Keuntungan dan kerugian menanam cabai dimusim hujan

Agrotani.com – Kebanyakan petani memiliki anggapan bahwa cabai di musim hujan merupakan cara bertanam yang ‘melawan arus’. Tapi bisa bagus apabila teknik budi daya cabai di musim hujan berhasil kita lakukan, maka keuntungannya tentu lumayan besar karena harga jual cabai pada musim hujan akan naik.

Keuntungan dan kerugian menanam cabai dimusim hujan

Keuntungan dan kerugian menanam cabai dimusim hujan
Sumber photo :Pixabay.com

Semua petani mengharapkan budidaya cabai di musim hujan hal ini karena pasokan produk pertanian berkurang ketika musim hujan datang. Produk pertanian tidak mencukupi kebutuhan pasar akibat gagal panen disejumlah daerah. Bobot buah cabai hasil panenan di musim hujan lebih tinggi daripada hasil panenan di musim kemarau. Namun, daya simpan cabai lebih bagus bila dipanen pada musim kemarau.

Petani sudah mengetahui bahwa melakukan penanaman cabai pada saat musim hujan risiko yang akan ditanggungnya jauh lebih besar, terutama masalah banjir dan serangan penyakit.

Pernah suatu ketika seorang petani di Sukabumi urung menjual cabai di lahan dengan sistem ijon karena ditawar tengkulak ‘hanya’ dengan harga Rp. 6.000/kg. Petani ini berharap bila cabai dipanen seminggu kemudian harganya akan melonjak pesat.

Kemudian benar saja pada saat panen harga cabai menjadi Rp. 8.000/kg, tetapi karena selama empat hari lahan tidak dimonitor secara intensif maka tanaman cabai ludes terserang penyakit antraknosa (patek).

Selanjutnya, bila kondisi itu dikonversikan maka harga jual cabai tinggal Rp. 800/kg. Bahkan di beberapa petak tidak sempat dipanen karena buah cabai rontok. Apalagi jenis cabai yang ditanam adalah cabai hibrida impor yang pada umumnya lebih peka terhadap serangan hama dan penyakit.

Kunci sukses bertanam cabai di musim hujan adalah ketekunan dan penguasaan teknik untuk mengantisipasi kegagalan akibat hujan yang turun terus-menerus. Hujan terus’menerus ini dapat menyebabkan kelembapan yang tinggi di sekitar lahan cabai, sehingga mengundang hama dan penyakit datang (terutama yang disebabkan oleh cendawan atau bakteri).

Apabila Anda seorang pemula di bidang percabaian, jangan sekali-kali menanam cabai di musim hujan karena hanya akan menghambur-hamburkan biaya dengan hasil yang minimal. Banyak faktor yang harus dicermati dalam penanaman cabai di musim hujan.

Saya akan memberikan gambaran tentang teknik-tekniknya untuk anda di halaman berikutnya.

Keuntungan dan kerugian menanam cabai dimusim hujan

Keuntungan

1. Bobot cabai yang dihasilkan pada musim hujan biasanya akan naik.
2. Harga jual lebih mahal.
3. Peluang atau saingan pasar minim.

Kekurangan

1. Hama dan penyakit mudah datang
2. Perawatan lebih susah (membutuhkan teknik khusus)
3. Modal yang dikeluarkan sedikit lebih besar dibandingkan penanaman biasa.

Tanaman Cabai