Jenis – Jenis Koi

ID 3671

koi

AGROTANI.COM – Ikan koi ” Cyprinus carpio L ” pertamakali dipopulerkan di Jepang. Sekitar tahun 1820-an para penangar ikan negeri sakura berhasil menyilangkan beberapa strain ikan mas menjadi ikan dengan warna merah dan putih yang menarik. Ikan hasil persilangan ini dikenal dengan nama koi. Kemudian tahun-tahun berikutnya berkembang ikan koi dengan berbagai varian warna menarik lainnya.

Ikan koi merupakan ikan hias air tawar yang cocok dipelihara di kolam bukan akuarium. Karena daya tarik ikan koi terdapat pada warna-warni yang indah bila dilihat dari atas. Selain itu, ikan koi juga memerlukan ruang gerak yang luas. Jenis ikan hias air tawar ini cukup mudah dikembangbiakan, namun sulit mendapatkan koi berkualitas.

Mereka memelihara ikan karper di kolam sampai mereka mencapai ukuran tertentu. Pada akhirnya para petani menyadari bahwa beberapa dari ikan mas tersebut memiliki warna yang berbeda, sehingga mereka terus memelihara dan dibesarkan. Dari situlah awal pembudidayaan ikan koi dimulai sehingga sampai beberapa ratus tahun kemudian mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Dalam masing-masing kelas ini ada beberapa sub Kategori yang ragamnya juga cukup banyak . Klasifikasi Ikan Koi yang umum terdiri atas tipe Koi Gosanke, Shiro, Utsurimono, Asagi, Tancho, Hikarimono, Goromo, Hikarimoyo, Matsuba, dan Kawarimono. Berikut ini adalah pembahasan mengenai masing-masing jenis pada klasifikasi koi:

Gosanke


Klasifikasi Koi Gosanke merupakan Koi yang paling populer dan banyak ditemukan di kalangan para penggemar Koi. Yang termasuk dalam kategori ini adalah Kohaku, Sanke, dan Showa. Keluarga Gosanke merupakan kombinasi Koi dengan warna Hitam, Merah dan putih. Kecuali Kohaku yang tidak memiliki unsur warna hitam.

 

Kohaku


Kohaku merupakan Koi dengan warna Merah dan Putih. Pola merah disebut Hi. Hi harus tebal dengan tepi yang baik. Ada berbagai macam perbedaan pola warna Kohaku . Ada yang putus, ada yang besar dan menyapu.Kohaku yang baik memilikii pola yang tidak turun melewati mata dan seimbang.

Sanke


Sanke merupakan koi seperti pola Kohaku (hitam putih) , tetapi mereka memiliki pola hitam di sepanjang punggung mereka. Pola hitam disebut Sumi. Mencari Sanke yang baik adalah seperti memiliki pola Hi Kohaku . Pola hitam tidak boleh muncul di kepala . Sanke merupakan persilangangan Kohaku dengan Shiro Bekko.

Showa


Showa merupakan Koi dengan warna Putih, Hitam dan Merah. Showa biasanya merupakan hasil persilangan antara Kohaku dan Shiro Utsuri.

 

Bekko


Bekko is colored Koi type with a black pattern.

 

Shiro Bekko


Koi berkulit putih dengan pola hitam kecil-kecil. Pola (hitam) sumi pada Shiro Bekko harus seimbang dan memiliki tepi tajam (Kiwa). Shiro Utsuri dan Shiro Bekko memiliki kemiripan, karena pola warnanya sama. Perbedaan antara Shiro Bekko Dan Shiro Utsuri adalah pada Shiro Utsuri memiliki pola warna hitam yang lebih besar hitam sedangkan Shiro Bekko memiliki sedikit warna hitam.

 

Ki Bekko


Koi berwarna kuning dengan pola hitam di atasnya. Seperti halnya Shiro Bekko, tapi warna dasarnya kuning cerah. Pola (hitam) sumi pada Ki Bekko harus seimbang dan memiliki tepi (kiwa) tajam. Ki Bekko agak jarang daripada sepupu nya, Shiro Bekko.

 

Koi akabeko


koi merah dengan pola hitam di atasnya. Warna hitam membentuk spot yang menarik dan indah.

 

  1. UTSURIMONO


 

Shiro Utsuri


Koi hitam dan putih dengan pola warna yang unik dan menarik. Bagian kepala Shiro utsuri terdiri atas warna hitam dan putih, tidak boleh hanya terdiri atas satu warna saja( Hitam saja atau putih saja). Berbeda dengan shiro bekko, shiro utsuri merupakan koi dengan warnadasar hitam.

 

Ki Utsuri


Hampir sama dengan Shiro Utsuri, hanya saja warna pada Ki Utsuri adalah kuning dan Hitam. Pola warna dan kriteria penilaian sama dengan Shiro Utsuri.

 

Hi Utsuri


Koi dengan warna merah dan hitam yang membentuk pola unik dan menarik.

 

  1. ASAGI


 

ASAGI


Jenis koi yang sudah cukup lama keberadaannya. Asagi merupakan Koi Biru dengan perut berwarna merah, keindahan asagi ada pada pola yang utama adalah sisik yang nampak seperti pola berupa jaring tipis diatas warna dasar indigo. Idealnya Asagi memiliki kepala yang putih bersih.

 

SHUSUI


Jenis koi dari keluarga asagi namun tidak memiliki sisik. Sisik pada shusui hanya ada pada bagian punggung saja. Warna sisik idealnya berwarna gelap dan ada sepanjang punggung secara lengkap dan rapi.

 

Tancho


 

TANCHO GOROMO


Koi yang memiliki pola bulat pada bagian kepala, yang berupa pola Goromo/anggur.

 

TANCHO KOHAKU


Koi putih dengan bulatan merah di kepala. Semakin bulat dan tajam semakin menambah keindahan koi jenis ini.

 

TANCHO GOSHIKI


Memiliki pola tancho di kepala dengan warna dan sisik badan adalah koi jenis goshiki.

 

Hikarimono


Hikarimono atau yang sering kita kenal Koi Metallic atau koi dengan warna keemasan yang kemilau. Warna Hikarimono adalah warna tunggal misalnya kuning kemilau, orange dan lain-lain. Disebut juga dengan Hikarimuji . Hikari berarti mengkilap.

  1. Nezu Ogon, Koi dengan warna abu-abu kemilau
  2. Orenji Ogon, Koi dengan warna orange kemilau
  3. Platinum Ogon, Koi putih kemilau/silver
  4. Yamabuki Ogon, Koi Berwarna Kuning kemilau
  1. Goromo
  • Ai goromo
  • Budo Goromo
  • Sumi Goromo
  1. Hikarimoyo
  • Kin Showa
  • Kujaku
  • Yamato Nishiki
  • Doitsu Hariwake
  • Kikusui
  1. Matsuba
  • Shiro Matsuba
  • Aka Matsuba
  1. Kawarimono
  • Ochiba Shigure
  • Kumonryu
  • Beni Kumonryu
  • Benigoi
  • Karasugoi
  1. Haijiro
  • Aka Haijiro
  • Chagoi
  • Kigoi
  • Midorigoi
  • Soragoi

Baca Juga :

Ikan Koi