Jenis Kacang Tanah Yang Bisa Di Jadikan Olahan

Agrotani.com – Jenis Kacang Tanah Yang Bisa Di Jadikan Olahan – Tanaman kacang tanah (Arachis hypoeaea) yang tersebar luas dan ditanam di Indonesia ini sebetulnya bukanlah tanaman asli Indonesia, melainkan tanaman yang berasal dari benua Amerika Tepatnya dari daerah Brazilia (Amerika Selatan). Pada waktu itu di daerah tersebut sudah terdapat lebih dari 6 17 spesies Mula mula kacang tanah ini dibawa dan disebarkan ke benua Eropa kemudian menyebar ke benua Asia Tanaman kacang tanah ini diperkirakan masuk ke Indonesia antara tahun 1951-1959 Namun, ada sementara pendapat mengatakan bahwa tanaman ini masuk ke Indonesia setelah tahun 1557.

Tanaman ini dibawa oleh orang-orang. Spanyol yang mengadakan pelayaran dan perdagangan antara Meksiko dan Kepulauan Maluku. Penanaman kacang tanah di Indonesia baru diberitakan pada permulaan abad ke-18 Sementara kacang tanah yang ditanam varietas menjalar Selanjutnya pada tahun 1963, seseorang yang bernama Hole membawa masuk salah satu varietas kacang lanab dari Inggris Varietas ini adalah tipe yang tumbuh tegak dan diberi nama kacang waspada.

Satu tahun kemudian Scheffer membawa masuk varietas tipe tegak dari Mesir Masuknya dua varietas ini ke Indonesia mempunyai arti yang sangat penting bagi usaha budi daya tanaman kacang tanah karena menuungkinkan kacang tanah menjadi palawija. setelah terjadi persilangan alami antara varietas yang baru dengan varietas yang lama Kacang tanah adalah tanaman palawija yang tergolong dalam famili Leguniinoceae, subfamili Papilionoideac, dan genus Arachis.

Tanaman kacang tanah membentuk polong (buah) dalam tanah. Banyak sekali jenis kacang tanah yang ditanam di Indonesia, tetapi dalam garis besarnya dapat dibedakan dalam dua golongan yaitu menurut tipe pertumbuhan dan jenis umumnya.

1. Menurut tipe pertumbuhannya

Menurut tipe pertumbuhannya, jenis kacang tanah dapat dibedakan menjadi dua, yakni tipe tegak dan menjalar. Cabang-cabang kacang tanah tipe tegak pada umumnya lurus atau sedikit miring ke atas. Kebanyakan petani lebih menyukai kacang tanah tipe tegak sebab umurnya lebih genjah (kira-kira 100-200 hari).

Pemungutan hasilnya pun lebih mudah dilakukan karena polongnya hanya terdapat pada ruas-ruas dekat rumpun sehingga tingkat kemasakannya bisa secara serempak. Cabang kacang tanah tipe menjalar ini tumbuh ke samping. Hanya bagian ujung cabangnya mengarah ke atas. Batang utama dari kacang tanah bertipe menjalar ini lebih panjang daripada batang utama dari kacang tanah bertipe tegak. Umur kacang tanah bertipe ini berkisar umur antara 5-6 bulan. Setiap ruas kacang tanah yang berdekatan pada tanah menghasilkan buah, maka kemungkinan buah (polong) tidak bisa masak secara serempak.

2. Menurut umurnya

Menurut umurnya, jenis kacang tanah dapat dibedakan menjadi dua, yaitu kacang tanah berumur panjang dan berumur pendek. Kacang tanah berumur panjang bisa mencapai umur 6-7 bulan. Pada umumya kacang yang tergolong berumur panjang ini adalah kacang tanah cina. Ciri-ciri kacang tanah yang berumur panjang adalah batang panjang, buah banyak (tetapi masak secara tidak serempak), dan dalam satu polong berisi 3-4 biji. Sementara umur tanaman kacang tanah berumur pendek kurang lebih 2-3 bulan. Kacang tanah yang berumur pendek dibedakan menjadi tiga golongan, yakni jenis kacang tanah yang bijinya berkulit ari merah tua, merah muda, dan merah jambu.

Buah kacang tanah berkulit ari merah tua, bijinya besar, dalam satu polong berisi 1-3 butir. Yang termasuk dalam jenis ini adalah kacang palembang dan kacang afrika. Golongan kacang tanah ini tidak disukai orang karena hasilnya kurang memuaskan. Buah kacang tanah berkulit ari merah muda lebih banyak diminati. Rata-rata dalam satu polong berbiji 1-2 butir. Kacang tanah yang termasuk jenis ini adalah kacang holle, kacang tular, kacang waspada, dan kacang schwars. Jenis kacang tanah yang bijinya berkulit ari merah jambu, buahnya kecil dan dalam satu buah berbiji satu. Yang termasuk ke dalam jenis kacang tanah ini adalah kacang tanah gajah, kacang tanah macan, dan kacang tanah banteng.

Tanaman Kacang Tanah