Kumpulan jenis tanaman obat dan manfaatnya

Kumpulan jenis tanaman obat dan manfaatnya

Agrotani.comKumpulan jenis tanaman obat dan manfaatnya – Tanaman yang memiliki manfaat obat sangat baik sekali untuk kita pelajari. Anda dan keluarga tidak mungkin untuk menggantungkan pada obat yang dijual di warung atau dengan mengkonsumsi obat-obatan yang ada di apotik. Tanaman herbal jika kita olah dan kita manfaatkan akan banyak sekali manfaat yang kita dapat dari tanaman tersebut. Jika kita menggunakan obat-obatan kimia terus menerus tentu akan berdampak buruk ketika kita sudah tua.

Sebenarnya penyakit yang datang itu terletak pada makanan yang kita makan dan pola hidup yang buruk. Saya sendiri sudah mencoba sebelum saya menulis ini, ternyata lebih manjur dari yang saya duga. Anda wajib untuk bisa meracik sendiri dirumah, saya sarankan anda menanam tanaman obat di sekitar rumah anda. Tanaman herbal dan manfaatnya memungkinkan kita tercegah dari penyakit dan hingga dapat menyembuhkan penyakit.

Bagikan pengetahuan anda mengenai tanaman obat herbal dan manfaatnya kepada keluarga dan rekan anda. Beberapa tanaman herbal yang bisa anda temukan di sekitar, bisa di tanam di rumah dan mudah untuk di tanam. Berikut ini adalah beberapa tanaman herbal yang akan kita bahas.

  1. Lengkuas
  2. Temulawak
  3. Kencur
  4. Belimbing Wuluh
  5. Daun Jarak
  6. Daun Dewa
  7. Sambiloto
  8. Temu Kunci

1. Lengkuas

Saya yakin anda pasti mengenal lengkuas, lengkuas merupakan tanaman obat juga bisa dijadikan sebagai bumbu masakan atau penyedap rasa. Lengkuas bisa kita ramu untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit yang sering ditemukan di keseharian kita, tanaman ini bisa mengobati sakit pinggang, masuk angin, sakit tenggorokan dan beberapa penyakit lainnya.

2. Temulawak

Temulawak atau Curcuma Xathorrizha. Tanaman obat ini memiliki kandungan Kurkumin yang berfungsi sebagai anti peradangan. Kandungan yang terdapat pada Temulawak memungkinkan anda untuk terhindar dari keracunan makanan yang di sebabkan pada kandungan makanan yang beracun. Kandungan yang terdapat pada temulawak dapat mengobati beberapa gangguan penyakit seperti Hepatitis B, penyakit Hepatitis B. Penyakit ini dapat menimbulkan beberapa penyebaran yaitu kemunculan penyakit kanker hati, jika saja anda mengkonsumsi temulawak dapat dipastikan anda tercegah dari penyakit kanker.

3. Kencur

Ginger root

Pernahkah anda mengalami kesulitan saat anak anda berkurang nafsu makannya ? Sekarang anda tidak usah pusing lagi karena anda sudah tahu caranya. Tanaman kencur dapat menumbuhkan nafsu makan untuk anak anda. Cara alami yang bisa anda berikan dengan mengolahnya sebagai pemberian nafsu makan. Tanaman ini bukan saja untuk menambah nafsu makan kencur juga dapat mengatasi sakit kepala dan batuk.

4. Belimbing Wuluh

Sesering apakah anda melihat tanaman ini ? Tentu anda pernah melihat belingbing wuluh namun anda tidak tahu itu adalah tanaman obat. Beligbing wuluh memiliki banyak sekali manfaat untuk penyembuhan penyakit. Penyakit yang dapat di sembuhkan olah tanaman herbal ini seperti sakit gigi, mengobati rematik dan pegal linu, mengobati gusi yang berdarah, menyembuhkan sakit gondongan, menghilangkan penyakit kulit seperti panu, mengobati sariawan, borok, dan masih banyak lagi penyakit lainnya.

5. Daun Jarak

Siapa sangka kalo daun jarak yang kita sebut seperti gulma ini bisa menyembuhkan penyakit kulit. Benar sekali Daun jarak bisa mengobati panu dan beberapa penyakit kulit lainnya. Cara penggunaan untuk penyakit kulit ini sangat mudah, anda cukup mengambil daun jarak 2 lembar remas hingga hancur dan letakan pada bagian kulit yang terserang penyakit gatal.

6. Daun Dewa

Daun dewa dapat bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mengobati luka yang memar atau lebam, melancarkan peredaran darah anda, dapat bersifat sebagai anti radang, meredakan rasa nyeri yang mengganggu, membantu menghentikan saat terjadi pendarahan, mengeluarkan racun dari dalam tubuh, mengobati diabetes dan beberapa penyakit lainnya.

7. Sambiloto

Tanaman ini berfungsi untuk menurunkan demam dan penurun panas. Sambiloto merupakan tanaman yang mudah ditemukan di dataran tinggi, tanaman ini tumbuh subur di tanah yang subur dan dapat kemungkinan jika anda ingin memeliharanya di rumah sangat mudah. Tanaman ini termasuk mudah untuk penyebaranya dan mudah tumbuh.

8. Temu Kunci

Tanaman temu kunci memiliki manfaat untuk menyembuhkan sembelit, mengobati perut kembung dan juga berperan sebagai anti oksidan bagi tubuh. Tanaman ini bisa menyembuhkan bau badan dan dapat menetralkan racun yang ada di dalam tubuh.

Kesehatan anda sangat mahal maka pola makan yang sehat dan pola hidup yang baik menjadi pilar utama untuk mencegah dari beberapa penyakit yang bisa membahayakan kita.


 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Tanaman obat


5 Manfaat kopi yang wajib anda ketahui untuk kesehatan
5 Manfaat kopi yang wajib anda ketahui untuk kesehatan
Cara membuat salad buah dengan resep rahasia
Cara membuat salad buah dengan resep rahasia
Khasiat ajaib tanaman tapak lima sebagai obat
Khasiat ajaib tanaman tapak lima sebagai obat
Manfaat buah rambutan untuk obat
Manfaat buah rambutan untuk obat
Lemak pada bauh – bauahan
Lemak pada bauh – bauahan

Tinggalkan pesan "Kumpulan jenis tanaman obat dan manfaatnya"