5 cara mudah mengolah ikan beku dengan cepat

ID 2505

Agrotani.com – Cara mengolah ikan beku sangat terkadang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan dalam mengolah ikan yang di bekukan tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena dapat mempengaruhi kualitas dan rasa dari ikan tersebut ketika di olah nanti.

Aneh juga kan ketika ikan yang berada dalam angan begitu menggugah selera menjadi tidak karuan karena kesalahan dalam proses pencairan. Untuk menghindari hal tersebut maka kami menyajikan beberapa cara mengolah ikan beku sebagai berikut :

 

5 cara mudah mengolah ikan beku dengan cepat

 

1. Pindahkan Olahan Dari Freezer Ke Chiller


Simpan ikan tersebut dalam chiller atau lemari es bagian bawah freezer selama semalaman jika ikan akan dimasak pada keesokan harinya. Dengan menyimpan ikan pada chiller maka ikan akan mencair secara perlahan dan ikan tetap terjaga dalam suhu yang tetap sehingga tekstur dan rasa ikan tetap terjaga dengan baik.

Jika anda tidak memiliki banyak waktu maka jangan biarkan ikan terletak begitu saja, karena bagian luar ikan akan mudah rusak bahkan sebelum bagian dalam ikan mencair sepenuhnya.

2. Cairkan Dengan Memanfaatkan Air Yang Mengalir


Masukkan ikan ke dalam kantong plastik yang rapat. Kemudian letakkan ikan ke dalam sepanci air dingin. Biarkan ikan tetap terendam di dalam air dingin sekitar satu jam.

Anda pun bisa melakukan alternatif lain yakni dengan cara mengaliri ikan di bawah air dingin yang mengalir. Aliran air harus stabil, tidak terlalu deras. Hal ini akan membuat proses pencairan ikan beku terjadi lebih cepat. Untuk mengetahui apakah ikan sudah mencair yaitu dengan menekan jari kita pada tubuh ikan, pastikan bagian dalam ikan sudah mencair secara sepenuhnya.

Usahakan untuk tidak mencairkan ikan dengan menggunakan air panas, karena hal ini memang akan mencairkan ikan secara cepat namun tidak merata dan hanya akan merusak bagian luar ikan saja. Bagian luar ikan yang terkena air panas akan mudah terkontaminasi bakteri sebelum bagian dalam ikan selesai mencair.

3. Cairkan Dengan Bantuan Microwave


Penggunaan microwave sebagai alat untuk mencairkan sangat dianjurkan jika setelahnya anda segera memasak ikan tersebut. Perlu diperhatikan ketika mencairkan ikan di dalam microwave anda harus sering-sering mengecek ikan tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan tekstur dan rasa ikan tidak mulai berubah. Jika saat pengecekan terasa ikan sudah lunak namun masih dingin, maka pencairan harus segera dihentikan.

4. Kukus Ikan Beku


Jika anda tidak mempunyai banyak waktu untuk mencairkan ikan dengan menggunakan metode sebelumnya, maka anda dapat mengukus ikan dengan menambahkan 3 sampai 5 cm air kaldu dan kukus ikan secara perlahan. Keuntungan dari metode ini, daging dan rasa ikan tidak akan mengalami banyak perubahan. Ikan masih menjadi santapan lezat dan sehat dengan daging ikan yang lembut.

5. Memanggang Ikan Beku


Ikan beku dapat diolah dengan cara dipanggang dimana sebelumnya ikan sudah diolesi dengan minyak zaitun dan kemudian diletakkan dipemanggang datar. Panggang ikan sampai dagingnya mudah lepas dan tidak lagi berwarna opaque.

Gunakan bantuan alumunium foil dengan sebelumnya ikan tetap diolesi minyak dan ditaburi bumbu-bumbu untuk menambah cita rasa dari ikan itu sendiri. Bungkus ikan dengan menggunakan alumunium foil panggang dipemanggang datar yang sudah panas. Ikan akan matang dengan ditandai adanya asap yang keluar dari dalam bungkus alumunium dan soal rasa jangan diragukan lagi terlebih anda sudah menambahkan bumbu-bumbu rahasia di dalamnya.

Yang perlu diingat dan dilakukan adalah jangan menyimpan kembali ikan ke dalam freezer karena selain tekstur dagingnya akan rusak, hal ini pun tidak baik menurut sisi keamanan pangan. Bakteri dan mikroorganisme telah berkembangbiak pesat dalam daging dan besar kemungkinan terjadinya keracunan ataupun alergi bagi orang-orang yang menyantap hasil olahannya.

Jangan berusaha untuk menekuk ikan saat dalam proses pencairan karena hal itu akan menjadikan ikan mudah putus dan tidak utuh lagi. Karena kualitas dari ikan itu bukan kesalahan dari produsen atau toko tempat kita membeli ikan sebelumnya, namun justru hal itu terjadi saat kita menyimpan dan mengolahnya di rumah. Dengan contoh kecil yakni saat kita membuang kemasan ikan beku sebelum memasukkannya ke dalam kulkas, kesalahan kecil seperti itu saja dapat mempengaruhi kualitas dari ikan yang kita beli.

Demikian ragam cara yang dapat kami sajikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya dirumah.

Ikan

Sponsor×