Cara menanam kangkung secara hidroponik

ID 3846

Agrotani.com – Penanaman hidroponik kangkung bisa dilakukan dimana saja, asal instalasi untuk menanamnya terkena sinar matahari yang cukup. Anda bisa memanfaatkan pekarangan rumah yang sempit, bisa di tembok, halaman rumah dan ditempat-tempat sempit lainya.

Untuk mendapat bahanya anda bisa membelinya di toko pertanian terdekat didaerah anda atau melalui toko online, terserah anda mau beli dimana. Namun yang harus anda lakukan sebelum lebih lanjut mungkin saya akan menjabarkan bagaimana instalasi ini bisa berdiri dan layak digunakan.

Permasalahan yang sering saya lihat dilapangan ketika penanaman, instalasi yang dibuat mengalami kebocoran, ini karena pengguna hidroponik terlalu ceroboh ketika berbudidaya.

Anda harus menentukan sistem hidroponik apa yang cocok untuk anda dan bagaimana anda memulainya. Nama sistem hidroponik tidak lah penting untuk anda hafal, lakukan saja dan lihat model-model hidroponik yang ada digambar kemudian anda tiru.

Budidaya yang sedang ramai dibicarakan orang yaitu pemanfaatan lahan kosong untuk hidroponik. Sebenarnya cara hidroponik ini sudah lama dilakukan dan dikembangkan namun baru sekarang ini tren hidroponik kita lihat.

Sayangnya kali ini kita tidak bisa ngobrol soal cara membuat instalasi hidroponik, namun yang kita fokuskan adalah budidayanya, jadi anda yang belum memiliki instalasi bisa ke halaman agrotani mengenai pembuatan instalasi.

Langkah-langkah menanam kangkung secara hidroponik :

1. Siapkan instalasi hidroponik yang sudah jadi
2. Pilih varietas benih yang berkualitas
3. Siapkan rokwol, Nutris AB Mix, Netpot
4. Buat persemaian
5. Larutkan nutrisi AB Mix dengan air
6. Rawat tanaman kangkung setiap hari

Saya anggap anda sudah bisa analisis semua bahan dan bagaimana mereka tumbuh tanpa ada tanah, mereka hidup dengan nutrisi yang anda berikan.

Cara menanam kangkung secara hidroponik


Semua makanan yang dibutuhkan untuk hidup dan rangsangan mereka untuk tumbuh bergantung pada faktor internal dan eksternal. Saya yakin ketika semua hal itu sudah anda penuhi, dan anda mengerti betul apa yang dibutuhkan oleh tanaman itu untuk tumbuh anda akan sukses dalam berbudidaya tanaman.

1. Siapkan instalasi hidroponik yang sudah jadi


Instalasi yang tidak rumit bisa kita buat dengan mudah, karena saat ini bahan dan alat mudah kita temukan. Tentu saja ketika kita membuat sebuah instalasi harus benar-benar dicocokan dengan lahan atau denah yang anda buat.

Kesuksesan petani hidroponik adalah penanaman secara terus menerus dan tanpa ada henti, mereka bukan sekedar hobi namun rasa bermain yang dibayar oleh uang. Ciptakan hal itu ketika anda membuat hidroponik jangan terburu-buru anda mengejar uang.

Saya mengerti anda membuat instalasi hidroponik ini membutuhkan uang yang tidak sedikit. Namun hidroponik sayangnya tidak memberikan alasan anda untuk menanam. Anda bisa mencobanya secara kecil-kecilan dan bertahap.

Untuk anda yang tidak memiliki instalasi ada 2 jalan keluar yang bisa anda lakukan yaitu 1. Membeli instalasi hidroponik 2. Membuat Instalasi hidroponik

Terserah anda mau yang mana, namun saya sarankan anda untuk membuatnya sendiri, tidak masalah jelek namanya juga belajar.

Untuk yang sudah punya instalasi tidak masalah berarti anda termasuk sudah tau sedikitnya tentang hidroponik, kita hanya perlu memulainya saja.

2. Pilih varietas benih yang berkualitas


Ada banyak varietas yang sudah diuji dan dikeluarkan oleh kementrian pertanian, baik perusahaan suasta atau pun yang perusahaan lainnya meneliti dan menguji varietas.

Sesuaikan syarat tumbuh yang cocok untuk tempat anda dan gunakan varietas itu untuk kita jadikan bibit nantinya. Dengan kata lain memilih varietas unggul bisa anda dapatkan dari indukan yang berkualitas atau membelinya secara langsung pada penyedia bibit.

Sebagaimana biasanya, pengerjaan ini bisa dilakukan dengan mudah dan tidak memerlukan waktu banyak untuk praktik. Anda bisa membelinya di toko pertanian terdekat atau melalui toko online.

3. Siapkan rokwol, Nutris AB Mix, Netpot


Bahan-bahan ini memiliki peran penting ketika kita hendak berbudidaya hidroponik. Namun sering sekali pemilik dudidaya mengabayakan hal ini untuk mempersiapkannya.

Rokwol
Siapkan rokwol untuk pembenihan, pembenihan ini dilakukan di tempat khusus untuk bibit yang akan tumbuh.


Nutrisi AB Mix
Nutrisi AB Mix banyak sekali jenisnya, sesuaikan untuk anda yang baru belajar soal nutrisi. Ada yang khusus untuk buah dan ada juga khusus untuk daun. Jika anda ingin membeli berarti beli nutrisi AB Mix yang khusus untuk daun.

Persiapan ini meliputi pengecekan dan perlengkapan anda, tidak harus detail juga anda cek kondisi. Yang anda lakukan adalah pengontrolan semua bahan yang kurang sebelum penanaman dan kemudian lengkapi.

4. Buat persemaian


Persemaian dibutuhkan ketika anda sudah mencapai semua perlengkapan tersebut. Lakukan persemaian dengan cara memotong bagian rokwol bentuknya kotak dan lubangi rokwolnya dengan tusuk gigi atau pulpen. Untuk lebih jelasnya ini gambarnya :

Bibit ini berusia 5-7 hari untuk bisa ditanam dan dipindahkan kedalam netpot yang berisi nutrisi.

5. Larutkan nutrisi AB Mix dengan air


Nutrisi AB Mix ini membutuhkan pelarut, jadi jangan memberikan dengan dosis yang kurang atau dosis berlebih. Setip kemasan memiliki dosis yang berbeda, jadi saya tidak bisa memastikan hal itu, lihat pada produk kemasan yang tertera dan ikuti anjuran pakainya. Larutan AB Mix ini memiliki fungsi yang berbeda. Lihat video agrotani ini :

6. Rawat tanaman kangkung setiap hari


Setelah bibit dan persemaian selesai serta bahan-bahan sudah kita siapkan kemudian kita lakukan budidaya dan merawatnya.

1. Siapkan larutan AB Mix yang sudah kita larutkan degan air kedalam instalasi hidroponik kita.
2. Masukan bibit tanaman kedalam netpot
3. Netpot yang berisi bibit dimasukan kedalam lubang tanam hidroponik.
4. Setelah dimasukan pastikan air larutan pastikan sudah mengalir pada bagian rokwol, jika tidak maka anda membutuhkan kain planel untuk membantu air terangkat dan menyentuh akar.

Untuk tahap selanjutnya anda tinggal mengontrol air larutan AB Mix dan memberikan nutrisi AB Mix yang baru 1-2 minggu sekali. Kontrol terus air nutrisi ini jangan sampai kering.

HidroponikTanaman Kangkung