Cara penanaman bibit tanaman cabai rawit

ID 1702

Agrotani.com Cara penanaman bibit tanaman cabai rawit – Penanaman bibit cabai rawit harus dilakukan setelah persiapan jarak tanama dan lubang tanam. Saya anggap anda sudah memiliki bibit cabai rawit yang akan di tanam, tahap pertama anda harus melepaskan plastik polybag dengan cara mengguntingnya. Masukan bibit besera tanah yang menempel di dalam perakaran, jangan anda cabut tanah tersebut karena memungkinkan bibit sulit beradaftasi dengan lingkungan barunya jika anda membersikan tanah yang menempel di dalam tanah.

Jika sudah dimasukan ambil bagian tanah yang ada didalam bedengan atau dengan tanah sekitar, sehingga akan menjadi gundukan di area tanaman. Jika bedengan diberi mulsa plastik maka cara menanamnya seperti ini :

Cara penanaman bibit tanaman cabai rawit

  1. Bagian yang terbuka dari kaleng susu kental manis itu dimasukan kedalam tanah dengan ditekan.
  2. Kemudian anda angkat, tanah akan masuk kedalam kaleng susu dengan begitu tanah akan berlubang.
  3. Masukan bibit cabai kedalam lubang tanam yang tadi anda buat.
  4. Tanaman diuruk dengan tanah tadi sampai tanah pengeruk menutupi sebagian plastik yang berada disekitar lubang tanam.

Setelah anda menanam, jeda waktu seminggu kemudian anda harus cek pertumbuhannya, karena anda harus melakukan proses penyulaman. Tujuan penyulaman dimaksudkan untuk mengganti tanaman yang terhambat pertumbuhannya atau ada tanaman yang mati kemudian diganti dengan tanaman cabai yang baru.

Jangan sampai telat untuk melakukan penyulaman, karena akan menghambat anda dalam pemeliharaan tanaman cabai rawit selanjutnya. Untuk selanjutnya anda bisa mempelajari cara pemeliharaan baca artikel ini :

Tanaman Cabai