DAFTAR
MASUK

Kenapa kopi luwak berkualitas dan istimewa ?

Kenapa kopi luwak berkualitas dan istimewa ?

Kopi-luwak-cluwak5

AGROTANI.COM – Kopi luwak merupakan hasil kopi yang di hasilkan dari kotoran luwak, hewan sejenis musang ini di budidayakan menjadi penghasil kopi luwak, di mana meningkatkan harga jual yang lebih besar, kopi yang di hasilkan sangat berbeda mulai dari segi aroma sampai rasa yang unik, sehingga banyak peminat pecinta kopi yang ketagihan menkonsumsi kopi luwak, mesti di pasaran terbilang langka tetapi setelah di budidayakan produksi kopi ini semakin meningkat.

Kopi luwak adalah kopi indonesia, walaupun di negara lain sekarang sudah ada seperti di Filipina. Sangat lama sekali kopi luwak ini turun menurun di indonesia mulai di kembangkan pada zaman kolonial. Karena di nikmati oleh kuli yang bekerja pada Zaman itu, sedangkan bagi para tuan menkonsumsi pada buah kopi yang sudah jatuh dari pohonya yang kemudian di olah menjadi kopi seperti umumnya. Karena luwak meninggalkan kopi “kotoran luwak yang jatuh di tinggalkan” kemudian menjadi tradisi yang kemudian sampai sekarang masih di berjalan.

Kopi yang di hasilkan dari luwak mengandung 2 jenis luwak yaitu, dari luwak liar dan luwak tangkaran. Dari jenisnya kopi yang di hasilkan luwak liar di ambil dari alam bebas yang kemudian di kumpulkan. Di ambil secara manual di pungut satu persatu, kemudian di olah menjadi kopi yang sekarang kita konsumsi. Sebenarnya kopi luwak lebih berkualitas di bandingkan kopi pada umumnya.

Kebanyakan dari perkebunan kopi yang besar, pemilik perkebunan kopi sengaja menangkar dan memelihara luwak, yang kemudian sengaja di berikan pakan kopi yang nantinya menjadi kopi luwak, melalui penangkaran keuntungan yang di dapat tentu saja berlipat, karena dengan adanya luwak kopi yang akan di pasarkan menjadi berlipat harga jualnya. Kotorannya ditampung dan biji kopi yang terdapat didalamnya dipilah untuk diolah lebih lanjut.

Binatang luwak ( Paradoxurus hermaphroditus )

Luwak atau di sebut “musang luwak”, pemakan buah-buahan termasuk juga buah kopi. Dengan biji kopi yang masih utuh atau¬†dilindungi kulit keras dan sudah matang, kemudian tidak tercerna akan keluar bersama kotoran luwak. Hewan ini termasuk hewan karnivora termasuk dalam suku musang yang tentunya indra penciumannya yang tajam. Tetapi luwak sekarang banyak sekali di buru oleh petani, karena di yakini hasil kopi yang di hasilkan berasal dari biji kopi terbaik dan telah difermentasikan secara alami di dalam sistem pencernaan luwak. Sampai saat sekarang Aroma dan rasa kopi luwak spesial dan sempurna di kalangan para penggemar dan penikmat kopi di seluruh dunia.

Produksi kopi luwak

Kopi luwak ini samakin meningkat peminat pecinta kopi, karena dengan mengambil kopi hasil pencernaan luwak, sekarang mulai susah di dapat, para pelaku usaha kopi luwak membudidayakan melalui penangkaran luwak. Dengan cara yang sedemikian rupa diantaranya :

  • Menyeleksi buah kopi
    Memilih biji kopi yang berkualitas kemudian di berikan kepada luwak sebagai pakan, kopi yang akan di berikan di cuci terlebih dahulu, kemudian di berikan kepada luwak. Dengan indra penciumanya walaupun kita sudah memilih kopi yang berkualitas, luwak akan memilih lagi karena dia tahu buah kopi terbaik yang layak dimakan. Kemudian tunggu hingga luwak mengeluarkan feses atau kotorannya.
  • Hasil biji kopi
    Biji kopi yang di hasilkan dari kotoran luwak di tampung, kemudian di cuci pada air yang mengalir, tujuanya agar kopi yang di hasilkan bersih dari kotoran luwak yang lain. Kemudian jemur biji kopi hasil luwak hingga kering. Biji kopi dari kotoran luwak masih memiliki lapisan tanduk yang harus diolah lebih lanjut.

Sangat istimewa sekali dengan kopi berkualitas ” hasil pilihan ” tidak heran rasa dan aroma kopi yang di hasilkan sangat enak dan nyaman di lambung. Namun pemerintah menepis anggapan itu, mereka menganggap tidak ada bedanya dengan sapi yang diperah susunya. Meskipun diberi pakan buah kopi para penangkar pun tetap memberikan pakan lain. Tujuanya agar memelihara luwak mulai dari makanan yang di makan beragam protein dan vitamin yang di butuhkan tubuh luwak.

Makanan luwak tidak beoleh di berikan hanya biji kopi saja, karena di samping mensejahtrakan hewan, tingkat kerugian yang di hasilkan akan berkurang, mengingat angka kematian luwak yang secara terus menerus di berikan pakan biji kopi.

Untuk masuk grup whatsapp Agrotani Indonesia Hubungi : 0853-2154-1506 Gratis !!!


 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Kopi


Komentar ditutup.