DAFTAR
MASUK

Menanam Hidroponik

Menanam Hidroponik

Agrotani.com – Menanam hidroponik sudah di kembangkan dengan teknologi camggih, mulai dari persemaian sampai dengan pemanenan. Di negara maju menanam hidroponik sudah di lakukan pada lahan sempit atau mereka bercocok tanam menggunakan lahan khusus hidroponik. Mungkin pola tanam atau system hidoroponik adalah salasatu solusi untuk mengatasi keterbatasan lahan yang sempit, biasanya penduduk perkotaan menanam tanaman hidroponik di areal pekarangan. Mereka kebanyakan memanfaatkan bahan bekas dari botol mineral sebagai media atau wadah bercocok tanam. Namun yang akan kita bahas sekarang adalah menanam hidroponik sistem wick.

Cara bertanam hidroponik dengan sistem wick

Seperti di bahas di atas menanam hidroponik atau budidaya tanaman media hidroponik sistem wick sangat menguntungkan karena sistem ini sangat mudah kita dapatkan dan mudah di buat. Khususnya untuk pemula yang mungkin baru mengenal hidroponik.

Ada beberapa alat dan bahas untuk memulai bercocok tanam hidroponik

1. Botol bekas minuman mineral 1,5 – 2 liter.
2. Solder sebagai pelubang
3. Gunting sebagai pemotong
4. Media tanama seperti sekam bakar, cocopeat.
5. Nutrisi hidroponik / pupuk hidroponik biasanya pakai Nutrisi Hidroponik AB Mix.
6. Kain flanel.

Langkah – langkah

Potong bagian tengah botol air mineral dengan gunting.

Buat lubang pada bagian bawah botol yang bertujuan untuk air dapat masuk dan keluar pada media tanam dan tempat pembuangan air apa bila nutrisi berlebih sekaligus sebagai rongga udara yang dibutuhkan akar tanaman. Anda bisa menggunakan solder untuk melubangi bagian botol.

Buat lubang pada tutup botol air mineral dan selanjutnya untai dengan kain flanel.

Kemudian flanel sebagai tempat untuk menyalurkan air nutrisi dari bawah botol ke tanaman.

Tanaman yang sudah siap di tanama biasanya terdiri dari 4 helai daun dan jika anda rasa bibit tanaman yang akan anda tanam sudah siap pastikan perakaran dan media tanam sudah lembab atau basah.

Berikan nutrisi hidroponik kepada tanaman melalui bawah atau perakaran.
Apabila memungkinkan sesuaikan standar PH air dan PPM air sesuai jenis tanaman.

Cara ini adalah sistem hidroponik wick yang paling mudah untuk para pemula dan anda bisa mengembangkannya dengan pola dan sistem yang lebih tepatguna.


 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Hidroponik


Tinggalkan pesan "Menanam Hidroponik"