Cara Pembuatan Media Hydrogel Dengan Mudah

Hidrogel

Agrotani.comCara Pembuatan Media Hydrogel Dengan Mudah – Ada bahan dan langkah langkah yang harus anda siapkan untuk membuat media hydrogel, sebenarnya cukup mudah untuk membuatnya, berikut adalah langkah – langkah membuatnya :


  1. Untuk gel kering sebanyak 1 sachet (7,5gram), tuangkan air sebanyak + 1300ml ke dalam wadah penampungan hydrogel. Dianjurkan air matang agar hydrogel tetap steril. Suhu air sedang (tidak panas & tidak terlalu dingin). Untuk penyesuaian warna yang diinginkan, air bisa ditambah/dikurangi.

  2. Masukkan hydrogel kering ke dalam wadah yang sudah terisi air, lalu aduk sekitar 10 detik (agar warnanya menyebar). Diamkan hydrogel selama 4 jam. Sebaiknya dalam kondisi tertutup agar tidak tercampur debu/kotoran. Setelah itu, tiriskan hydrogel. Bilas 1 kali dengan air biasa, lalu tiriskan kembali selama 30 menit.

  3. Hydrogel siap dipindahkan ke wadah/vas kaca untuk tanaman.

  4.  Untuk penyesuaian warna, hidrogel bisa direndam lebih lama atau ditambah air agar warna lebih muda. Sebaiknya hydrogel tidak direndam lebih dari 6 jam karena akan mereduksi warna & unsur hara.

  5. Hydrogel bisa juga direndam sambil menambahkan sedikit pupuk tambahan yang tidak merusak warna, sesuai dosis agar unsur hara bertahan lebih lama. Unsur hara bisa bertahan sekitar 2 bulan.

    Catatan penting: Penambahan pupuk berlaku, hanya jika diperlukan, dan sesuai dengan dosis yang dianjurkan, serta tidak menyebabkan kerusakan warna & hydrogel.

Hydrogel