Cara mudah membedakan meri Jantan dan Betina (DOD) – Dewasa

ID 1136

Agrotani.com – Cara mudah membedakan meri Jantan dan Betina (DOD) – Dewasa – Kadang-kadang kita bingung membedakan jenis kelamin jantan atau betina, hal ini tidak pusing untuk anda yang sudah ahli dibidang budidaya meri, namun bagaimana dengan kita yang baru belajar ?

Sebenarnya ada dua cara untuk kita mengetahui jenis kelamin jantan atau betina yaitu dengan mendengarkan suaranya atau dengan mengecek langsung ke bagian alat kelaminnya. Begini caranya :

1. Dengan mengecek alat kelamin


Meri dipegang dengan bagian punggung terbalik, bagian ekor ke atas diantara telunjuk dan jari tengah. Menggunakan jari telunjuk dan jari tangan kanan, keloka dibuka lebar dan sedikit ditekan. Jika anda melihat tonjolan berwarna putih bisa dipastikan meri anda adalah jantan. Sedangkan meri yang betina tidak memiliki tonjolan putih tersebut. Cara untuk membedakanya juga sama dengan cara diatas.

2. Dengan mendengarkan suaranya


Kita bisa membedakan jenis kelamin dengan suara, cara ini biasanya untuk meri yang masih anakan. Meri jantan memiliki suara yang besar dan berat, sedangkan betina memiliki suara nyaring dan keras. Untuk merangsang meri kita bersuara anda bisa mengambil anak meri menggunakan tangan kiri dan tangan kanan mencubit bagian pangkal sayap. Namun jika anda belum berpengalaman lebih baik jangan gunakan cara ini karena bisa melukai meri anda.

Jika anda masih bingung dengan penjelasan tersebut anda bisa bertanaya di forum agrotani.

Bebek