Strawberry

Strawberry

Agrotani.comstrawberry-reference – Strawberry merupakan buah yang tergolong pada beri-berian, namaun dari semua jenis beri-berian buah ini primadonanya. Strawberi diduga berasal dari persilangan antara Fragaria chiloensis yang berasal dari Chilie dan Fragaria virginana yang berasal dari Amerika Utara. Hasil silangan ini untuk pertama kali dibudidayakan di Inggris. Strawberi sudah dibudidayakan pada zaman Romawi kuno.

Asal dan Negara Penghasil

  1. Produksi dunia diperkirakan 2,3 juta ton/tahun.
  2. Negara negara penghasil strawberi adalah USA 24%,
  3. Polandia 14%, Spanyol 8,4%,
  4. Jepang 8,5%, dan Italia 8,4%,
  5. Jerman mengimpor strawberi dari Italia 40%,
  6. Spanyol 30%, dan Prancis 10%.

Nama pada setiap negara

  1. Strawberi (Fragaria ananassadari Famili Rosaceae)

  2. Strawberry (nggris)

  3. Frase (Prancis)

  4. Fresa Freson (Spanyol)

  5. Fragola (Itali)

  6. Erdbeere (Werman)

Nama strawberry berasal dari kata strewn (strewowry) yang kemudian berubah menjadi strawbary. Di Prancis strawberi Fragara vesa (Alpine Strawbamy) sudah dibudidayakan sejak abad ke 13 sebagai tanaman obat.


Sebagai obat dalam :


  • Buah digunakan sebagai obat gangguan pencernaan, daun dan akar sebagai obat asam urat.

Sebagai obat luar :


  • Dapat digunakan sebagai pelindung kulit dari sengatan matahari (sunblock).

Manfaat buah strawberry untuk kesehatan


  1. Buah strawberry sebagai Anti- kanker.

    Strawberry merupakan buah yang sangat baik sekali di konsumsi setiap hari. Hal ini sangat pantas karena buah Strawberry termasuk pada datar buah top ” superfoods ” hal ini karena buah Strawberry bisa menyembuhkan berbagai penyakit yang menyerang tubuh kita. Kandungan anti – oksidan yang tinggi pada Strawberry, sehingga mampu menanangkal berbagai penyakit yang terus menyerang kita.

  2. Menghilangkan jerawat.

    Tentu anda kesal dengan gangguan kulit wajah seperti jerawat, namun dengan bantuan Strawberry yang kaya akan vitamin C, Alpha Hydroxy Acids ( AHA ), asam salisilat dan flavonoid mampu menghindari penyakit jerawat dan bahkan menyembuhkannya. Rutinlah mencuci wajah anda dan menjaga kebersihan wajah dan konsumsi buah ini untuk mencegah dan mengobatinya.

  3. Mempertajam daya ingat serta kesehatan mental

    Selain memiliki efek anti – anemia dan di telah terbukti melalui penelitian yang sudah di lakukan, terdapat folat yang terkandung pada buah ini terbukti dapat meningkatkan daya ingat manusia. Pada ibu yang sedang mengandung dan sedang menyusui ini sangat baik sekali karena pada andak yang di kandung dapat terhindar dari cacat otak ketika si bayi lahir.

  4. Menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah strawberry secara tidak langsung dapat merangsang sekresi saliva dan cairan lambung,pada percernaan akan lebih baik dan membersihkan usus pada organ kita, sehingga dapat mengurangi sembelit dan penyakit yang timbul pada usus.

  • Suasana hati

Strawberry dapat melepaskan serotonin, yang berfungsi sebagai rileksasi pada pikiran kita dan menimbulkan ketenangan yang di peroleh serotonin.

  • Menjaga kesehatan  Jantung

Buah mengandung Anti oksidan yang tinggi, dimana anti oksidan ini mengandung vitamin C yang berpadu dengan anthocyanidins, yang berfungsi melindungi arteri dari berbagai kerusakan oleh kandungan yang dapat berbahaya seperti pembekuan pada darah dalam pembuluh darah pada jantung.

  • Mencegah Pertumbuhan jamur

Strawberry adalah sumber yang baik dari mineral seperti tembaga, mangan dan magnesium. kombinasi  antara mangan, tembaga dan  asam dikarboksilat  dapat menghambat pertumbuhan jamur di kulit kepala.

