Mulsa

Mulsa

 

MulsaAGROTANI.COM – Mulsa merupakan pencegahan pertumbuhan gulma, atau bahan yang menutupi tanah budidaya yang berupa sisa –sisa tanaman, jerami, daun dan bahan organik serbuk gergaji, sekam dan plastik. Sesuai dengan fungsinya mulsa di tujukan pada gulma yang dapat menganggu tanaman, dengan mulsa gulma yang tumbuh akan sidikit berkurang. Mulsa memiliki beberapa jenis, ada yang terbentuk dari mulsa organik, non organik dan mulsa kimia sintesis, selebihnya dari kedua jenis ini memiliki keunggulan dan kekurangn namun tujuanya sama untuk menjaga kelembaban dan menekan pertumbuhan gulma.

Kebanyakan mulsa di gunakan untuk tanaman budidaya seperti holtikultura. Mulsa bisa meningkatkan kadar hara yang diambil tanaman akibat perbaikan kelembaban dan temperatur tanah yang optimal sehingga lebih memungkinkan peningkatan ketersediaan unsur hara dalam tanah bagi pertumbuhan dan sebagai sumber energi bagi aktivitas mikroorganisme yang hidup di dalam tanah.


Mulsa,5 / 5 ( 1voting )

 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Mulsa


Hibrida TM-999
Hibrida TM-999
Tanggal Pelepasan Varietas atau Bibit
Tanggal Pelepasan Varietas atau Bibit
Varietas padi unggul
Jarak tanam pada tanam jagung
Jarak tanam pada tanam jagung
Nama Ilmiah Ikan Kerapu Malabar

Tinggalkan pesan "Mulsa"