Kabupaten Majalengka Pertanian VS Bandara BIJB

ID 1388

Agrotani.com – Kabupaten Majalengka merupakan kabupaten yang kaya akan pertanian. Namun mulai dari tahun 2015 lahan pertanian semakin hilang, hampir ribuan hektar beralih fungsi menjadi pemukiman ataupun, pabrik, dan pertokoan. Hal ini menunjukan bahwa pertanian di Majalengka semakin membuat cemas untuk rakyat Majalengka.

Agrotani melihat kabupaten majalengka ini dalam jangka beberapa tahun akan berubah secara total, mungkin lebih dari yang anda pikirkan, dampak ini akan lebih baik dari sekarang atau malah dampak buruk, tidak ada yang tahu mengenai itu. Kekhawatiran menurunnya terhadap ketersediaan pangan cepat atau lambat anda akan merasakannya. Tidak peduli anda bekerja sebagai apa sekarang, namun anda pasti peduli dengan hal ini. Kita tidak bisa menolak dalam pembangunan ini, sebagaimana anggaran dan perencanaan pemerintah untuk membangun BIJB sudah berjalan. Kami mendapat laporan dari 379 orang dan beberapa sumber lainnya, mereka banyak yang setuju dan tidak setuju. Jangan aneh jika anda melihat bagaimana kota angin ini menjadi perbincangan di Jawa Barat.

Kami hanya meluruskan dan mengumpulkan informasi dari warga majalengka dan anda sendiri yang memutuskan pendapat tentang bahasan kami, kami juga belum mendapat perhatian dari pemerintah Majalengka, kami hanya berusaha mengembangkan pertanian di Indonesia dan sekarang membahas pertanian Kabupaten Majalengka.


Kami tidak ikut campur masalah pembangunan dan penolakan pembangunan bandara, kami hanya bertugas membuat pertanian menjadi maju. Unsur politik, keritik dan saran kami tidak menambahkan dan mengurangi, kami hanya mengumpulkan informasi dan dikemas untuk anda. Kami tidak bertanggungjawab masalah dampak keributan pada informasi ini, tugas anda cermati dan berikan saran yang membangun untuk kabupaten Majalengka.

Tanggapan dan respon untuk pertanian kabupaten majalengka dari laporan 379 orang warga :

Warga Kabupaten Majalengka 72% mengatakan hal ini :

Tanggapan warga 72%

Bandar Udara Internasional Kertajati atau (Bandar Udara Internasional Jawa Barat) sedikitnya membutuhkan lahan kosong seluas keseluruhannya 5000 ha dalam tahap awal akan dipergunakan hanya 646 ha. Rencana Detail Tata Ruang, wilayah utara Majalengka mulai dari Kecamatan Kasokandel, Ligung, Jatiwangi dan Sumebrjaya sudah dirancang sebagai kawasan industri serta jalur lalu lintas kendaraan besar dan kecil oleh MUTIARA DARI TIMUR. Mungkin pertanian akan benar-benar berkurang untuk wilayah timur.

Sementara ini karena belum selesai bandara, dampak dari Bandar Udara Internasional Kertajati belum terlihat atau dirasakan bagaimana bangunan besar melahap lahan pertanian. Pembangunan bandara juga sangat penting untuk umum dan masyarakat Indonesia, namun lahan semakin menipis. Disisi lain pertanian dibutuhkan oleh Indonesia sebagai ketahanan pangan dan membutuhkan lahan untuk bercocok tanam.

Kabupaten ini sangat besar kemungkinan untuk dijadikan pertanian yang luarbiasa di Indonesia, jika saja ini demi kesejahtraan rakyak pengubahan lingkungan memang dibutuhkan namun harus melalui pertimbangan dari rakyatnya. Semua hal tentang bandara sangat serius dan jangan anggap sepele karena menentukan masadepan anak cucu kita, seharusnya pemerintah daerah lebih cermat lagi untuk membangun kota ke arah yang lebih baik jangan tidak melakukan dampak apapun dan bahkan menimbulkan dampak untuk masyarakatnya. Untuk masalah ini politik dan hama-hama tikus berdasi tersenyum melihat pembangunan bandara di kabupaten majalengka. Sebagian orang sudah merasakan kejanggalan dalam pembangunan bandara, politik untuk pembangunan tidak seharusnya ada tikus lapar atau hama lainnya yang membuat rakyat semakin miskin.


Akses jalan raya


Jalan rusak parah hampir tidak layak di kecamatan Cikijing – Talaga – Maja (CITAMA) Mengingat jalan raya rusak banyak sekali warga mengeluh karena tidak diperbaiki, hal ini menimbulkan puluhan warga kecelakaan akibat jalan berlubang. Akses untuk pengiriman hasil pertanian tentu sangat terhambat dan terganggu. Pernyataan ini kami Agrotani hanya menampung dan soal jalan berlubang mudah-mudahan pemerintah bisa mendengar CITAMA dan diperbaiki jalannya, kepada masyarakat yang jalannya rusak bukan saja di Cikijing – Talaga – Maja namun di beberapa kecamatan juga seperti itu. Mohon kepada masyarakat untuk bersabar untuk perbaikannya, mungkin beberapa bulan atau beberapa tahun lagi akan diperbaiki, sabar HUUNN.


