Menikmati Segarnya Hasil Alam Wortel Tawangmangu

Diposting pada

Selain dikenal karena destinasi wisata Grojogan Sewu, Tawangmangu yang merupakan bagian dari Kabupaten Karangayar, juga dikenal sebagai salah satu pemasok wortel terbesar di wilayah Jawa Tengah. Bentang alam wilayah Tawangmangu menjadikan daerah tersebut diberkahi pasokan air bersih dan irigasi yang cukup, sehingga tidak cuma wortel saja, namun sayuran lainnya tumbuh subur di tanah Tawangmangu.

Berbicara tentang wortel Tawangmangu, tidak lengkap rasanya jika kita tidak menyinggung khasiat-khasiat sayuran wortel yang jarang diketahui orang selain sebagai sumber vitamin A yang bagus untuk penglihatan. Nyatanya, wortel juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan daya imunitas. Dengan demikian, wortel tentu sangat berkhasiat melawan infeksi serta mencegah keparahan pilek.

Pemasaran Hasil Panen Wortel Tawangmangu

Dikarenakan sentra produksi wortel terbesar di wilayah Jateng, maka begitu petani wortel Tawangmangu memanen hasil ladangnya, mereka bisa langsung mendistribusikannya ke pasar Tawangmangu, dan disebarkan ke wilayah-wilayah Jawa Tengah lainnya. Salah satu petani wortel Tawangmangu yang memanfaatkan aplikasi jual beli hasil pertanian online GDM AGRI, Pak Supono, wortel yang dipasok ke sejumlah bakul di wilayah-wilayah Jateng dihargai Rp 7.000 per kilogramnya. Selanjutnya, harga akan ditentukan sendiri para bakul yang memesan wortel dari Tawangmangu tersebut. Dalam satu kali kirim, ia bisa mengangkut empat hingga lima kwintal wortel, agar ia memperoleh laba dari sekali pengiriman tersebut.

Untuk mendapatkan wortel dalam jumlah lima kwintal tersebut, dia harus pergi ke ladang pagi-pagi buta sekiranya pukul 04.00. Setelah memanen wortel dalam jumlah yang sesuai kebutuhan, wortel segera dicuci di air selokan dekat lading yang mengalir jernih.

Wortel Organik Tawangmangu, Kenapa Tidak?

Kini, petani-petani lokal di daerah Tawangmangu pun mulai terbuka dengan pertanian organik, yakni mengedepankan kelestarian lingkungan serta peningkatan kualitas gizi sayuran itu sendiri. Sebelumnya, petani-petani disana memang belum tersentuh teknologi mutakhir yang mendekatkan mereka kepada budidaya wortel organik. Namun, seiring berjalannya waktu, Kementan RI pun melirik potensi pasar yang sangat besar di komoditi ini. Ditinjau dari segi efisiensi, biaya produksi wortel organik pun jauh lebih terjangkau dibandingkan konvensional karena sudah tidak menggunakan pestisida yang berbiaya selangit. Wortel Tawangmangu dengan metode pertanian konvensional saja sudah sedemikian nikmatnya karena langsung dihasilkan dari tanah subur Tawangmangu. Apalagi jika mampu diusahakan wortel organik. Tentunya, dari segi kandungan nutrisinya akan jauh lebih baik. 

Era Teknologi Mudahkan Konsumen Mendapatkan Barang Dengan Cepat

Sebagai konsumen, anda lebih bisa teredukasi dalam memilih wortel Tawangmangu terbaik.  Sejauh ini, pemasaran wortel Tawangmangu berputar di pasar-pasar tradisional, atau langsung mengambil dari petani lokal. Di era teknologi seperti sekarang ini, anda tidak perlu pusing menyetok wortel Tawangmangu meskipun di daerah anda bukan sentra penghasil produk karena banyak aplikasi pertanian yang

Aplikasi pertanian hasil panen bisa diandalkan dengan kemudahan fitur produk unggulan, konsumen bisa langsung memilih petani lokal Tawangmangu sesuai dengan kebutuhan. Keunggulan aplikasi jual beli online ini pun ditambah dengan kemudahan untuk berinteraksi langsung dengan petani lokal, sehingga proses tawar-menawar bisa tetap dilakukan layaknya transaksi tradisional bertatap muka. Petani wortel Tawangmangu mudah dan cepat menemukan konsumen. Anda pun akan lebih mudah dan cepat mendapatkan hasil panen lokal dengan harga terbaik