DAFTAR
MASUK

Kurma

Kurma

buah-kurma


Asal dan Negara Penghasil

Agrotani.com – Kurma tercatat sebagai tanaman budidaya tertua dan merupakan tanaman oase terpenting di Afrika dan Asia Baratdaya. Diduga berasal dari daerah arid Mediterania di sekitar teluk Persia, Kurma telah dibudidayakan sejak 8000 tahun silam di India dan sejak 4000 tahun silam di Babylonia dan Mesir. Daerah-daerah yang sukses membudidayakan kurma secara komersial adalah Region Persia, California, Mexico, Afrika Utara, Israel, Irak, dan Australia.

Nilai Gizi Terkandung

Kurma adalah buah yang kaya dengan karbohidrat yang terdiri dari gula yang mudah dicerna yaitu fruktosa dan galaktosa seperti yang terkandung di dalam madu. Kecuali itu kurma mengandung banyak kalium, kalsium, zat besi, protein dan zat yang memperbaiki proses pencernaan makanan. Buah kurma yang segar sangat baik untuk orang yang baru sembuh dari sakit, orang yang mengalami gangguan pencernaan dan menu yang baik untuk berbuka puasa.

Kondisi Tumbuh yang sesuai

Asal muasal kurma diduga dari negara-negara Arab dan Afrika utara, Pada wilayah gurun dan wilayah tropis di mana kurma berasal pernah menjadi makanan utama. Diperkirakan sejak 4000 tahun kurma sudah dibudidayakan di tepian sungai Tigris dan sungai Euphrates. Sampai sekarang dibudidayakan di banyak wilayah tropis termasuk di USA dan Mixico, Pohon dapat mencapai tinggi 30 m. Bunga jantan dan bunga betina terbentuk pada pohon yang terpisah(bunga berumah dua) sehingga penyerbukan dilakukan dengan bantuan manusia untuk mencapai hasil yang terbaik. Pohon yang normal menghasilkan 45-90 kg/pohon/tahun.

Baca Juga :

Bergabung ke grup Whatsapp Agrotani Indonesia hubungi 085320638655


Kurma,5 / 5 ( 1voting )

 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Tanaman Tag : Tanaman Kurma


Tinggalkan pesan "Kurma"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.