DAFTAR
MASUK

Harga cabe terbaru dan situasi perdagangan cabai tahun ini..!

Harga cabe terbaru dan situasi perdagangan cabai tahun ini..!

Agrotani.com – Harga cabai dari hari ke hari mengalami kenaikan dan masa kemarau mungkin harga cabai tidak semahal pada masa musim hujan. Situasi perdagangan ini jika kita tanyakan langsung kepada pengamat situasi pasar pasti mereka mengatakan setengah hati untuk berkata sejujurnya dari kondisi pasar untuk saat ini.

Untuk anda sebagai anggota agrotani saya mungkin akan lebih memperhatikan anda lebih dari ini, namun jika anda ingin bergabung bersama kami bisa langsung daftar secara gratis. Daftar sekarang

Saya sedikitnya sudah memaparkan dari kumpulan data pasar di negara kita, seperti di kota-kota besar contohnya jakarta pada bulan februari 2017 harga cabai sudah tembus 160 ribu per kilo. Agar anda paham kita lihat data pasar dari tahun ke tahun, baiklah kita mulai sekarang.

Kita coba lihat kondisi pasar pada tahun 1986, harga cabai merah mencapai Rp. 1.990,00 per kg, dan untuk cabai merah keriting Rp. 2.300,00 per kilo namun pada harga keduanya hanya sekitar Rp. 200,00 – Rp. 260,00 per kg. Harga setabil pada jenis cabai adalah cabai paprika yang tak goyang harganya. Dari informasi yang saya dapat harga cabai paprika adalah Rp. 4.000,00 per kilo untuk cabai paprika hijau Rp. 2.500,00 atau Rp. 3.000,00 sekilo. Untuk jenis cabai dieng yang menurut saya aneh bentuknya itu hanya mencapai Rp. 2.500,00 sekilo itu ditingkat petani. Begitu juga dengan cabai jenis kecil atau cabai rawit, cabai rawit memiliki harga yang mahal dibandingkan dengan cabai jenis lainnya, namun ketika pasaran cabai kecil (jatuh), tidak jauh berbeda dengan cabai-cabai jenis lainnya. Pada masa itu yang saya lihat memang kurang memuaskan dan tidak menggembirakan. Namun bagaimana dengan tahun ini ? Anda pasti tahu dari budidaya tanaman cabai untuk masa yang akan datang sejauh ini sangat cerah sekali.

 

Bagaimana jika kita jual produk hasil budidaya cabai kita di jual ke luar negri ?

Ide yang sangat bagus, namun kita bisa menjual bukan cabai segar melainkan dengan pengolahan lagi yaitu dengan pengeringan. Kita bisa ekspor buah cabai kering atau cabai bubuk, di luar negri yang laku keras itu bentuk cabai kering atau bentuk cabai bubuk, bukan cabai segar. Sebenarnya Indonesia pernah tercatat sebagai pengekspor cabai kering kalo tidak selah pada tahun 1960-an. Sampai dekade 1970-an, jumlah ekspor cabai kering dari negara kita mencapai 7.000 ton dengan harga 3 juta $US Dolar.

Bagaimana untuk tahun ini 2017 ?

Saya tidak bisa jawab namun jawaban yang cocok, pada tahun 1974 saja, ekspor dari negara kita makin lama makin menurun (merosot). Hal ini terjadi karena cabai kering yang kita kirim, ada beberapa pedagang curang yang memaksa mengirim dengan kualitas buruk, jadi konsumen dari luar sedikit kapok. Tidak hanya itu dari sebagian petani kurangnya SDM dan kurang pengetahuan, mungkin menjadi faktor yang bisa menurunkan kualitas cabai kering atau cabai bubuk tersebut. Yang jelas pada tahun 1977 kita masih bisa ekspor lebih dari 2.000 ton dengan harga 1 juta $US Dollar. Kemudian 1980-an semakin menurun yang di jual ke luar negri hanya 250 ton dengan harga 200 $US Dollar lebih.

Jadi bisakah untuk tahun 2017 ini kita mencoba ekspor ?

Saya rasa sangat bisa, namun kualitas cabai kering kita harus memenuhi setandar kualitas, tentusaja kita harus bisa menjaga kualitas itu supaya konsumen kita tidak kapok lagi. Kita sekarang hidup di negara yang kaya, Indonesia itu sangat-sangat sempurna dan layak sebagai negara nomor satu didunia pertanian. Saya mendirikan agrotani.com sendiri, supaya ada kemajuan di bidang pertanian, peternakan, dan perikanan bisa meningkat dan semakin maju. Jadi sangat memungkinkan kita jika kita tingkatkan lagi kualitas cabai kering tersebut.

Saat ini di kawasan negara-negar Asia mengekspor komoniti yang sama! Kita sebagai petani mau tidak mau harus bersaing dengan produk-produk mereka, dan pastinya ini menjadi tangtangan untuk kita bersama. Kita jaya kan lagi ekspor cabai kering! Perkembangan industri itu pesat sekali seperti produk makanan, minuman, farmasi, dan masib banyak lagi menggunakan produk kita. Dari hasil tanaman cabai itu tidak bisa disepelekan, peluang untuk penjualan dan pemasaran cabai sangat pasti dan bukankah itu jadi peluang bagus untuk kita?

Mungkin 7 hari lagi saya akan memperbaharui lagi artikel ini untuk info terbaru mengenai pasaran dan harga cabai. Agar anda lebih paham, anda bisa mengunjungi halaman khusus untuk cabai disini.

Untuk masuk grup whatsapp Agrotani Indonesia Hubungi : 0853-2154-1506 Gratis !!!


 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Tanaman Cabai


Tinggalkan pesan "Harga cabe terbaru dan situasi perdagangan cabai tahun ini..!"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.