DAFTAR
MASUK

Jenis ikan laut budidaya yang menguntungkan

Jenis ikan laut budidaya yang menguntungkan

Agrotani.com – Budi daya ikan laut merupakan suatu peluang yang sangat besar bagi Indonesia. Selain wilayah laut dan pesisir yang begitu luas, Indonesia berada di wilayah beriklim tropis, serta memiliki spesies ikan laut (dan biota nonikan) yang bernilai ekonomi tinggi di pasar dunia. Potensi produksi Monokultur mencapai 47 juta ton/tahun yang sebagian besar terdiri dari ikan. Beberapa ikan penting dari kelompok ikan demersal (ikan yang hidup di dekat atau di dasar laut) yang merupakan andalan dalam ekspor telah berhasil dibudidayakan, diantaranya kerapu bebek (Cromileptes altivelis), kerapu lumpur (Epinephelus suillusE. coioides), kerapu macan (E. fuscoguttatus), kakap putih (Lates calcalifer), kakap mata kucing (psammoperca waigeiensis), kerapu batik (Epinephelus microdon), kerapu sunuk (pletcropomus maculatus, P .leopardus) napoleon (Cheilinus undulatus), kerapu kerang (Epinephelus hemiochus), klon atau nemo (Amphiphrion ocellaris), kuda laut (Hippocampus kuda) dan kakap merah (Lutjanus johnii ,L .argentimacuslatus, L. sebae). Budi daya ikan – ikan tersebut telah dilakukan secara penuh, karena teknologi budidayanya telah dikuasai mulai dari pembenihan hingga pembesaran.

cara budidaya ikan,pengertian budidaya perikanan,budidaya perikanan air tawar,contoh budidaya perikanan,polinela,perikanan judul,perikanan xls,

Ikan – ikan lain yang mempunyai pasar yang baik, baik pasar domestik maupun ekspor, yang telah dibudidayakan secara penuh adalah bandeng (Chanos chanos) dan beronang (Siganus).  Bandeng mempunyai pasar yang baik di dalam negeri dan berpeluang untuk diekspor sedangkan beronang mempunyai pasar di dalam negeri dan diekspor ke beberapa negara tetangga.

Sementara (ikan pelagis ikan yang hidup di bagian atas dekat permukaan laut) yang telah berhasil dibudidayakan secara penuh adalah kuwe macan (Gnathanodon speciosus), kobia (Rachycentron canadum), dan bawal bintang (Trachinotus blochi). Sementara ikan tuna (Thunnus)  yang menjadi andalan ekspor Indonesia sejak lama, sampai saat ini masih dalam tahap percobaan budi daya, terutama pembenihan terkontrol.

Spesies ikan ekonomi penting yang sudah dapat di budidayakan namun belum penuh, karena produksi benihnya belum dilakukan secara terkontrol, antara lain bawal putih (Pampus argenteus/ Stromateus cinereus), bawal hitam (Parastromateus niger),  kuwe biru (Caranx melampygus), kuwe putih (C. sexfascistus), ekor kuning (Caesio sp ) titang (scatophagus argus),  belanak (Mugil cephalus, M. labiosus)  dan lencam (letharinus sp)

Ikan Penting yang diharapkan akan menjadi ikan kultur atau Ikan budi daya adalah ikan terbang (Cypeslurus sp). Nilai ekonomi pada ikan serbung adalah telurnya yang merupakan komoditas ekspor terutama ke lepang. Uji coba membesarkan larvanya belum berhasil dilakukan spesies ikan laut yang potensial menjadi ikan budi daya, baik ikan konsumsi maupun ikan hias,  sangat banyak. Di antara ikan demensal penting yang dapat dibudidayakan adalah berbagai spesies ikan kerapu (Epinephelus Plectropomus Ceyhalopholi), kakap merah (Lujanus Pristipomoides),  lencam (Lerhrinus), ekor kuning (Caesio,  Pterocaesio), biji nangka (Milloidicihthys Parupeneus Upeneus), napoleon (Cheilinus),beronang (siganus), dan ratusan spesies ikan hias ekonomis.

Sedangkan ikan pelagis penting yang dapat dibudidayakan di antaranya marlin (Tetraptruras,  Makaira, Istiophorus) cakalang (Katsuwonus pelamis) tongkol (Auxis thazard,euthynnus affinis), tengiri. (scomberemus), layang (Decapterus), Selar (Selar, Selaroides), dan kembung (Rastrelliger brachysoma, R. kanagurta).

Untuk masuk grup whatsapp Agrotani Indonesia Hubungi : 0853-2154-1506 Gratis !!!


 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Ikan Laut


Komentar ditutup.