Mengenal Klasifikasi Jagung Manis: Taksonomi dan Struktur Tanaman

Klasifikasi (Taksonomi) Jagung Manis

Kingdom/Kerajaan: Plantae/ Plants
Sub kingdom/Sub kerajaan: Tracheobionta/ Vascular Plants
Super division/Super divisi: Spermatophyta/ Seed Plants
Division/Divisi: Magnoliophyta/ Flowering Plants
Classis/Kelas: Liliopsida/ Monocotyledons
Sub classis/Sub Kelas: Commelinidae
Ordo/Bangsa: Cyperales
Familia/Suku: Poaceae (Gramineae)/ Grass Family
Genus/Marga: Zea L./ Corn
Species (Jenis/ spesies): Zea mays L. Saccharata
Binomial Name/Nama Latin: Zea mays L. Saccharata
Common Nama/Nama Umum: Sweet Corn

Agrotani.com – Tanaman Zea mays L. Saccharata termasuk dalam kingdom Plantae atau tumbuhan. Mereka adalah tanaman berpembuluh atau trakeofita, yang berarti memiliki sistem peredaran air dan nutrisi yang kompleks. Tanaman ini juga masuk dalam divisi Magnoliophyta atau tumbuhan berbunga, yang berarti memiliki bunga sebagai organ reproduksi utama.

Zea mays L. Saccharata termasuk dalam kelas Liliopsida, yang juga dikenal sebagai Monocotyledons atau tumbuhan monokotil. Tumbuhan monokotil memiliki satu daun lembaga pada tahap keembrioannya. Zea mays L. Saccharata termasuk dalam subkelas Commelinidae, yang merupakan salah satu kelompok tumbuhan berkeping satu yang lebih spesifik.

Mengenal Klasifikasi Jagung Manis: Taksonomi dan Struktur Tanaman

Dalam klasifikasi tanaman, Zea mays L. Saccharata termasuk dalam ordo Cyperales. Ordo ini mencakup berbagai jenis tumbuhan seperti rumput dan tumbuhan air. Zea mays L. Saccharata juga termasuk dalam familia Poaceae (Gramineae), yang merupakan keluarga rumput. Keluarga rumput sangat luas dan meliputi berbagai jenis tanaman rumput yang digunakan untuk berbagai tujuan seperti pangan, pakan ternak, dan penutup tanah.

Genus tanaman ini adalah Zea L., yang mengacu pada kelompok tanaman jagung. Tanaman jagung adalah tanaman yang penting secara ekonomi dan ditanam di seluruh dunia. Zea mays L. Saccharata adalah spesies jagung yang memiliki karakteristik manis atau jenis jagung manis.

Nama binomial atau nama Latin lengkap untuk tanaman ini adalah Zea mays L. Saccharata. Nama binomial terdiri dari genus (Zea), spesies (mays), dan penunjuk penulis (L.) yang mengacu pada Carl Linnaeus, seorang ahli botani yang mengembangkan sistem klasifikasi tanaman.

Dalam penggunaan sehari-hari, tanaman ini dikenal sebagai Sweet Corn atau jagung manis. Nama umum ini mencerminkan karakteristik rasa manis yang dimiliki oleh jagung jenis ini.

Dengan pemahaman tentang nama ilmiah dan deskripsi tanaman Zea mays L. Saccharata, pembaca akan dapat mengenali dan memahami lebih lanjut tentang tanaman jagung manis ini serta klasifikasinya dalam taksonomi tumbuhan.

Artikel terkait :