Pertanian Istilah Nursery Adalah

AGROTANI.COM – Persemaian “Nursery”  Adalah kegiatan pembibitan atau persemaian, tempat pertumbuhan sementara agar bayi tanaman tidak kaget dengan kodisi alam aslinya. Dengan nursery dapat mengurangi resiko kematian tanaman.

Kegiatan di persemaian merupakan kegiatan awal di lapangan dari kegiatan penanaman hutan karena itu sangat penting dan merupakan kunci pertama di dalam upaya mencapai keberhasilan penanaman hutan.

Persemaian dapat di lakukan dengan jenis tanaman atau dengan jenis tanaman itu sendiri, karena tanaman ada yang cocok dengan metode persemaian dan ada yang tidak cocok. Contoh penanaman secara langsung, berupa tanama yang berbentuk biji-bijian, pembibitan atau persemaian tidak perlu di lakukan, benih bisa langsung di tanam karena berukuran besar. Apabila benih yang terbilang banyak maka tanaman di sarankan melakukan persemaian.

Pemindahan “penanaman bibit” berupa semai dari persemaian ke lapangan dapat dilakukan setelah semai-semai dari persemaian tersebut sudah kuat (siap ditanam), misalnya untuk Pinus merkusii setelah tinggi semai antara 20-30 cm atau umur semai 8 – 10 bulan.

Pengadaan bibit/semai melalui persemaian yang dimulai sejak penaburan benih merupakan cara yang lebih menjamin keberhasilan penanaman di lapangan. Selain pengawasannya mudah, penggunaan benih-benih lebih dapat dihemat dan juga kualitas semai yang akan ditanam di lapangan lebih terjamin bila dibandingkan dengan cara menanam benih langsung di lapangan.

Baca Juga :

KamusPersemaian