DAFTAR
MASUK

Mengenal Hama dan Penyakit Udang Windu

Mengenal Hama dan Penyakit Udang Windu

Agrotani.com – Sebagai hewan air yang kecil dan lemah,  udang memiliki banyak musuh.  Musuh udang windu bisa berupa hama atau penyakit.  Umumnya,  hama udang berupa hewan pemangsa dan pesaing.  Hewan pemanggu (predator)merupakan musuh utama udang.

Hal ini disebabkan hewan ini akan langsung memangsa udang,  Hewan pemangsa tersebut antara lain dari kelompok ikan buas Lpays (Elop hatuiensis)  kakap (Lates calcalfer),  kuro (olynenus sp),  atau keting (Macrones micracanthus),  ketam-ketaman(Seylla serrata),  ular air(Cerberus rhynchops),  dan bangsa bunung (blekok CArdeola ralloides speciosa)  dan pecuk ulo Anhinga nufa melimogaster).

Hewan penyaing(kompetitor tidak seganas hewan predator.  Namun,  keberadaan hewan penyaing akan menguinggu udang karena akan menyaingi udang dalam hal memperoleh pakan dan tempat tinggal

Hewan penyaing udang antara lain bangsa siput (Crithidea cingulata)  dan oong cong (Telescopium telescopium),  ikan liar mujair (Tilapia mossambica)  dan belanak (Mugil spp),  udang kecil seperti Caridina denticulata,  serta ketam ketaman(Saesarma sp,  dan Uca sp.),  Penyakit pada udang windu lebih banyak disebabkan oleh kualitas air yang menunun.

Beberapa penyakit yang menyerang udang antara lain insang hitam dan jamur.  Beberapa pemasalahan lain yang dapat mengganggu kesehatan udang antara lain fluktuasi pH yang drastis dan pertumbuhan alga.  Air ber pH terlalu rendah dapat mengakibatkan kematian pada udang,  Sementara pertumbuhan alga yang cepat dapat mengganggu pergerakan udang.  Bahkan,  alga dapat menjerat udang hingga tidak dapat bergerak dan mati.

Baca Juga :

Untuk masuk grup whatsapp Agrotani Indonesia Hubungi : 0853-2154-1506 Gratis !!!


 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Udang Windu


Tinggalkan pesan "Mengenal Hama dan Penyakit Udang Windu"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.