Usaha budidaya ikan laut

Agrotani.com – Usaha budidaya ikan laut mempunyai beberapa segmentasi usaha atau pasar. Segmen-segmen usaha tersebut dapat dilakukan sendiri-sendiri atau digabungkan ke dalam satu usaha dengan berbagai kegiatan. Pembudidaya atau calon pembudidaya ikan laut dapat memilih segmen segmen usaha tersebut sesuai dengan modal dan keterampilan. Ada banyak sekali peluang usaha yang kita dapat dari ikan laut, dimana peluang bisis ini masih kurang di minati oleh masyarakat karena faktor SDM dan tidak bisa melihat potensi yang berada di wilayah sekitar.

Berikut ini adalah kumpulan peluang usaha yang berada di indonesia dengan memanfaatkan sumber kekayaan yang sangat luar biasa pada laut indonesia.

Produksi benih ikan laut merupakan salah satu usaha yang menguntungkan. Kegiatan pembenahan merupakan suatu usaha yang dapat dilakukan secara sendiri atau digabungkan dengan usaha lain, misalnya pembesaran lagi pembenih dengan modal terbatas dapat mengembangkan usaha pembenihan skala kecil dengan membangun balai benih atauhatchri (hatchery) skala kecil atau hatehri skala rumah tangga (HSRT). Sedangkan bagi pembenih bermodal besar dapat membangun hatchri skala besar atau lengkap (HSL).


Di negara akuakultur yang sudah maju, contohnya Jepang, AS, RRC dan negara-negara Eropa kegiatan testoking sudah merjadi kegiatan komersial, bukan sekadar kegiatan konservasi dan sosial.  Kegiatan akuakultur (pembenihan)  menjual benih kepada asosiasi, koperasi nelayan atau pemerintah daerah yang melakukan restoking, sementara nelayan melaporkan hasil tangkapannya untuk dikenai biaya (change)  pembelian benih oleh asosiasi atau koperasi tersebut (Emenda 2004). Dengan demikian, kegiatan akuakultur komplementer dengan kegiatan penangkapan.

Produksi ikan konsumsi adalah kegiatan pembesaran (fattening/growout) untuk menghasilkan ikan sesuai dengan kebutuhan pasar (marketable/size) konsumsi langsung. Ikan konsumsi langsung dipasarkan mulai dari pasar rakyat atau pasar tradisional hingga pasar swalayan stau pasar modern (supermarket).

Jadi tunggu apalagi jika anda berminat untuk membudidayakan ikan laut ini merupakan peluang usaha yang menjanjikan. Usaha budidaya ikan laut di masyarakat indonesia kurang di minati mungkin cara budidaya yang kurang adalah faktor kendala, usaha budidaya ikan laut memiliki sasaran yang anda bisa pilih seperti Produksi benih, Produksi ikan konsumsi, Produksi ikan untuk ekspor, Produksi induk, Produksi umpan, Produksi ikan hias, Bahan baku industri.


Dengan demikian peluang ini menjadi besar karena memiliki target pasaran yang sangat banyak dan sudah di katakan pasti. Secara tidak langsung usaha budidaya membantu meningkatkan ekonomi dan ketahanan pangan bagi masyarakat negara kita.

Pasar ekspor merupakan salah satu pasar utama bagi ikan-ikan laut dan ikan-ikan karang dari Indonesia bahkan mempunyai harga yang baik di negara Hongkong, China, Singapura, Jepang, dan negara-negara Eropa lainnya. Sekalipun indonesia merupakan produsen ikan karang terbesar di dunia, namun produksi yang ada sangat sedikit dibanding besarnya pasar ekspor importir ikan-ikan laut, seperti kerapu,kakap, dan bawal bahkan telah membuat komitmen dengan pembudidaya sejak penebaran.


