Karbohidrat pada bauh-bauhan

ID 745

Bioplus

Karbohidrat

Karbohidrat juga merupakan pemasok energi bagi tubuh. Karbohidrat tersusun atas karbon(C),hidrogen(H),dan oksigen(o).Di dalam makanan karbohidrat dapat berupa gula,zat pati dan selulosa.Gula sederhana seperti glukosa dan fruktosa sebagai penyusun karbohidrat.Ikatan antara 2 gula sederhana akan membentuk sukrosa (gula tebu,gula beet), Karbohidrat rantai panjang terdapat pada tepung gandum,beras,kentang dan ini memberi pengaruh rasa kenyang tinggi.

Baca Juga : Manfaat Gula Pasir untuk Kesehatan dan Kecantikan

Karena karbohidrat mengalami proses pencernaan yang lama,sehingga sedikit-demi sedikit dilepas ke dalam darah.Energi dari karbohidrat yang masuk berlebihan ke dalam tubuh tidak dapat dibuang oleh tubuh secara alamiah, melainkan kelebihan itu disimpan dalam bentuk glykogen yang disimpan di dalam otot dan hati.

Kapasitas glykogen sangat terbatas,sehingga sisanya yang tidak mampu disimpan,melalui proses metabolisme diubah dalam bentuk lemak yang dapat disimpan di dalam tubuh sebanyak-banyaknya.Oleh karena itu orang yang mengonsumsi karbohidrat berlebihan akan menjadi gemuk dan banyak lemak.

Karbohidrat

Sponsor×