Cara agar mangga di luar musim 100% berhasil : Panduan Lengkap

Agrotani.com – Cara agar mangga di luar musim 100% berhasil : Panduan Lengkap –  Anda mungkin mengalami masalah tentang pemeliharaan mangga, tenang saja anda tidak sendiri untuk masalah ini. Banyak petani mangga yang mengeluhkan hasil panen mereka menurun dan bahkan sampai mangga tidak berbuah lagi.

Untuk kasus seperti ini biasanya terjadi pada pohon mangga yang sudah dewasa. Pada awal musim mungkin saja berbuah, namun pada musim berikutnya pohon mangga yang kita rawat ini tidak menghasilkan lagi buah.

Solusi yang tepat untuk menghindari masalah ini adalah pada pertawatan yang kita lakukan. Sadar atau tidak, pemeliharaan kebanyakan petani adalah malas untuk memberikan pupuk dan perawatan lainya.

Akibatnya tanaman ini tidak menghasilkan lagi dan bahkan pohon mangga mati. Meskipun tanaman ini lama sekali berbuah karena serangan hama dan penyakit, ini disebabkan oleh tangan manusia juga yang berdampak pada tanaman.

Timbulnya hama dan penyakit baru adalah suatu siklus alam yang memang tidak bisa kita salahkan. Cara yang paling tepat untuk merangsang bunga dan tumbuhnya buah, kita harus memberikan ZPT dan pengeringan seperti buah rambutan yang sudah kita bahas pada bab sebelumnya.

Jika anda adalah pengunjung baru di agrotani, saya sarankan anda membaca dari awal atau bisa memilih daftar ini berikut ini :

==Daftar isi===

Perangsangan agar tumbuh bunga dan buah kita bisa berikan ZPT yang mengandung bahan aktif paklobutrazol. Konsentrasi bahan aktif adalah 750 ppm. Namun kita harus meningkatkan ZPT ini dengan konsentrasi bahan aktifnya 1.750 – 2.000 ppm jika tanaman yang kita pelihara sudah memiliki umur minimal nya sudah 5 tahun lebih.

Agar penggunaan bahan ZPT ini efektif maka tanaman yang akan diberikan ZPT ini harus menunjang. Untuk itu semua persiapan harus sudah beres kita kerjakan, seperti pembentukan tajuk dan kodisi pohon harus prima.

Bentuk tajuk yang sudah kita buat ini harus berbentuk bulat, anda harus segera betulkan tajuk jika terlihat tumpang tindih antara dahan satu ke dahan lainnya. Jika ada daun yang tumpang tindi maka proses potosintesis akan terganggu, daun tidak mendapat sinar matahari secara optimal karena terhalang oleh daun lainnya.

Dengan bentuk daun yang merata maka tanaman mangga kita bisa membentuk karbohidrat dan hormon secara sempurna. Sebaiknya pembentukan ini dilakukan pada tanaman yang masih kecil, mulai dibentuk pada batang utama berdiameter 2 cm. Batang di pangkas pada bagian ruas ke dua, kemudian setelah 1 bulan akan tumbuh tunas baru. Pilih lah tunas terbaik dan biarkan 3 tunas tersebut tumbuh.

Setelah 3 tunas tumbuh berdiameter 2 cm, kemudian kita pangkas lagi 2 cm di atas ruas ke dua. Selang beberapa waktu maka akan tumbuh kembali pada tunas-tunas yang sudah kita pangkas. Tunas-tunas itu yang nantinya akan kita pelihara hingga tunas menjadi kuat.

Dengan pemangkasan ini anda akan memperoleh pohon mangga yang kuat dan bertajuk bulat. Keuntungan dengan sistem pemangkasan ini jika anda terapkan maka tanaman tersebut akan bisa lebih kuat saat menompang buah yang berbobot besar nantinya. Keuntungan lainnya kita bisa lebih mudah saat melakukan pemanenan, karena pohon mangga yang kita rawat ini lebih pendek dibandingkan dengan tanaman yang tidak dipangkas.

Lalu bagaimana untuk merangsang agar berbuah lebat dan bisa tumbuh diluar musim ?

Kita sudah bahas pada bab yang sebelumnya, perlakuan yang diberikan pada pohon mangga sama saja seperti pohon belingbing, rambutan, jeruk dan Lengkeng. Anda tinggal mengaplikasikan pada pohon mangga ini seperti anjuran dari kami.

Jika anda adalah pengunjung baru, pasti heran kok pembahasanya ngawur kaya gini ya. Itu karena anda tidak membaca panduan kami dari tahap-tahapannya. Masuk ke daftar isi dan mulai dari bab satu, disana sudah banyak dijelaskan mengenai tanaman buah.

Untuk selanjutnya kita akan membahas pohon kelengkeng agar berbuah diluar musim dan perawatan lebih jelasnya, mungkin ini akan menjadi pembelajaran yang cukup melelahkan untuk anda.

Silahkan lanjutkan belajarnya

Tanaman Mangga