Kelapa Kopyor Super Dan Bibit Kelapa Kopyor

ID 11391

AGROTANI.COMKelapa kopyor merupakan kelapa yang sangat banyak peminat. Sebenarnya banyak sekali jenis kelapa yang ada di indonesi, namun saya rasa kelapa ini sangat banyak sekali sorotan dari berbagai daerah terutama di Jawa Barat dan kota-kota yang lainya. Kelapa Kopyor memang jarang di temukan di pasaran, karena jarang sekali dari satu pohon kelapa yang kopyor.

FB_IMG_1456234060174_scaled

Mengenal Kelapa Kopyor

Ciri kahas kelapa ini sangat unik karena di sisi lain harganya lumayan tinggi, manfaat untuk tubuh kita pun sangat banyak. Kelapa kopyor sangat baik dan aman untuk anda konsumsi setiap hari.

Banyak sekali kenggulan kelapa kopyor, terutama pada daging yang melekat pada kelapa ini sangat mudah untuk anda keluarkan, daging buah yang menempel akan mudah lepas dari permukaan ketika anda hendak memisahkan daging, jangan tanya dari segi rasa sudah pasti anda bisa menilai sendiri bagaimana rasa kelapa yang enak dan yang tidak, saya sarankan anda mengambil kelapa yang pas umurnya supaya pas anda konsumsi secara rasa dan tekstur yang pas di lidah anda.

Kelapa Kopyor Di Masyarakat


Kelapa kopyor merupakan kelapa biasa yang tidak normal atau abnormal. Secara analisa kelapa ini normal yang dapat di turunkan oleh induknya sendiri dan tidak bisa di reka-reka oleh manusia. Tetapi banyak juga masyarakat berangapan bahwa kelapa kopyor bisa di buat dengan cara :

  • Menepuk-nepuk batang pohon yang kemudian buah yang akan di hasilkan menjadi buah kopyor.
  • Dengan menanam kelapa di pinggiran sungai
  • mengguting akar kelapa kemudian menggali di sekeliling kelapa dan di taburkan kapur yang sangat lumayan banyak.

Bertujuan pertumbuhanya tidak normal dan menjadi kelapa kopyor.

Pandangan Dari Balai


Sub balai membantah tanggapan dan teori itu, sub balai mengatakan bahwa kelapa ini adalah jenis varietas yang memang ada bukan varietas rekaan manusia, sekarang ini bibit dan jenis kelapa kopyor anda dapat cari di pasaran luas dan jangan terkecoh dengan angapan yang di atas tadi karena varetas kopyor sangat lah berbeda dengan kelapa biasa atau kelapa normal, kelapa kopyor adalah kelapa tidak normal dan ke tidak normalan itu bukan oleh manusia melainkan kelapa kopyor pertumbuhan yang tidak normal dengan proses alam.

Peluang Usaha Budidaya


Berita menggembirakan untuk anda dengan berbudidaya kelapa kopyor sangat menguntungkan karena dengan hasil yang 10 x lipat menguntungkan. Karena dengan kelapa kopior memiliki harga jual yang sangat tinggi, selain mudah dalam perawatan anda juga dapat dengan mudah merauk penghasilan.

Kelapa ini sangat berbeda dengan kelapa pada biasanya yang harganya kurang bersaing, kebanyakan para petani menanam kelapa dengan sambilan atau sebut saja menanam lalu tinggalkan tetapi ketika panen mereka dapat banyak sekali keuntungan terutama pada bulan suci ramadhan, padahal sangat di sayangkan di lahan yang kosng dan kurang di rawat saja hasilnya sudah lumayan aplagi jika di budidayakan mungkin ini sangat besar penghasilan.

Bayangkan jika anda yang menanam dengan lahan yang khusus untuk kelapa, mungkin anda dapat memetik dengan jumlah besar dan penghasilan yang di dapat akan anda raih. Sekarang ini kelapa kopyor di bandrol harga dengan ketentuan ukuran si buah besar atau kecilnya dan ukuran umur kelapa muda atau tuanya.

Waspada Pada Konsumen


Tetapi ada kejanggalan dalam pemasaran kelapa ini, yang harus anda waspadai dan sangat penting, berhubungan dengan harga kelapa kopior yang lumayan tinggi para petani curang seringkali saya temukan kecurangan dalam mengakali bagaiman supaya kelapa miliknya menjadi kopyor, inilah dia cara yang sering di lakukan oleh petani agar kelapanya menjadi kopyor : ujung kelapa muda yang masih di pohon di pantek dengan bambu sebesar paku. Diamka ketika kelapa itu di guncang-guncang kelapa ini menghasilkan suara gemerincik air seperti kelapa kopyor, kemudian ada juga dengan menggunakan cara memeram kelapa biasa dengan kapur berhari-hari.

Anda harus waspada dengan kelapa yang di hasilkan oleh petani curang ini, konsumen harus berhati-hati memilih kelapa mana hasil tipuan seperti di atas.

Bibit Kelapa Kopyor


Selama ini para petani kita biasa menanam dengan bibit kelapa biasa yang kopyor, karena dalam satu pohon kelapa biasa sangat jarang di temukan kelapa yang kopyor paling dalam satu tanda yang kelapa kopyor paling 1 – 2 kelapa saja yang kopyor, mungkin itu alasan kenapa petani kita memilih kelapa bibitan yang kopyor dari pohon kelapa biasa.

Akan tetapi setelah jadi pohon kelapa yang akan jadi pohon yang tadi di tanam dengan kelapa kopyor, bukan menjadi hal pasti semua buah menjadi kopyor melainkan buah yang kopyor akan tumbuh lumayan, dan sisanya kebanyakan adalah kelapa biasa.

Permasalahan Pembibitan


Kelapa kopyor ternyata tidak mudah untuk di perbanyak, dengan genratif seperti biasanya karena kopyor cenderung lebih mudah busuk, ketika proses alami pertumbuhan mengingat daging buah yang sangat lunak sehingga mudah busuk, padahal daging buah tersebut merupakan cadangan makanan untuk embrio/lembaga dari bibit kelapa.

Langakanya jumlah kelapa kopyor, sedangakan konsumen meminta jumlah yang banyak, ini sangat mendorong lembaga penelitian untuk mencari tahu bagaimana cara agar buah kelapa biasa menjadi kelapa kopyor, namun dengan catatan tanpa curang, hal ini sangat menarik sekali untuk anda yang tertarik dengan kelapa kopyor, anda juga jangan bertindak diam cari bagaimana cara buah kelapa menjadi kopyor, dalam satu pohon kelapa dengan proses yang alami dan tentunya aman.

Baca Juga :

Pengenalan sekilas tentang kelapa kopyor saya rasa cukup dan terimakasih atas kunjungan anda, selamat mencoba.

Referensi

Whyuni Mita, 2007, Cet. 18. Bertanam Kelapa Kopyor, Jakarta ,Penebar Swadaya

Tanaman Kelapa