DAFTAR
MASUK

Cara Menghitung Kebutuhan Bibit Tanaman Kentang

Cara Menghitung Kebutuhan Bibit Tanaman Kentang

Agrotani.com – Kebutuhan bibit untuk satu hektar lahan tergantung dari jarak tanam dan besar kecilnya umbi kentang. Namun, bila dihitung dari jumlah bibitnya, tanpa mempedulikan bobot umbi, maka perhitungannya demikian. Diperkirakan, lahan satu hektar berisi sekitar 30- 40 ribu tanaman. Dan berarti, membutuhkan umbi kurang lebih sebanyak ini.

Kalau memakai guludan selebar 1,20 m, jarak antar guludan 0,5 m, panjang guludan 25 m dan jarak tanamnya 25- 30 cm x 50- 60 cm, maka jumlah guludan per hektar sekitar 230 guludan. Dan, bila satu guludan dapat ditanami 188 bibit/tanaman, maka jumlah bibit tanaman kurang lebih 20-30 ribu bibit/tanaman.

Perhitungan di atas bisa memusingkan. Untuk itu, dapat dipakai ukuran standar para petani kentang. Umumnya untuk lahan satu hektar petani membutuhkan bibit antara 1,2- 2 ton.

<< Lihat Tentang kentang lainnya

Untuk masuk grup whatsapp Agrotani Indonesia Hubungi : 0853-2154-1506 Gratis !!!


 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Tanaman Kentang


Tinggalkan pesan "Cara Menghitung Kebutuhan Bibit Tanaman Kentang"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.