Salak

ID 4754

Manfaat-buah-salak-pondohTanaman salak (Salacca edulis) termasuk dalam suku Palmae (Arecaceae) yang tumbuh berumpun Batangnya hampir tidak terlihat karena tertutup oleh pelopah daun yang tersusun rapat dan berduri. Dari batang yang berduri itu tumbuh tunas baru yang dapat menjadi anakan atau tunas bunga dalam jumlah yang banyak Tanaman salak dapat hidup bertahun-tahun sehingga ketinggiannya bisa mencapai 7 meter, tetapi pada umumnya tanaman salak tingginya tidak lebih dari 4.5 meter.

Tanaman salak

Akar


Tanaman salak berakar serabut yang monialar mendatar di bawah permukaan tanah Daerah penyebarannya tidak luas, dangkal, dan mudah rusak bila kekurangan air Perkembangan akarnya dipengaruhi oleh cara pengolahan tanah, pemupukan, tekstur tanah, sifat fisik dan kimia tanah, air tanah, lapisan bawah tanah, dan faktor lainnya.

 Batang


Batang tanaman salak pendek dan hampir tidak kelihatan karena selain ruas-ruasnya padat, juga tertutup oleh pelepah daun yang tersusun rapat. Pada tanaman yang sudah tua, batangnya akan melata atau menjulur ke samping dan dapat bertunas Tunas ini dibiarkan hidup untuk menjadi pokok baru yang nantinya dimanfaatkan sebagai bibit cangkokan.

Daun


Daun salak tersusun roset, pelepah bersirip terputus-putus dan panjangnya sekitar 2,5-7 meter. Bentuknya seperti pedang. pangkal daun menyempit, dan cembung. Pada bagian bawah dan tepi tangkai daun berduri tajam Daun berwarna hijau dengan ukuran yang bervariasi tergantung vanotasnya .

Bunga


Tanaman salak termasuk tanaman berumah dua, artinya merupakan jenis tanaman yang letak bunga jantan dan bunga betinanya terpisah, tidak dalam satu tanaman. Bunga salak berukuran kecil-kecil dan tumbuh rapat menjadi satu rangkaian di punggung ketiak daun. Pada waktu bunga masih muda, dilindungi oleh selubung berbentuk bulat lonjong seperti perahu. Bunga inl borbentuk radial simetris, mempunyai tiga daun kelopak dan tiga daun mahkota atau struktur yang tidak dapat dibedakan antara kelopak atau mahkota.

1. Tanaman berbunga jantan


Tanaman berbunga jantan adalah tanaman yang bunganya hanya mempunyai bonang sari (stamen) tanpa putik. Jenis bunga ini disebut bunga tidak sempurna atau bunga mandul sebab butir tepung sari hanya dapat membentuk sel kelamin jantan Bunga salak jantan mempunyai ciri-ciri berbentuk panjang, bercabang radial simetris, mempunyai mahkota, serta mata tunas bunga yang kecil-kecil. Sekelompok bunga jantan terdiri dari 4-12 malai Satu malai terdiri dari ribuan serbuk sari. Panjang malai 7-15 cm Namun, panjang koseluruhan antara 15-35 cm.

2. Tanaman berbunga betina


Berlawanan dengan tanaman berbunga jantan, tanaman berbunga betina hanya menghasilkan bunga yang mempunyai putik saja, tanpa ada benang sari, Bakal biji yang terdapat dalam putik berfungsi untuk membentuk sel kelamin betina Bunga betina berbentuk agak bulat, memiliki mahkota dan mata tunas pada tangkai, lebar, dan jelas dengan satu putik dan bakal biji yang tersusun rapi dalam kuntum bunga Sekelompok bunga betina terdiri dari 1-3 malai.

Satu malai mengandung 10-20 bakal buah Panjang bunga secara keseluruhan 20-30 cm, panjang malai 7-10 cm Warnanya hijau kekuningan berbintik merah, Bunga betina mekar selama 1-3 hari.

Persarian terbaik terjadi setelah dua hari semenjak bunga tersebut mekar. Selain kedua jenis bunga tersebut, masih ada jenis bunga hermafrodit, yaitu bunga yang mempunyai benang sari dan putik. Bila lingkungan dan iklim di sekitarnya memungkinkan, bunga ini dapat melakukan penyerbukan dan pembuahan sendiri secara sempurna tanpa adanya penyerbukan silang

Buah dan Biji


Umumnya buah berbentuk telur torbalik dan pada ujung runcing dan terangkai rapat dalam tandan buah yang muncul dari ketiak pelepah daun Kult buah tersusun seperti sisik- sisik berwarna cokelat kekuningan sampai cokelat kohitaman. Daging buah tidak berserat berwarna putih kekuningan, kuning kecokelatan atau merah, tergantung varietasnya, Rasa buah manla, manls agak asam, manis agak sepet atau manis borcampur asam dan sepet. Dalam satu buah salak mengandung 1-3 biji. Binya berwarna cokelat berbentuk persegi dan berkeping satu.

Tanaman Salak

Salak,3 / 5 ( 2voting )