Nilai Gizi Buah Strawberi

Kandungan gizi Strawberi mengandung vitamin C tinggi, di samping itu strawberi juga mengandung vitamin B1 dan B2. Mineral penting yang terkandung adalah magnesium, zat besi, kalium dan kalsium. Strawberi baik untuk memperbaiki kinerja ginjal dan baik untuk penderita anemia.

  • Cara Menyimpan

    Strawberi termasuk pada jenis buah-buahan dan mudah sekali busuk, sehingga tidak dapat disimpan lama. Lama simpan strawberi hanya 5 hari pada suhu 0-2 c dengan kelembaban udara 90-95%. Dengan menambahkan co2 , dengan konsentrasi 20-25% pada wadah penyimpanan dapat memperpanjang masa simpan.

  • Kondisi Tumbuh yang sesuai

Ada strawberi yang berbuah sepanjang musim panas (summer) dan musim gugur (fall dan disebut sebagai strawberi everbearing. Strawberi dapat ditanam di berbagai jenis tanah tapi semakin subur tanah akan semakin besar ukuran tanaman yang dihasilkan.  Tanaman tumbuh lebih baik pada daerah yang sejuk dan lembab sehingga kurang baik ditanam di daerah panas.

Pertumbuahan Strawberry

Strawberi dapat tumbuh baik pada beberapa jenis tanah mulai tanah-tanah bertekstur pasiran (ringan) sampai lempungan (berat) dengan nilai pH 5,5-6,5. Untuk pertumbuhan dan hasil optimal, strawberi harus tumbuh pada daerah yang memiliki suhu udara sejuk seperti di daerah pegunungan (dataran tinggi) yang memiliki ketinggian sampai di atas 1000 m dpl. Suhu rendah dan penyinaran panjang cenderung mendorong pertumbuhan vegetatif, namun suhu rendah dengan periode penyinaran pendek akan memacu pembungaan.

Strawberi diperbanyak dengan anakan atau disebut ranner. Lahan untuk penanaman strawberi diolah terlebih dulu kemudian dibuat bedengan (lebar 80-100 cm, panjang 3 meter) yang diberi pupuk kandang sebanyak 5 ton/ha. Selain pupuk kandang juga perlu diberi pupuk anorganik 170 kg urea, 500 kg KCI, dan 100 kg TSP per hektar. Pupuk urea diberikan lagi sebanyak 170 kg pada saat diadakan pembunbunan yaitu umur 60 hari.

Fakta-fakta unik strawberry

  1. Buah ini termasuk pada keluarga bunga, ini sangat unik sekali jika anda pernah menghampiri semak di mana mereka tumbuah, akan mengeluarkan bau harum manis seperti buah strauberi yang sedang di makan.

  2. Masyarakat amerika banyak sekali mengkonsumsi buah ini rata – rata 3,5 pon setiap tahun. Dan pada kalangan remaja buah ini di anggap sebagai permen alam karena banyak sekali kandungan yang di peroleh oleh buah ini.

  3. Sejarah mengatakan pada jaman Bangsa Romawi Kuno sudah di gunakan sebagai buah obat-obatan, mereka dapat menyembuhkan orang-orang yang mengalami depresi, pingsan, demam , batu ginjal, bau mulut serta sakit tenggorokan.


Strawberry,5 / 5 ( 1voting )

 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Tanaman Strawberry


3 Cara terbaik meningkatkan hasil panen padi 100% terbukti
3 Cara terbaik meningkatkan hasil panen padi 100% terbukti
Cara Membuat Pupuk Kandang Yang Baik Dan Benar
Cara Membuat Pupuk Kandang Yang Baik Dan Benar
Cara Budidaya Cabe Rawit Hasil Melimpah
Cara Budidaya Cabe Rawit Hasil Melimpah
Cabe hias pelangi untuk hiasan pekarangan
Cabe hias pelangi untuk hiasan pekarangan
Pupuk super ajaib agar tanaman cabe berbuah lebat
Pupuk super ajaib agar tanaman cabe berbuah lebat

Tinggalkan pesan "Strawberry"