Panduan umum cara menanam pisang supaya berbuah lebat

ID 2259

Agrotani.comPanduan umum cara menanam pisang supaya berbuah lebatPisang merupakan tanaman yang banyak sekali dijumpai di Indonesia. Tanaman ini sangat digemari oleh masyarakat. Buah pisang sering sekali digunakan untuk produk olahan seperti keripik pisang, aneka jus pisang, untuk kecantikan, pisang sebagai pengobatan dan masih banyak lainnya. Tanaman pisang bukan saja diambil buahnya saja, beberapa bagian seperti daun dan batangnya juga bisa kita manfaatkan. Pisang sangat bagus sekali untuk pertumbuhan tubuh kita dan memiliki vitamin yang banyak sekali.

Suaktu – waktu seringkah anda melihat buah pisang yang lambat pertumbuhannya dan berbuah dengan hasil yang sedikit. Biasanya tanaman pisang tumbuh dengan baik pada daerah beriklim tropis panas, lembab dan pada dataran rendah. Yang akan kita bahas lebih mengarah ke tanaman pisang anda berbuah lebat dan memiliki rasa yang manis serta enak untuk di jadikan olahan makanan atau dimakan langsung.

Saya sering melihat di kebun-kebun di sekitar rumah saya milik tetangga, mereka sering menanyakan bagaimana tanaman pisang saya tidak berbuah lebat dan lama berbuah. Saya lebih menekankan pada perawatan yang diberikan ke tanaman. Mustahil tanaman ini tumbuh subur dan berbuah lebat jika kita biarkan dengan perlakuak yang menyiksa mereka, mereka mengikat tanaman pisang sebagai jemuran baju ini bukan sekedar menyiksa dan saya pastikan pertumbuhannya tidak akan bagus.

Mohon diperhatikan pertumbuhan gulma yang tumbuh disekitar tanaman pisang kita. Jika gulma tumbuh dengan subur dan tumbuh dimana-mana kemungkinan besar penyerapan unsur hara akan di ambil oleh rumput, jadi ada baiknya anda memberantas gulma di sekitar tanaman pisang.

Agar buah pisang memiliki buah yang banyak maka anakan harus dihentikan, sisakan tunas sejumlah 1-2 saja. Biasanya pada tanaman yang sudah cukup umur (tanaman pisang dewasa) akan tumbuh andakan. Anakan tumbuh subur di dekat dengan indukan, hal ini membutuhkan makanan yang sangat banyak untuk menghidupi anakan yang tumbuh. Tanaman dewasa ini memusatkan sari mekanan kepada anakan yang tumbuh. Tanaman yang tumbuh tersebut kemudian akan besar dan mencari makanan sendiri setelah perakaran yang cukup besar.

Alasan kenapa tanaman anda tidak berbuah banyak dan tidak lebat karena mungkin anda membiarkan anakan ini tumbuh. Sisakan tanaman yang tumbuh dewasa hanya satu pohon saja, kecuali anda akan memperluas penanaman dan membutuhkan bibit baru anda boleh membiarkan tanaman ini tumbuh.

Untuk rasa dan kualitas ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal ini. Faktor utama yang berdampak besar yaitu varietas, jika varietas bagus dan berkualitas tinggi maka buah yang dihasilkan sangat bagus. Anda bisa mendapatkan bibit atau benih pisang di toko pertanian atau sentral bibit yang ada di kota anda tinggal. Untuk penanaman jumlah banyak, sebaiknya gunakan pupuk kimia seperti KCL, urea, super fosfat dan batu kapur sebagai sumber kalsium yang utama.

Berikan pupuk yang pas. Ada beberapa fase pertumbuhan pada pohon untuk berbuah dan fase pertumbuhan. Yang sering kita kenal adalah fase vegetatif dan fase generatif dan itu nyata anda harus memperhatikannya. Jika anda mempunyai lahan dengan jumlah besar anda bisa memberikan pupuk kimia seperti KCL, urea, super fosfat dan batu kapur sebagai sumber kalsium yang utama untuk pertumbuhan tanaman.

Saya gunakan perhitungan 1 ha, pupuk yang dibutuhkan untuk ukuran lahan itu membutuhkan pupuk 600 kg KCL, 200 kg urea, super fosfat sebanyak 100 kg serta 200 kg batu kapur. Saya rasa memupuk anda sudah bisa jadi saya tidak perlu untuk membahasnya. Jika kurang jelas mampir aja ke forum kami.

Rapihkan beberapa daun yang kering, potong dan taroh di bawah perakaran daunnya. Perawatan atau perlakuan anda pada tanaman mempengeruhi hasil tanaman. Saya sarankan jika anda yang baru sekali menanam lebih baik anda menanam pada musim menjelang hujan, kisaran bulan September-Oktober.

Perhatikan pemupukan untuk tahap selanjutnya, anda bisa menggunakan pupuk kanda atau pupuk kompos, jika anda bingung untuk membuatnya baca : Cara membuat pupuk kompos

Tanaman yang bisa tumbuh dan berkembang baik kita rawat lagi dengan melihat keadaan di bawahnya. Jika anda lihat banyak gulma dan rumput liar maka anda perlu melakukan penyiangan dan jika dirasa tidak ya jangan dilakukan. Saking semangatnya anda untuk melakukan penyiangan jangan sampai melukai perakarannya atau mencangkul terlalu dalam.

Setelah beberapa bulan tumbuh anda bisa menggunakan pupuk secara teratur yaitu sebulan sekali. Ukuran tanaman pisang dewasa membutuhkan unsur hara yang cukup banyak dibandingkan dengan tanaman yang baru saja tumbuh. Berikan pupuk N Nitrogen dengan dosis 400 mg. Pemupukan seperti biasanya anda lakukan yaitu dengan menaburkan mengelilingi perakaran.

Untuk penyiraman anda biasakan pagi dan sore. Pokoknya penyiraman pagi dan sore ini di lakukan pada semua tanaman dan patokan waktu ini sangat cocok pada jenis tanaman apapun. Saya rasa cukup jelas untuk anda kerjakan, sekarang giliran anda untuk melakukannya, baiklah gunakan waktu anda sekarang dan terimakasih sudah datang hari ini.

Tanaman Pisang