DAFTAR
MASUK

5 Manfaat kopi yang wajib anda ketahui untuk kesehatan

5 Manfaat kopi yang wajib anda ketahui untuk kesehatan

Agrotani.com – Kopi merupakan minuman yang terbuat dari seduhan biji kopi yang telah diolah dengan baik oleh ahlinya. Pemilihan biji kopi yang baik diracik dan disuguhkan dengan air panas sehingga menjadikan kopi seduhan yang pas untuk menemani di berbagai kegiatan. Aromanya yang khas, dan diminati berbagai kalangan. Siapa yang tidak mengenal jenis minuman yang satu ini?

Kopi ini selain jenisnya yang beragam, juga tak luput dari banyaknya manfaat bagi kesehatan. Berikut ragam manfaat kopi bagi kesehatan yang kami rangkum khusus untuk anda.

1. Meningkatkan Kinerja Dan Performa


Kandungan kafein dalam kopi mampu mempengaruhi kinerja sel dan memperlambat pergerakannya. Sehingga dengan meminum kopi, kita merasa segar lebih lama karena rasa mengantuk menurun, muncul rasa gembira, detak jantung meningkat sehingga timbul rasa segar dan ceria.

Cara kerja kafein di dalam tubuh yaitu dengan memberikan hambatan pada adenosin di dalam tubuh. Adenosin adalah senyawa yang ada di sel otak berfungsi untuk memicu seseorang untuk tertidur atau mengantuk, namun dengan adanya kafein yang bekerja di dalam tubuh kita maka memberikan efek sebaliknya seperti yang telah dikemukakan di atas.

2. Meningkatkan Mood


Banyak orang yang merasa lebih bergairah setelah mereka minum kopi. Hal ini terjadi karenakopi merupakan salah satu minuman peningkat mood. Namun bukan itu saja, kopi juga memiliki kandungan serat yang bermanfaat bagi tubuh. Satu gelas kopi memiliki kandungan setara dengan 1,8 gram serat. Dalam sehari jumlah serat yang dibutuhkan tubuh yaitu mencapai 20-38 gram.

Sehingga, seseorang yang mengkonsumsi kopi 2 sampai 3 kali sehari, terbantu dalam menambah kandungan serat yang dibutuhkan dan setelah minum kopi, seseorang itu juga akan mengalami peningkatan mood dan bahkan membuat seseorang bahagia serta lebih ceria dari sebelumnya.

3. Baik Untuk Kesehatan Kulit


Selain baik untuk kesehatan dalam, ternyata kopi juga baik untuk kesehatan luar (kulit). Caranya cukup mudah, yaitu dengan membuat scrub dengan bahan campuran kopi dan balurkan ke tubuh. Bahkan, ampas kopi sisa dapat digunakan sebagai lotion untuk memperhalus kulit terutama kulit yang kasar dan pecah-pecah sehingga kulit menjadi lebih cantik, halus dan lembap. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam kopi bermanfaat untuk kesehatan kulit kepala yakni meminimalisir terjadinya kerontokan pada rambut.

Jadi, jika anda seorang wanita dan juga penikmat kopi tentu akan mendapatkan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan anda agar semakin menjadi paripurna.

4. Menurunkan Resiko Alzhaimer


Mengkonsumsi kopi secara rutin dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus sehingga performa dalam bekerja menjadi meningkat. Dalam beberapa studi yang dilakukan oleh para ilmuwan, menunjukkan hasil bahwa orang-orang yang rutin minum kopi terutama wanita, memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit alzhaimer dan demensia. Penurunan resiko ini bahkan bisa mencapai hinga 60%. Hal inipun diperkuat dengan penelitian dalam sebuah studi pada tahun 2005 yang menemukan bahwa kopi sebagai urutan pertama dengan sumber kandungan antioksidan dalam pola makan orang-orang di Amerika Serikat. Kandungan antioksidan yang tinggi ini bahkan setara pada sebagian sayuran dan buah-buahan.

5. Mencegah Terjadinya Berbagai Penyakit


Menurut sebuah penelitian di Jepang kopi mampu menghambat penyerapan gula, hal ini terjadi karena kandungan-kandungan yang terdapat dalam kopi diantaranya yaitu sifat anti bakteri yang terdapat dalam kopi, sangat berguna untuk kebersihan mulut kita. Beberapa senyawa dalam kopi mampu mencegah terjadinya kanker mulut. Selain itu juga, kopi memiliki sifat anti bakteri dan anti perekat yang baik bagi kesehatan mulut dan gigi. Tak Sehingga hal tersebut meminimalisir terjadinya berbagai penyakit yang menyerang ketahanan tubuh anda.

Hasil yang ditunjukkan dalam penelitian tersebut bahwa sebesar 18% wanita yang berusia 24 tahun memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit jantung dan stroke, sebesar 25% wanita memiliki resiko lebih rendah terkena kanker usus besar dan manfaat kopi juga mampu mengurangi 50% resiko diabetes dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi. Dijelaskan dalam penelitian tersebut, bahwa hal ini dapat terjadi karena mereka meminum kopi sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari.

6. Meningkatkan Metabolisme Tubuh


Kinerja sel dalam tubuh pun tidak terlepas dari pengaruh zat kafein yang terdapat dalam kopi. Kandungan kafein ini akan menimbulkan perasaan segar di tubuh lebih lama, meningkatkan energi dan bisa membuat otak lebih cerdas. Selain itu juga kandungan kafein dalam kopi dapat mengurangi rasa lelah dan menimbulkan semangat di dalam diri, meningkatkan performa fisik serta meningkatkan adrenalin di dalam tubuh.

Demikian ragam manfaat yang dapat mimin sajikan untuk anda. Ingat kopi terbaik adalah kopi yang di seduh tanpa campuran apapun, karena yang berbahaya adalah campuran yang terdapat yang pada kopi seperti campuran gula, krim dan susu yang berlemak, maka untuk kesehatan anda batasilah dalam penggunaan 3 pemanis tersebut. Merupakan suatu kesalahan jika anda mengira kafein adalah bagian dari rasa pahit pada kopi, dan menganggap semakin pahit rasa kopi maka semakin tinggi kafeinnya. Ada manfaat ada juga akibat. Karenanya, konsumsilah kopi secukupnya saja.

Untuk masuk grup whatsapp Agrotani Indonesia Hubungi : 0853-2154-1506 Gratis !!!


 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Tanaman Kopi


Tinggalkan pesan "5 Manfaat kopi yang wajib anda ketahui untuk kesehatan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.