Tips jitu obat penyakit layu pada tanaman cabai …!

Agrotani.com – Dari banyak kegiatan bertani, sering kita menemukan hama dan penyakit. Tentusaja ini mengahambat dari kegiatan kita berkebun. Sering anda melihat penyakit dengan terlihat layu dan seperti terbakar. Ada beberapa cara untuk mengatasi dan mengobati hal ini. Penyakit ini bukan hanya menyerang pada tanaman cabai, tetapi menyerang juga jenis tanaman yang lain.

Jika tanaman cabai anda mengalami layu fusarium, maka bisa dikatakan tanaman cabe yang sudah terlanjur terinfeksi fusarium sulit sekali untuk diobati atau disembuhkan.

Yang harus anda lakukan adalah mencegahnya mudali dari tanam hingga akhir panen nantinya. Ada beberapa bagian layu atau beberapa jenis penyakit layu yang menyerang tanaman cabai rawit atau cabe besar.

1. Nutrisi Nitrogen (N)

Beberapa petani melakukan pengurangan nutrisi (N) untuk mencegah layu yang seperti terbakar. Jenis pengurangan nutrisi (N) membuat tanaman yang anda tanam melakukan perubahan hormon pada daun, dan biasanya sudah seperti ini anda harus menggunakan pupuk yang mengandung unsur Kalium (K), Zn (seng), dan Kalsium (Ca) dan buat larutan pupuk phonska cair untuk tanaman cabai.

Dari hasil pengamatan saya ada beberapa bagian penyakit tanaman yang ditimbulkan oleh hama yang menyerang secara tidak diketahui oleh kita. Penyebab lain juga bisa terjadi karena cuaca dan jenis varietas yang anda tanam tidak tahan terhadap penyakit ini.

Untuk pencegahannya anda bisa menggunakan fungisida merek Kocide atau Dhitane atau merek lainnya yang sama kandungan bahan aktifnya. Cara lain untuk mengendalikan agar hama ini tidak mengakibatkan penyakit layu seperti terbakar, maka anda harus memotong bagian yang terserang atau bekas serangan hama dengan menggunakan gunting. Jangan lupa alat yang digunakan harus bersih (seteril).

Pada bagian ujung batang yang sudah anda potong diolesi dengan kunyit yang dihaluskan secukupnya sampai merata, kemudian tutup menggunakan plastik kemudian ikat dan pastikan rapat. Jika dirasa hama pengganggu sudah tidak menyerang lagi maka anda bisa mencopotnya. Dengan seperti itu maka pencegahan untuk terjadinya layu seperti terbakar akan berkurang.

Pengobatan ?

Pengobatan yang biasanya dilakukan dilihat dari ambang ekonomi. Hal ini jika dilihat penyebaran terlalu cepat dan banyak yang terkena serangan (hampir semua terserang) mungkin tidak ada lagi pencegahan dan pengobatan lagi, jika pengobatan dilakukan, akan beresiko anda akan rugi karena terlalu banyak pengeluaran untuk pengobatan penyakit ini.

Apalagi jika tanaman cabai yang anda tanam ini mengalami serangan penyakit layu fusarium.

Baca juga :

Tanaman Cabai