Panduan umum cara menanam selada hidroponik

ID 1728

Agrotani.com Panduan umum cara menanam selada hidroponik РHidroponik akhir-akhir ini mulai musim untuk di terapkan sebagai budidaya rumahan atau secara besar-besaran. Untuk anda yang ingin menanam selada secara hidroponik sebenarnya sangat mudah sekali kita lakukan. Jika dirasa memang untuk penanaman yang lebih besar sedikit berbeda dengan bisanya, saya sarankan anda membaca : Menanam Hidroponik

Mungkin yang akan kita tanam ini sedikit sederhan di bandingkan dengan penanaman hidroponik lainnya. Langkah yang pertama yang harus anda siapkan adalah kain planel pupuk AB mix dan benih selada. Biasanya jika kita tanam dari awal biji, benih yang akan digunakan mengalami dormansi (masa tidur benih). Untuk membuat benih ini bisa tumbuh kita gunakan beberapa teknik yang sederhana, anda cukup merendamnya ke dalam wadah berisi air hangat kemudian anda rendam selama 4 jam.

Setelah benih siap untuk di bibitkan anda gunakan botol mineral bekas dan kemudian belah menjadi dua bagian. Lubangi boto menggunakan paku atau bisa menggunakan solder. Buat satu lubang dengan ukuran lubang solder. Tumpuk dua belah botol tadi dengan bagian potongan belahan botol menghadap ke bawah dan botol yang ke dua di bagian bawah.

Berikan air pada bagian bawah potongan botol yaitu setengah bagian saja. Masukan kain planel ke dalam lubang tutup botol hingga keluar atau menyentuh air di permukaan bagian botol tersebut. Setelah anda membuat rangkaian hidroponik tersebut, kemudian anda siapkan media tanamnya, anda bisa menggunakan roock wol atau pecahan bata ke dalam botol atas sebagai media. Saya sarankan anda membuat dengan menggunakan beberpa persiapan atau benih sudah jadi bibit untuk membudahkan proses pertumbuhan.

Masukan pupuk AB Mix ke dalam media sesuai anjuran dosis yang tertera. Untuk selanjutnya kain flanel berfungsi sebagai pengangkut beberapa unsur hara yang ada di bawah permukaan.

Untuk menanam satuan cara ini sangat cocok . Mungkin yang anda gunakan ini cara yang lebih gampang dan mudah untuk di kerjakan. Beberapa jenis cara untuk hidroponik tentu banyak sekali jenisnya, jika anda pengelola untuk pekarangan rumah mungkin cara ini tidak cocok untuk di gunakan, saran saya anda haru menggunakan beberapa alat dan bahan untuk memperluas lubang tanam.

Biasanya yang dibuat untuk sekala menengah bahan yang dipakai menggunakan paralon yang berukuran cukup besar dan memiliki sirkulasi pompa, namun saya akan membuat tutorialnya untuk anda di jadwal kami untuk anda, selamat mencoba.

Tanaman Selada