Kebutuhan Pupuk untuk Persemaian dari Biji Tanaman

ID 1754

Agrotani.com – Kebutuhan Pupuk untuk Persemaian dari Biji Tanaman – Pupuk merupakan komponen penting yang harus disiapkan pada proses budidaya. Kenapa penting? Karena pupuk adalah sumber makanan bagi tumbuhan yang kita tanam. Pupuk tidak hanya diberikan pada saat tanaman sudah di lahan. Melainkan pada saat masih di persemaian juga memerlukan asupan nutrisi yang ada pada pupuk.

Maka dari itu, agar benih yang kita semai dapat tumbuh dengan subur, anda harus memberi asupan nutrisi dari pupuk. Jika kebutuhan pupuk ini terpenuhi sejak dari persemaian, maka besar kemungkinan bibit yang tumbuh merupakan bibit yang sehat dan segar. Sehingga tanaman itu bisa dapat tumbuh dengan subur.

Kebutuhan Pupuk untuk Persemaian

Kebutuhan Pupuk untuk Persemaian

Kebutuhan pupuk setiap tanaman berbeda-beda. Terutama kebutuhan pupuk pada masa persemaian. Pada masa persemaian, benih yang sudah jadi bibit belum begitu banyak memerlukan nutrisi, sehingga pemberian pupuk harus disesuaikan dan jangan terlalu banyak. Untuk mengetahui dosis pada pemupukan awal ini anda bisa mencari panduan pada artikel Panduan Budidaya di web agrotani ini atau bisa juga dari referensi terpercaya lainnya.


Aneka Pupuk untuk Persemaian dari Biji


Pemupukan awal untuk persemaian biasanya menggunakan dua jenis pupuk yaitu pupuk organik atau pupuk kimia. Pupuk tersebut nantinya harus dicampurkan dengan media tanam pada persemaian. Untuk lebih jelas silahkan simak paparan berikut ini.

  1. Pupuk organik, yaitu pupuk yang terbuat dari bahan alami. Dan proses pembentukannya secara alami pula. Misalnya, pupuk kandang dan kompos. Pupuk jenis ini banyak digunakan untuk penyemaian benih karena juga dapat berfungsi meremahkan tanah. Dengan tanah yang remah, atau gembur, perakaran dan tunas dapat tumbuh leluasa.
  2. Pupuk kimia, yaitu pupuk yang dibuat di pabrik dan dibuat dari bahan kimia, misalnya Urea, TSP, KCL, NPK, pupuk daun, dan sebagainya. Dalam perbanyakan dengan biji, pupuk ini banyak digunakan sebagai pupuk lanjutan. Yaitu, saat tanaman telah berumur 2 minggu atau lebih. Pupuk urea mengandung unsur nitrogen, sehingga sangat dibutuhkan untuk menyuburkan daun. Tanaman sayur daun sangat memerlukan unsur ini. Sedangkan untuk tanaman yang akan diambil buahnya, selain urea juga memerlukan pupuk TSP dan KCL.

Cara Pemupukan untuk Persemaian dari Biji


Cara pemupukannya bisa anda lakukan dengan cara mencampurkan tanah dan pupuk tersebut kemudian anda bisa langsung menanam. Khusus untuk pupuk organik seperti pupuk kompos, pupuk kandang dan pupuk organik anda harus memastikan kematangan pupuk tersebut agar tidak panas. Baru bisa digunakan untuk memupuk.

Apabila ada cara yang tidak dipahami silahkan anda bisa bertanya kepada kami. Semoga artikel tentang Kebutuhan Pupuk untuk Persemaian dari Biji Tanaman ini bermanfaat. Anda bisa bertanya dengan menggunakan kolom forum pada web agrotani ini. Dan silahkan gabung dulu menjadi member dengan cara mendaftar gratis.

Persemaian