Fungsi Akar

Agrotani.com – Akar merupakan bagian organ tumbuhan yang berperan penting untuk kelangsungan hidupnya. Kegunaan akar adalah untuk menyerap air dan unsur hara, untuk menunjang berdirinya tanaman, dan sebagai penyimpanan cadangan makanan berikut ini adalah penjelasannya.

Menyerap unsur hara dan air

Peranan penting akar berkerja sebagai penyerap zat hara dan air ke dalam tanaman itu sendiri. Unsur hara ini berfungsi untuk pertumbuhan tanaman dan sebagai makanan tanaman untuk kelangsungan hidupnya. Perakaran mengankut makanan dari dalam tanah dan disarurkan ke organ lainnya pada tanaman. Kita sering melihat beberapa perakaran yang menuju ke sumber unsur hara dan air dengan tumbuh memanjang.

Menunjang berdirinya tanaman

Akar yang tertancap pada media tanam di ibaratkan bangunan rumah, akar yang tertancap merupakan pondasi bangunan. Akar menjadikan tanaman berdiri kokoh dan bisa dengan tegak. Akar yang tertancap ke dalam tanah dapat menghindari dari angin kencang dan hujan deras.

Sebagai alat pernapasan

Selain berfungsi sebagai penyerap unsur hara dan air, akar juga berfungsi sebagai pernapasan. Melalui celah media tanam seperti hal nya tanah memiliki pori-pori didalamnya yang kemungkinan pasti terdapat udara, memungkinkan akar untuk bernapas.

Sebagai penyimpan cadangan makanan

Dari beberapa tanaman fungsi akar digunakan untuk menyimpan makanan, contohnya pada ubi dari bengkoang. Akar yang terdapat pada tumbuhan ini akan semakin membesar ketika sumber makanan yang terdapat pada tanah banyak. Biasanya tanaman yang berjenis seperti ini mencadangkan makanan untuk menghadapi musim kemarau atau ketika kondisi tanah dan lingkungannya tidak ada lagi sumber makanan, untuk mempertahankan dan kelangsungan hidupnya jenis tanaman ini menyimpan pada organ tubuhnya.

akarKamus Pertanian

Fungsi Akar,5 / 5 ( 1voting )

Tinggalkan pesan "Fungsi Akar"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sponsor×