DAFTAR
MASUK

Cara memilih buah segar

ID 3659 Di PERTANIAN
Cara memilih buah segar

Ada hal hal umum yang harus diperhatikan dalam memilih buah segar yaitu:

1. Kondisi umum
2. Kualitas
3. Nlal nutrisi (gizi)
4. Rasa
5. Kegunaan
6. Label identitas produsen
8. 1 Kondisi Umum

sayuran-segar-dan-freshAgrotani.com – Setiap individu mempunyai pandangan sendiri-sendiri mengenai kondsi umum akan tetapi hal-hal yang sering dipertimbangkan adalah antara lain: Jangan membeli karena alasan mumpung harga murah karena ada kemungkinan buah sudah dalam kondisi tidak segar atau kualitasnya rendah. Beli buah yang dinginkan karena kapasitas lemari pendingin di rumah tangga terbatas. Plih buah yang memiliki penampilan yang menarik karena penampilan berkaitan dengan mutu secara umum.

Tentu anda tidak ingin keluarga anda sakit karena memakan buah yang kurang baik kualitasnya, anda harus pintar dalam memilih dan melihat ciri-ciri buah yang layak untuk kita konsumsi. Buah yang tergolong layak sangat lah luas karena jumlah buah dan pengukuran kualitas yang berbeda.

Kualitas Buah Segar

 

Apel


Ada banyak kultivar apel yang menghasilkan penampilan yang berbeda-beda, karakteristik daging buah yang berbeda-beda dan keguanaan yang berbeda-beda pula. Kultivar-kultivar yang cocok untuk dimakan segar untuk di sajikan bersama keluarga anda tentu harus benar-benar segar dan bersih : Red Deloous Molntosh, Greeny Sinth, Empire dan Golden Delooues. Sedangkan untuk bahan kue pies, selai, tart dan saus apel adalah Gravenstein, Grimes Golden, Jonathan dan Newtown. Kriteria pemilihan: Renyah, warna bagus, aroma kuat, tidak cacat. Hindari apel yang kelewat masak (ovempe).

 

Alpokat


Kriteria pemilihan : Untuk dimakan langsung, pilih alpokat yang sudah sedikit lunak. Alpokat yang sudah masak panen perlu 3-5 hari dalam suhu kamar untuk menjadi lunak dan siap dimakan. Hindari buah alpokat yang kulitnya sudah hitam dan terdapat bintik-bintik hitam atau sebagian kulitnya pecah. Anda mungkin sudah pernah melihat buah alpukat yang seperti ini dan itu sudah tidak layak untuk konsumsi.

 

Pisang


Kriteria pemilihan : Untuk dimakan langsung dipilih pisang yang memiliki penampilan cerah, kult mulus, bebas dari cacat, warna kuning, dan memiliki aroma yang bagus. Hindari memilih buah pisang yang kelewat masak atau pisang yang terserang penyakit.

 

Anggur


Hampir semua jenis anggur buah meja yang dijual di supermarket adalah jenis Eropa. Kultivar kultivar Eropa biasanya lebih lezat, memiliki kadar gula tinggi sehingga lebih manis. Kultivar kultivar yang dimaksud antara lain: Thomason seedless(berwarna hijau), Red seedess(merah), Tokay dan Cardin(merah terang), Eimperor(merah tua), Denis tersebut memiliki aroma yang kuat apabila sudah masak penuh.

Kriteria Pemilihan : Cari yang memiliki warna baik, buah-buah melekat di tangkai dengan kuat, dari jenis yang berwarna hijau pilih yang berwarna hijau gading, untuk jenis yang berwarna merah cari yang merah merata. Hindari membeli buah anggur yang lunak atau kisut, hindari membeli anggur yang ada gejala busuk pada daerah sekitar tangkai atau sebagian buah sudah pecah.

 

Buah Kiwi


Cari-ciri buah kiwi yang segar dan baik adalah kulitnya tidak kisut, bila ditekan masih keras, warna kulit coklat kehijauan. Hindari membeli buah kiwi yang kelewat masak. Buah kiwi mengandung enzim actindin yang memiliki pengaruh yang sama dengan papain. Actinidin dapat memecah komposisi kimia protein.

 

Buah Pear


Ciri-ciri buah bermutu baik adalah buah masih keras untuk semua cutovar pear, kulit buah licin mulus dan tangkai buah masih ada. Hindari memilh buah yang layu.

Untuk masuk grup whatsapp Agrotani Indonesia Hubungi : 0853-2154-1506 Gratis !!!


 

Zenzen Zainudhin

Pertanian hampir dikatakan tidak pasti, namun saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Semua hal tentang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan membutuhkan generasi muda. Jadi apa yang akan kamu lakukan ? Saya sedang di Tag : Buah-buahan


Tinggalkan pesan "Cara memilih buah segar"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.