Cara Panen Tanaman Nilam yang Benar

ID 28

Agrotani.Com – Bagian yang juga penting pada proses budidaya adalah cara memanen dan pasca panen. Maka dari itu pada kesempatan kali ini Agrotani akan membahas bagaimana cara memanen tanaman nilam dan waktu yang tepat untuk memanennya.

Proses pemanenan tanaman nilam harus benar-benar dilakukan di waktu yang tepat. Dengan melakukan pemanenan yang tepat maka hasil yang didapat pun akan lebih maksimal. Maka dari itu mari simak ulasan cara memanen tanaman nilam berikut ini.

Cara Memanen Tanaman Nilam yang Benar

Pemanenan dilakukan beberapa tahap. Lakukan panen pertama saat tanaman berumur 4-6 bulan, panen berikutnya dilakukan dalam selang waktu 2-6 bulan sekali sampai tanaman berumur 3 tahun. Cara panen yaitu: pangkas tanaman 15-30 cm di atas tanah dan tinggalkan satu cabang tanaman untuk merangsang pertumbuhan tanaman selanjutnya.

Cara Panen Tanaman Nilam

Lakukan panen pada pagi hari dan atau sore hari menjelang malam, pada siang hari sel-sel daun sedang berfotosintesa sehingga laju pembentukan minyak berkurang, serta daun kurang elastis dan mudah robek. Panen tanaman nilam dilakukan sebelum daun nilam menjadi coklat kemerahan, karena daun yang berwarna coklat kemerahan rendemen minyak sudah berkurang.

Potong hasil pangkasan sepanjang 3-5 cm kemudian dijemur. Jemur daun di bawah terik matahari selama 5-6 jam. Selanjutnya layukan daun dengan cara mengering anginkan selama 2-3 hari, sampai kadar air mencapai 15%. Tebal lapisan penjemuran sekitar 50 cm dan harus dibalik 2-3 kali sehari. Berikutnya daun siap disuling.

Demikianlah langkah-langkah memanen tanaman nilam. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat. Jika masih ada yang kurang dipahami anda bisa bertanya kepada kami dengan menggunakan fasilitas forum di web agrotani ini. Sebelumnya anda harus daftar menjadi member terlebihdahulu.

 

Tanaman Nilam