Pengaruh Pakan Terhadap Burung

ID 2103

Agrotani.com – Sebagai hewan peliharaan, burung dapat dinikmati keindahan warna bulu dan kemerduan suaranya. Ini sudah tidak asing lagi bagi kita. Bulu yang indah dan suara yang merdu tak lepas dari pengaruh pekan.

Burung pada habitatnya mencari makan sendiri dengan caranya sendiri. Berbeda dengan burung peliharaan yang tentu kita yang menentukan bagaiman asupan perut burung. Burung yang berkualitas sangat tidak mungkin hanya dengan pakan yang hanya alakadarnya, namun pakan yang cocok dan nilai gizi yang pas untuk mereka. Berikut adalah pengaruh pakan terhadap burung.

Pengaruh Pakan Terhadap Burung

Mempengaruhi suara burung

Pada burung yang bersuara merdu tentu di harapkan oleh semua pemilik apalagi sudah menggandeng gelar juara. Hal ini tidak mudah membuat burung yang ocehanya bagus, ada beberapa makanan dan secara teratur di berikan kepada burung tersebut. Pernahkah anda melihat burung yang sama indukan namun beda dalam pemeliharaan pakan ? Jelas suara yang di hasilkan lebih menonjol di bandingkan dengan burung yang tidak sesuai dengan dosis nilai gizinya.

Suara burung berpengaruh pada pakan seperti buah – buahan, biji – bijian dan hewan kecil yang di sukainya. Takaran seimbang anda sebaiknya membuat jadwal pakanya agar teratur pada pencapaianya.

Membuat pertumbuhan bulu lebih pesat

Burung yang masih piyik atau anakan burung memrlukan pakan untuk pertumbuhan bulu, pada masa ini piyik sangat membutuhkan vitamin, protein dan gizi yang mendukung kebutuhan pembentukan badan dan bulu mereka. Biasanya yang umum di berikan pakan bayi atau bubur terigu yang sudah di racik oleh pemiliknya.

Jelas lebih baik dan cepat pertumbuhannya, ini sangat jelas terlihat pakan yang di racik terlebih dahulu butuh penyesuaian pada umur burung dan ini berlaku pada semua burung, mulai dari burung pemakan daging sampai burung pemakan biji-bijian.

Pada setiap burung mempunyai racikan pakan yang berbeda dan untuk jenis burung yang berbeda, untuk lebih jelasnya sebaiknya anda menanyakan pada pakar burung yang sudah benar – benar paham pada racikan, karena salah – salah anda meracik bukan hasil baik yang anda dapat namun kebalikanya.

Untuk kesehatan burung

Jika anda memlihara burung yang khusus untuk hiasan warna bulunya yang indah tentu tidak mau burung anda sakit dan tidak sehat lagi. Pakan di berikan dengan kemampuan mereka pada alam bebas atau habitat mereka. Bukan menjadi hal rahasia untuk butung yang indah sangat berpengaruh juga pada perkawinannya atau persilanganya pada indukan lain.

Dengan mengetahui bagaiman anda harus memlihara burung yang anda miliki, anda harus memberikan pakan yang sesuai dengan dosis dan memperhatikan nilai gizi pada makanan yang anda berikan kepada burung pliharaan anda.

Pakan Burung