DAFTAR
MASUK

Nilai gizi untuk kesehatan dengan mengkonsumsi buah – buahan

Nilai gizi untuk kesehatan dengan mengkonsumsi buah – buahan

buah-merupakan-sumber-antioksidan

Agrotani.com – Pernakah anda menilai gizi dari kesehatan anda sekarang ? dengan mengkonsumsi buah – buahan kita dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh kita, guna menjalankan aktifitas anda tanpa keluhan atau penyakit pada tubuh kita. Buah buahan dari kebanyakan orang tidak mengetahui manfaat besar di balik buah, hal ini di karenakan, cenderung banyak orang yang tidak memplajari dan memahami pentingnya kesehatan.

Anda yang membaca tulisan ini berati anda adalah orang yang peduli dengan tubuh dan organ – organ tubuh anda pribadi. Kenapa saya berkata demikian, buah dan sayur sangat penting untuk asupan gizi anda, anda wajib mengetahui pentingnya kesehatan tubuh anda dan memahami butuhan di dalam tubuh.

Menguraikan peran bebuahan berbagai segi kesehatan. segi lingkungan dan sosial serta sumbangannya terhadap devisa negara. Selanjutnya, produktivitas tanaman bebuahan nasional juga ditampilkan. Rendahnya produktivitas tanaman bebuahan menyebabkan konsumsi buah bagi kebanyakan anggota masyarakat masih belum terpenuhi yaitu baru 65% atau sekitar 45 kg/kapita/tahun.

Meskipun produksi bebuahan Indonesia belum maksimal, namun fakta menunjukkan bahwa nilai ekspor bebuahan Indonesia 2,3 kali nilai impor. Hal ini menunjukkan bahwa potensi bebuahan nasional sangat menggembirakan sasaran isi dalam bab ini dirangkum sebagai bentuk bagi para pembaca, terutama para mahasiswa dalam hal nilai gizi dan kesehatan, lingkungan sosial, standar kebutuhan gizi masyarakat serta nilai ekspor dan impor bebuahan.


NILAI GIZI DAN KESEHATAN

Bebuahan sangat penting manfaatnya bagi kesehatan badan. Dalam bunga terdapat saluran nektar (nectary yang mengeluarkan nektar), yang sesudah keluar dari perut lebah dinamakan madu. la nektar yang berasal dari salah satu komponen bunga demikian hebat khasiatnya, tentu saja buah juga akan sangat luar biasa. Manfaat bebuahan yang utama adalah sebagai sumber protein, vitamin dan mineral nabati yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan jasmani sekaligus kesehatan.

Sebuah pepatah asing yang mengatakan One apple a day keeps the doctor merupakan ungkapan betapa tingginya nilai gizi apel dan manfaatnya terhadap kesehatan badan. Rendahnya pendapatan per kapita bagi sebagian besar masyarakat Indonesia disertai dengan kurangnya kesadaran gizi keluarga menyebabkan rentannya mereka terhadap gangguan penyakit..

Untuk hidup sehat manusia memerlukan takaran gizi yang sesuai Kebutuhan gizi laki-laki dan perempuan berbeda. Hal ini disebabkan karena gizi merupakan bahan bakar yang menghasilkan energi dan pada umumnya aktifitas lelaki lebih banyak dibandingkan perempuan Untuk mengetahui kondisi pemenuhan gizi biasanya digunakan metode berat badan. Berat badan berlebihan menandakan seseorang kelebihan gizi sehingga perlu mengurangi takaran pangan hariannya.

Sebaliknya, berat badan yang ringan menandakan seseorang yang sehat atau salah gizi sehingga perlu tambahan takaran pangan harian dan perlu pemilihan jenis gizi yang tepat Dalam hal ini peran ahli gizi sangat diperlukan. Dalam Tabel 22 berikut dijelaskan bahwa lelaki memerlukan kadar karbohidrat, protein, vitamin B, vitamin Ba dan Niacin lebih banyak dibandingkan perempuan.

Sementara itu perempuan lebih banyak memerlukan zat besi dibandingkan lelaki terkait dengan siklus menstruasi yang dialami perempuan. Keterangan umur 20 – 29 tahun berat badan kg (laki-laki) dan 47 kg. Selain sebagai sumber vitamin dan mineral, bebuahan dan sayuran juga mengandung bahan antioksida yang mampu mencegah sel sel dari proses penuaan atau kematian jaringan. Oleh karena itu apabila kita mengkonsumsi bebuahan secara teratur, proses penuaan kulit dapat dihambat. Bagi orang yang sedang menjalani diet, mengonsumsi buah merupakan cara yang efektif untuk mempertahankan berat badan guna menuju hidup sehat.

Untuk memperoleh hasil hitungan yang pasti, terlebih dahulu diperlukan data men genai

(1) kandungan bahan yang dapat dikonsumsi edible portion atau EP dari bebuahan, nilai analisis gizi setiap jenis bebuahan, dan o) penghitungan sendiri.

HITUNGAN

Berapa kalori yang lerdapat dalam 250 g buah nangka matang Pohon

  1. Edible portion buah nargka matang pohon sebesar 25, maka berat buah murni adalah : 28/100 x 250 g 70 g 2 Nilai kalori untuk 250 g buah nangka adalah 106/100 x 250 g 20 kalori. 3 jadi untuk orang yang memerlukan 2200 kalori memerlukan: 2200/27 2017 atau setara dengan 2 kg
  2. Hitungan yang sama untuk protein adalah 1.2n000 x 084 g dan seterusnya.
  3. Hitungan di atas bukan berarti penulis menganjurkan kepada pembaca agar mengkonsumsi buah secara total Namun, hal ini lebih mengarah kepada pemanfaatan jenis jenis pangan yang jumlahnya cukup banyak di tanah air.

Selain itu, terselip pesan untuk mengkonsumsi jenis pangan substitusi jika suatu saat mengalami kelangkaan beras. Hitungan tersebut juga dapat digunakan dalam program diversifikasi pangan, sehingga ketergantungan pangan tidak hanya kepada satu atau dua jenis bahan pangan saja.

Referensi

Ashar, S. 2006. Meningkatkan Keunggulan Bebuahan Tropis Indonesia. Pengukuhan Guru Besar Dalam Ilmu Hortikultura Pada Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, Malang. C.V ANDI OFFSET

Untuk masuk grup whatsapp Agrotani Indonesia Hubungi : 0853-2154-1506 Gratis !!!


 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Buah-buahan


Tinggalkan pesan "Nilai gizi untuk kesehatan dengan mengkonsumsi buah – buahan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.