Untuk indonesia sendiri pemasaran yang di lakukan hanya sedikit saja, sehingga kebutuhan konsumen melambung naik. Ini merupakan salah satu peluang besar bagi pembudidaya yang daerahnya sangat mendukung, di samping menguntungkan dengan cara budidaya ikan laut anda akan membantu perekonomian pada pasar yang tersedia.

Dalam kegiatan pembenihan ikan laut,salah satu permasalahan yang dihadapi adalah pengadaan induk.  Hal ini karena untuk mencapai dewasa dan matang gonad, umumnya ikan laut mencapai umur di atas 1 tahun. Untuk mencapai dewasa, kerapu bebek (Cromileptes altivelis) butuh waktu 15.2 tahun, sedangkan bandeng (Chanos chanos) dan kakap tambak(Lutjanus argentimaculatus) butuh waktu 4 tahun. Hanyaberonang (Siganus canaliculatus) yang butuh waktu pendek, sekitar 8 bulan.


Calon induk yang berasal dari kegiatan budidaya mudah ditangani karena ikan sudah beradaptasi dengan lingkungan buatan,  pakan buatan,  relatif anak,  dan umurnya diketahui dengan pasti. Produktivitas induk lebih baik karena sejak awal wadah mendapat penanganan yang baik.


Peluang usaha ini sangat sedikit di minati mungkin karena cara produksi induk yang lumayan rumit, namun jika anda sudah mengetahui bagaiman caranya tentu ini adalah peluang yang sangat baik sekali untuk di kembangkan yang lebih besar.

Produksi ikan hias (ornamental fish)  juga merupakan segmen pasar tersendiri dan sangat prospektif. Perairan laut Indonesia memiliki sekitar 253 jenis ikan hias laut dengan potensi produksi mencapai 30 juta ekor/tahun, yang menjadikan posisi Indonesia sangat strategis dalam perdagangan ikan hias laut dunia. Namun, ikan hias laut yang diperdagangkan saat ini masih berasal dari penangkapan di alam.  Berbeda dengan ikan hias air tawar yang telah banyak diproduksi dari budi daya. Ikan hias laut baru sedikit yang berhasil dibenihkan.  Kerapu bebek (Cromileptes altivelis)  yang disebut denga ‘’srace kely”,  klon atau nemo (Amphiprion sp),  dan pidana kuning atau kuwe macan (Gnathanodon specious) adalah ikan hias laut yang telah berhasil dibenihkan.


Hal yang sangat di perhatikan adalah dengan mengetahui sasaran yang akan di jangkau seperti kelas menengah ke bawah atau kelas besar-besaran, pasar yang umum di masyarakat menjual ikan laut yang biasanya tidak di minati oleh kalangan menengah ke atas, jika sasaran pasar anda kelas menengah ke atas maka ini adalah peluang besar untuk anda yang ingin mengmbangakan atau berbudidaya.


Negara kita sangat berpeluang besar untuk membudidayakan ikan hias laut di dukung dengan kondisi dan jenis ikan hias yang mencapai jutaan dan bahkan ada beberapa ikan yang belum memiliki nama di perairan Indonesia.

BAHAN BAKU INDUSTRI

Saat ini beberapa produk akuakultur telah menjadi bahan baku industri,  seperti industri bahan makanan,  obat-obatan, kosmetik, pupuk, dan sebagainya. Ikan-ikan lauttelah menjadi bahan baku industri makanan sejak lama. Ikan tuna dan kelompok ikan sardin telah lama menjadi bahan baku dalam industri ikan kaleng.


Untuk kebutuhan industri makanan, obat-obatan, dan kosmetik, ikan-ikan yang dibutuhkan adalah ikan yang berkualitas tinggi. Perusahaan yang bergerak dalam industri tersebut tentu membutuhkan bahan baku yang berkualitas, kontinu, dan tepat waktu. ltu berarti, bahan baku industri merupakan salah satu segmen pasar dalam budidaya ikan.

Budidaya Ikan Air Laut