Ikan laut sebagai bahan baku produksi

Agrotani.com – Saat ini beberapa produk akuakultur telah menjadi bahan baku industri,  seperti industri bahan makanan,  obat-obatan, kosmetik, pupuk, dan sebagainya. Ikan-ikan laut telah menjadi bahan baku industri makanan sejak lama. Ikan tuna dan kelompok ikan sardin telah lama menjadi bahan baku dalam industri ikan kaleng.

BAHAN BAKU INDUSTRI

Demikian pula, kakap, kerapu, bawal, dan kuwe adalah ikan-ikan yang diperdagangkan dan diolah menjadi berbagai produk perikanan,  mulai dari industri rumahan hingga industri skala besar. Ikan tidak hanya dimakan secara konvensional, tetapi telah diolah menjadi sosis,  baso,  burger, siomay,  pempek,  krupuk,  dan lain-lain.

Kandungan gizi dan bahan-bahan kimiawi pada ikan adalah bakau obat- obatan, makanan kesehatan,  dan kosmetika. Sedangkan sisa-sisa ikan dan ikan bermutu rendah merupakan bahan baku untuk industri pakan ternak dan pakan biota akuatik.

Demikian pula limbah dari pengolahan hasil ikanan merupakan baku yang baik untuk produksi pupuk.


Ikan laut sebagai bahan baku produksi

Ikan laut sebagai bahan baku produksi

Untuk kebutuhan industri makanan, obat-obatan, dan kosmetik, ikan- ikan yang dibutuhkan adalah ikan yang berkualitas tinggi. Perusahaan yang bergerak dalam industri tersebut tentu membutuhkan bahan baku yang berkualitas, kontinu, dan tepat waktu. ltu berarti, bahan baku industri merupakan salah satu segmen pasar dalam budidaya ikan.

Ikan Laut