Model kandang itik menurut umurnya

Agrotani.com – Sebuah kesempatan bagus untuk anda yang sedang menjalankan usaha budidaya itik baik itu petelur ataupun pedaging. Ada sistem kandang Grower dan Kandang Leyer kedua jenis kandang ini memiliki fungsi tersendiri untuk pemeliharaan dan pembesarannya hingga sampai panen nantinya.

Untuk model atap kandang ada 4 kelompok bagian yaitu : atap dua muka dengan lubang angin, dua muka tanpa lubang angin, satu muka dengan lubang angin dan satu muka tanpa lubang angin. Nah silahkan anda mau membuat kandang dengan model yang mana. Namun anda harus memperhatikan syarat untuk membuat kandang itu sendiri.

Model kandang itik

  1. Temperatur kandang kurang lebih 39 °C
  2. Kelembaban kandang berkisar antara 60-65 %
  3. Penerapan kandang diberikan untuk memudahkan pengaturan kandang agar tata kandang sesuai dengan fungsi bagian-bagian kandang.

Model kandang menurut umur itik :

1. Kandang DOD


Kandang untuk umur itik 1 hari (DOD) pada masa setater bisa juga disebut dengan kandang box, ukurannya lumayan kecil hanya 1 m² dan mampu menampung 50 ekor DOD (Day Old Dick).

2. Kandang Grower


Kandang ini untuk itik remaja atau kandang ren/kandang kepadatan yang bisa dibudidayakan untuk setiap itik antara 6-9 ekor/m². Lantai kandang kelompok ini dibuat dengan semen, pasir dan kapur. Anda juga bisa membuat kolam kecil yang dangkal untuk itik minum dan membersihkan badan. Untuk masuk ke kandang ini itik idealnya berbobot tidak lebih dari 6,1 kg.

3. Kandang Leyer


Kandang leyer untuk itik masa bertelor untuk modelnya bisa berbentuk kandang baterai (satu atau dua ekor dalam satu kotak) bisa juga dengan kandang kelompok dengan ukuran setiap meter persegi 4-5 ekor itik dewasa yang siap bertelor, atau ukuran dewasa dengan masa bertelor untuk 30 ekor itik dewasa dengan ukuran kandang 3×2 m.

Sebenarnya tidak usah mahal-mahal anda membuat kandang itik dengan berbahan seadanya juga bisa asal kuat dan tahan lama. Begitu juga dengan wadah pakan dan wadah minumnya harus kuat dan tahan lama. Sekiranya dibuat untuk sekala besar lebih baik anda membuat dengan bangunan yang sudah di sesuaikan terlebih dahulu dengan modal anda dan kualitas si bangunan itu sendiri. Cukup mudah bukan sekarang tinggal anda yang membuatnya.

BebekItikKandang