasa anda sudah paham, dan saya yakin anda lebih tahu dan lebih ahli jika anda memulainya dari awal. Memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar, namun nanti anda akan puas karena pengalaman yang anda dapatkan. Yang namanya hobi apa aja pasti buat kita senang, apalagi menghasilkan uang dari hobi anda.

2. Pedoman bagi hobils (ahli burung)

Bagi hobils yang sudah biasa memelihara burung jalak bali atau jalak suren dan jenis jalak lainnya, memilih burung tidaklah sulit hanya dengan melihat burung saja mereka sudah tahu percis kemampuannya seperti apa. Ciri burung yang dapat diketahui antara lain jenis kelamin, umur burung, kemampuan berkicau yang dapat di prediksi, bentuk badan secara fisik, dan keindahan suaranya, mereka sudah pasti tahu betul. Untuk yang sudah ahli mungkin tidak perlu saya jelaskan mengenai detailnya, karena saya tahu anda lebih mengenal burung jalak dari pada saya. Jadi untuk anda yang sudah mahir bagikan pengetahuan anda pada para pemula, karena saya tahu mereka sangat membutuhkan saran dari anda. Dan tugas anda sekarang menyimak dan membenarkan saya dalam menyampaikan hal ini untuk para pemula.

Cara memilih jalak bakalan yang bagus

Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh anda pada saat anda membel jalak bakalan yaitu ciri fisik, kicauan atau suara, dan sikapnya.

1) Ciri fisik

Sebelum memilih sebaiknya ciri fisik burung yang baik perlu dikenali dahulu. Pilihlah jalak yang bentuk badannya bulat panjang. Bulu jalak mengikat dan tidak kumal. Waktu yang tepat untuk memilih burung yaitu pada saat burung itu bertengger santai. Usia burung yang masih muda dengan mengamati kakinya berwarna kuning basah.

2) Kicauan atau suara

Untuk memilih jalak bakalan yang belum bisa berkicau, pilih jalak yang suara crek nya tebal. Kemampuan untuk membedakan melalui suara bakalan memang membutuhkan kejelian dan pengalaman yang harus diasah. Anda membutuhkan kemampuan dengan cara dengan suara crek seperti ini nanti hasil jalak dewasa akan seperti apa, dan jika crek yang bersuara lain ketika dewasa akan menghasilkan jalak berkarakter apa, ini memang membosankan tapi kemampuan ini sangat penting ketika anda menguasainya anda tidak mungkin tertipu oleh penjual dan memungkinkan anda memiliki burung jalak yang berkarakter mantap.

3) Sikap

Jalak yang baik sudah dapat dilihat dari bakalan. Jalak yang berdiri gagah dan tegap sudah dapat dipastikan bahwa suara jalak itu akan baik, jantan dan menantang.

Pedoman memilih jalak yang sudah jadi atau setengah jadi

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan adalah :

Cara memilih fisik burung seperti cari-ciri burung bakalan yang baik.

1) Kicauan atau suara.

Jalak yang sudah jadi dapat didengar suaranya karena jalak termasuk burung yang rajin berbunyi, jika tidak rajin berbunya berarti ada hal yang patut dicurigai. Ada kemungkinan mereka terkena penyakit atau memang karakternya yang tidak bagus. Ciri yang umum untuk cek jalak anda bagus atau tidak bisa kita lihat dengan ciri ini. Apabila jalak didekati dan dipetit maka burung itu biasanya akan langsung berkicau. Bahkan, ada jalak yang berani berkicau di tangan pemiliknya, sudah dipastikan yang memelihara jalak ini sudah ahli dalam pemeliharaan dan soal pakan yang top abis.

2) Sikap

Jalak yang sikapnya tenang, tidak takut pada orang yang berada di dekatnya bila terbang tidak menabrak, tetapi tetap hinggap di tenggeran, dan tidak takut pada burung lain atau minder membuktikan sikap burung yang baik. Sikap ini saya rasa berlaku pada semua jenis burung lainya. Sikap tenang dan tidak mudah takut pada burung menunjukan burung betah dan sudah jinak.


 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Burung Jalak


Cara membuat pakan alternatif untuk ayam agar cepat besar
Cara membuat pakan alternatif untuk ayam agar cepat besar
Cara Meningkatkan Produksi Telur Ayam Kampung
Cara Meningkatkan Produksi Telur Ayam Kampung
Video cara ternak ayam bagi pemula
Video cara ternak ayam bagi pemula
Cara mudah membedakan meri Jantan dan Betina (DOD) – Dewasa
Cara mudah membedakan meri Jantan dan Betina (DOD) – Dewasa
Model kandang itik menurut umurnya
Model kandang itik menurut umurnya

Tinggalkan pesan "Pedoman memilih jalak bakalan dan jalak ocehan"