DAFTAR
MASUK

Definisi Pertanian

ID 7621 Di KAMUS
Definisi Pertanian

AGROTANI.COM – Pertanian merupakan suatu kegiatan bercocok tanam. Tetapi pertanian juga mencakup, perikanan, perternakan dan kehutanan.

Pertanian adalah bahan pangan yang sangat di butuhkan bagi setiap makhluk hidup yang terkait seperti, ternak, serta produk-produk agroindustri dengan cara memanfaatkan sumber daya tumbuhan dan hewan untuk kelangsungan hidup manusia. Pemanfaatkan sumber daya sumber daya ini terutama berarti budi daya (bahasa inggris: cultivation, atau untuk ternak: raising). Namun penang demikian, pada sejumlah kasus – yang sering di anggap sebagian dari pertanian – dapat berarti ekstraksi semata, seperti penangkapan ikan atau eksploitasi hutan (bukan agroforestri)

Berikut adalah pertanian yang ada di Indonesia :

Sawah


Petani PriaSawah merupakan lahan atau lahan yang biasanya terdapat air baik sawah irigasi,sawah lebak, sawah tadah hujan maupun sawah pasang surut.

Tegalan


Tegalan merupakan suatu lahan yang kering yang mengandalkan air hujan, ditanami tanaman musiman atau tahunan dan terpisah dari lingkungan dalam sekitar rumah. Lahan tegalan tanahnya suit untuk di buat pengairan irigasi karena sulit ditubuhi tanaman pertanian.

Perkarangan


Suatu lahan yang berada di halaman rumah yang di manfaatkan sebagai bercocok tanam (biasanya dipagari dan masuk kewilayah rumah) yang di manfaatkan / digunakan untuk ditanami tanaman pertnian.

Ladang berpindah


Ladang perpindahan merupakan suatu lahan yang tadinya hutan atau semak-semak yang di alih fungsikan menjadi lahabn pertanian untuk bercocok tanam, di mana setelah beberapa kali panen/ditanami, maka tanah sudah tidak subur sehingga perlu pindah ke tanah lain yang subur atau lahan yang sudah lama tidak digarap.

Beberapa usaha tani :

(1)    Selalu melibatkan barang dalam volume besar

(2)    Proses produksi memiliki risik yang relatif tinggi

Beberapa ciri di atas merupakan salahsatu kegiatan bertani, karena pertanian adalah bentuk usaha yang melibatkan mahluk hidup, dalam proses pengerjanya membutuhkan waktu untuk mendapatkan hasil dari pertanian. Beberapa bentuk pertanian modren (misalnya budidaya alga, hidroponika) telah dapat mengurangkan ciri-ciri ini tetapi sebagian besar usaha pertanian dunia tetapi sebagian besar usah pertanian dunia masih tetap demikian.

Maka di sebut sebagai usaha tani (farming) adalah sekumpulan kegiatan yang dilakukan dalam budi daya (tumbuhan maupun hewan) petani adalah sebutan bagi mereka yang menyelenggarakan usaha tani, sebagai contoh “petani tembakau” atau “petani ikan”. Khusus untuk pembudidaya hewan ternak (livestock) disebut sebagai peternak. Ilmuan serta pihak – pihak lain yang terlibat dalam perbaikan metode pertanian dan aplikasinya juga di anggap terlibat dalam pertanian.

Baca Juga :

Untuk masuk grup whatsapp Agrotani Indonesia Hubungi : 0853-2154-1506 Gratis !!!


 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Kamus


Komentar ditutup.