DAFTAR
MASUK

Nama ilmiah ikan ekor kuning

Nama ilmiah ikan ekor kuning

Agrotani.com – Ekor Kuning ikan yang dikenal sebagai ekor kuning mempunyai spesies yang cukup banyak dan termasuk dalam dua genera, yaitu Caesio dan ptetocaesio.  Ekor kuning merupakan ikan berallal ekonomis dan diekspor dalam bentuk utuh atau fillet (irisan daging),  Selama ini ekor kuning diekspor bersama ikan-ikan karang lainnya ke Singapura,  China,  Hongkong,  dan Jepang. Ekor kuning dan ikan laut lainnya yang dipelihara di Kepulauan Riau dan sekitarnya di KJA langsung dijual kepada pembeli dari Singapura.


Harga ekor kuning sedang sehingga dapat dijangkau oleh lapisan masyarakat, ikan ini mudah ditemukan,  baik di pasar-pasar rakyat tradisional hingga pusat perbelanjaan modern seperti supermarket. Ekor kuning jaga disajikan sebagai sea food dalam bentuk ikan bakar,  goreng dan sajian lainnya mulai dari rumah makan pinggir jalan hingga restoran mewah. Di samping itu,  ekor kuning juga digunakan sebagai umpan dalam penangkapan tuna (Thunnus sp)  dan cakalang (Katsuwonus pelamis). Untuk dijadikan umpan,  ekor kuning yang dipilih berukuran 10-15 cm ekor.

ikan ekor kuning

sumber : http://www.floridafishtalk.com/yellowtailsnapper101.htm


Sejak tahun 1978, ekor kuning telah dipelihara oleh nelayan di Kepulauan Riau untuk memenuhi pasar Singapura. Tahun 1990-an,  ekor kuning juga telah dipelihara dengan sistem KJA di Teluk Buyat,  sulawesi Utara. Demikian pula,  di Pulau Kondongbali,  kabupaten pangkep,  Sulawesi Selatan,  ekor kuning dipelihara di dalam KJA yang digabung dengan berbagai macam ikan laut. Budidaya ekor kuning belum dilakukan secara penuh.  Benih ikan ini masih ditangkap di alam dan dibesarkan di dalam KJA. Penangkapan benih ekor kuning cukup mudah karena ikan ini hidup berkelompok dalam jumlah sangat besar .

Bergabung ke grup Whatsapp Agrotani Indonesia hubungi 085320638655


 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Kamus Tag : Nama Ilmiah


Tinggalkan pesan "Nama ilmiah ikan ekor kuning"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.