Air di desa yang kekeringan


Untuk daerah pertanian tadah hujan membutuhkan sumber air, jika daerah pertanian yang kekurangan air teratasi maka ketersediaan pangan akan sangat memungkinkan. Daerah yang membutuhkan air seperti desa Cikaracak kecamatan Maja jika musim kemarau tiba maka air sangat sulit sekali didapat, areal lahan budidaya tidak bisa tanam untuk beberapa jenis tanaman dan tentunya bukan di daerah itu saja, di Majalengka banyak desa yang membutuhkan air. Masih banyak kecamatan yang membutuhkan sumber air untuk bekerja dan keperluan lainnya namun belum terlihat dampak dari pemerintah.


Kesimpulan


Kami tidak bisa memuat tanggapan dengan begitu banyaknya masukan, namun kami berusaha meluruskan misalnya jalan dan sumber air desa. Banyak juga yang menyinggung jika saja sepanduk promosi untuk pencalonan, dialirkan atau dibuat untuk modal atau hal positif seperti taman buku yang sekarang dilakukan oleh PMII mungkin bisa berguna dan dirasakan oleh masyarakat.


Dengan lahan sempit dan bahkan semakin sempit, mempunyai mimpi produksi pangan terbesar di Indonesia, petani menangis dan membutuhkan perhatian apakah ada jalan lain untuk kesejahtraan petani ? ini adalah kota aneh dan unik. “Ungkapan petani majalengka”***


Masih banyak lagi masalah pertanian dan bangunan yang belum tercapai, namun kebanyakan orang hanya diam dan tidak peduli tentang hal ini ujar dari 72% dari total 379. Jika kami teruskan kami takut tidak fokus pada bahasan karena unsur politik di dalam kepemimpinan dan kepemerintahan yang saat ini berjalan ikut terbahas. Contohnya tentang pembangunan dan perbaikan alun-alun majalengka dan pendopo kantor bupati majalengka yang terus menerus diperbaharui sedangkan akses jalan masih tidak layak digunakan. Kami Agrotani menghindari tanggapan untuk seluruh masyarakat yang kecewa, kami takut menimbulkan permusuhan dari masyarakat yang mendukung politik didalam dan tidak mendukung politiknya, sekali lagi kami berusaha keras untuk bersikap netral.

Kami sangat merasakan bagaimana orang-orang ini tidak merasa puas oleh layanan dari pemerintah daerah, mudah-mudahan semua berjalan lebih baik dari sebelumnya.

Warga Kabupaten Majelengka 28% mengatakan hal ini :

Tanggapan warga 28%

Pertanian Majalengka sangat memungkinkan sekali untuk berkembang di pasar internasional. Kabupaten Majalengka pernah menduduki posisi ke 3 untuk produksi jagung dan padi di Jawa Bawar. Majalengka sangat kaya sekali dibidang pertanian, sangat-sangat memungkinkan dan dapat menjadi sektor pertanian terbesar dan Agrowisata terbesar.


Bandara jika sudah terjadi


Sutrisno mengatakan, pihaknya akan membangun kawasan wisata disepanjang aliran sungai Sindupraja yang mengalir dari arah Bendung Rentang hingga Ligung. Kini masterplan untuk pembangunan wisata tengah dikerjakan oleh konsultan dari Universitas Padjadjaran.

Ketua DPRD Tarsono mengatakan pemekaran wilayah selalu membawa dampak lebih baik pada perkembangan pembangunan infrastuktur dan ekonomi masyarakat, karena pemerintah akan lebih fokus dalam mengurus masyarakatnya. Semakin kecil wilayah rentang kendali pemerintahan akan lebih pendek.

“Manakala wilayah dibagi lebih kecil maka masyarakat akan lebih terurus. Dari itu pembagian Kabupaten Majalengka menjadi dua wilayah baik untuk dilakukan. Namun itu setelah semua indikator mendukung untuk hal tersebut ,” ungkap Tarsono.***

Pembangunan wisata akan menaikan ekonomi rakyat dan kelayakan rakyat, untuk pembangunan ini sangat baik sekali untuk masyarakat makah harus benar-benar secepatnya dibangun. “Ungkap pembisnis”


Pertanian yang dibangun


Media untuk budidaya tanaman sangat cocok sekali untuk teknologi seperti hidroponik, karena pembangunan untuk kota ini hanya daerah wilayah timur saja.


Kesimpulan


Sudah pasti jika pembangunan bandara dan bergesekan dengan lahan produktif sangat bergesekan. Namun anda harus mengetahui juga pambangunan bandara sangat dibutuhkan demi kemajuan kota Majalengka. Masih banyak hal yang berguna untuk pembangunan bandara ini di Majalengka yang kami terima dari masyarakat.

Artikel ini akan terus diperbaharui bagikan di facebook sekarang :

Kabupaten Majalengka