Cara menyimpan pakan burung

Agrotani.comCara menyimpan pakan burung yang baik dan benar – Usaha menyediakan pekan dalam jumlah besar bagi peternak yang memakan banyak buruang merupakan hal yang mungkin tidaknya penyimpanan. Karena beberapa alasan,  hal demikian juga terkadang terpeksa oleh penggemar yang hanya memiliki beberapa ekor burung saja. Kesibukan dapet memaksa kita membeli bahan pekan dalam jumlah besar sebagai persediaan dalam jangka waktu tertentu.

Bahan pakan yang sulit didapat di sekitar tempat tinggal juga dapat menyebabkan kita membeli bahan tersebut dalam jumlah besar.  Selain itu,  kita juga cenderung membuat ramuan buatan sendiri yang secara ekonomi memang lebih menguntungkan bila dalem jumlah besar untuk persediaan yang lama.

Kendala yang kita hadapi dalam kadaan demikian adalah tanpa kita sadari pakan akan mengalami pembusukan,  bahkan dapnt membahayakan kesehatan burung Oleh karena itu,  mau tidak mau mengenai cara perawatan pakan yang baik agar pekan tersebut tetap aman.

Menyimpan pakan jenis serangga Masukan link

Serangga yang banyak digunakan sebagai pekan burung antara lain kroto dan ulat hongkong. Bila kita menginginkan kroto yang dibeli di pasar bisa disimpan agak lama. langkah-langkah berikut dapat kita lakukan.

  • Kroto dijemur di bawah sinar matahari sampai kering. Dapat pula dikeringkan dengan oven.
  • Setelah kering, kroto tersebut disimpan di tempat yang tidak lembap. Tempat penyimpanan yang lembap dapat mengundang kehadiran jamur.
  • Penempatan kroto pada wadah penyimpanan harus merata dan tidak sampai membentuk tumpukan yang terlalu tebal.

Tempat penyimpanan

Tempat penyimpanan yang kotor menyebabkan bahan pakan menjadi agen penularan beberapa penyakit yang dapat membahayakan burung. Sebaiknya tempat penyimpanan diberikan secara teratur, misalnya seminggu sekali dengan cara membuang sisa pekan yang telah disimpan sebelumnya dan mencuci wadahnya sampai bersih. Setelah kering digunakan kembali sebagai tempat untuk menyimpan pekan yang baru.

Pakan Burung