Kunci Keberhasilan dalam Menyemai Benih Tanaman

ID 1252

Agrotani.com – Kunci Keberhasilan dalam Menyemai Benih – Keberhasilan dalam menanam tanaman tergantung tujuan awal kita menanam itu untuk apa. Jika tanaman yang kita tanam tujuannya untuk bisnis atau hasil akhirnya profit, maka hasil panen yang melimpah adalah salah satu keberhasilan dari proses budidaya. Sedangkan jika kita menanam hanya untuk memperhijau halaman rumah, maka tanaman dapat tumbuh dengan subur juga sudah bisa dikatakan berhasil.

Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan menanam tanaman, diantaranya adalah perawatan, pemupukan, penggunaan benih berkualitas hingga persemaian. Pada kesempatan kali ini, Agrotani.com akan membahas beberapa tips menyemai benih tanaman agar tanaman kita bisa tumbuh subur dan dapat hasil yang maksimal serta tidak gagal panen.

Kunci Keberhasilan dalam Menyemai Benih

Kunci Keberhasilan dalam Menyemai Benih


Tips Menyemai Benih Tanaman


Pada dasarnya perawatan dalam menyemai benih tanaman hampir sama, jadi tips berikut ini bisa diperaktekan untuk persemain tanaman apapun.

  1. Benih harus cukup mendapatkan “air” Untuk itu lahan persemaian harus tetap lembap, tapi tidak digenangi air.
  2. Tanah tempat persemaian harus gembur agar cukup udara di dalam tanah sehingga benih bisa leluasa tumbuh dan berakar.
  3. Kualitas benih harus bagus agar banyak yang tumbuh. Disarankan daya tumbuh benih minimal 75%. Artinya bila 100 benih disemai diharapkan akan tumbuh 75 tanaman.
  4. Untuk biji yang lembut perlu dicampur abu dapur atau pasir agar saat ditebar bisa merata.
  5. Tempat persemaian bersuhu 25-30 derajat celcius. Temperatur yang terlalu rendah dapat mengakibatkan proses perkecambahan lambat. Sedangkan bila suhu terlalu tinggi, biji dapat rusak dan gagal berkecambah.
  6. Mendapat sinar yang cukup. Kekurangan sinar matahari mengakibatkan etiolasi (pemanjangan batang) sehingga tanaman lemah. Namun, bila kebanyakan sinar matahari, benih sering rusak sehingga tidak terjadi pertumbuhan.

Itulah beberapa tips agar benih yang kita semai bisa tumbuh dan sukses hingga dipanen. Perbanyakan tanaman baik itu dari biji atau dari hasil okulasi pada dasarnya memiliki kelemahan dan kekurangan. Sebaiknya anda tahu dahulu beberapa tips lainnya seputar persemaian.

Baca artikel selanjutnya tentang persemaian yang sudah kami siapkan :

  1. Kelebihan dan Kekurangan Menanam dari Biji
  2. Tips Menghindari Kegagalan saat Menanam Menggunakan Biji
  3. Cara Membuat Benih Dari Biji Agar Tumbuh Subur
  4. Aneka Peralatan yang Harus Disiapkan untuk Menyemai
  5. Kebutuhan Pupuk untuk Persemaian dari Biji Tanaman

Persemaian