Cara Menyemai Biji untuk Persiapan Batang Bawah

ID 952 Di PERTANIAN

Agrotani.com – Cara Menyemai Biji untuk Persiapan Batang Bawah – Biji atau benih tanaman sayur, tanaman pangan , dan tanaman buah berumur pendek seperti semangka, blewah, timun suri, pepaya, dan melon. Tanaman tersebut biasanya ditanam untuk langsung diambil hasilnya. Namun, tidak demikian halnya pada perbanyakan tanaman buah tahunan.

Biji tanaman buah seperti halnya biji mangga, durian, belimbing, atau rambutan biasanya ditanam untuk dijadikan batang bawah (understam) untuk keperluan sambung, penyusuan, atau okulasi. Cara perbanyakan langsung dari biji sekarang banyak ditinggalkan karena turunan yang dihasilkan menyimpang dari induknya, bahkan kadang kualitasnya lebih buruk.


Syarat Tanaman untuk Batang Bawah


Sebelum masuk ke langkah-langkah menyemai tanaman untuk dijadikan batang bawah, alangkah baiknya anda mengetahui terlebih dahulu syarat-syarat yang memenuhi kriteria untuk dijadikan batang bawah. Syaratnya adalah sebagai berikut :

  • Tanaman yang mempunyai daya adaptasi tinggi. Artinya, tanaman tersebut kompatibel dengan berbagai varietas. Bahkan, bila perlu, tanaman juga kompatibel dengan berbagai jenis tanaman dalam satu genus. Kompatibel adalah kemampuan dua tanaman untuk membentuk sambungan dengan baik dan selanjutnya dapat terus tumbuh dengan baik.
  • Perakarannya kuat dan tahan terhadap serangan hama dan penyakit.
  • Kecepatan tumbuh sesuai dengan batang atas. Dengan demikian, batang bawah mampu hidup bersama dengan batang atas.
  • Tidak mempunyai pengaruh pada batang atas, baik dalam kualitas maupun kuantitas buah.
  • Batang kuat dan kukuh.

Setelah anda mempunyai biji yang memenuhi kriteria, selanjutnya untuk menyemai biji tersebut untuk dijadikan batang bawah adalah sebagai berikut.

Menyemai Biji untuk Persiapan Batang Bawah

Menyemai Biji untuk Persiapan Batang Bawah


Persiapan Sarana


  1. Media, berguna sebagai tempat tumbuhnya akar. Media untuk semai di antaranya tanah yang dicampur moss, bubuk sabut kelapa, kompos, atau PuPuk kandang.
  2. Wadah penyemaian, berupa kotak kayu, pot, keranjang, atau kantong plastik (polybag).
  3. Cangkul, berfungsi untuk mengolah tanah bila biji disemaikan di lahan.
  4. Plastik, dipakai untuk menyungkup tanaman agar kelembapan stabil dan terlindung dari air hujan.
  5. Ajir, terbuat dari kayu atau bambu. Gunanya untuk menopang bibit tanaman saat dipindah ke lahan.
  6. Tali plastik/kawat untuk mengikat bibit tanaman pada ajir.
  7. Sekop, untuk membantu penanaman bibit di lahan.

Kunci Keberhasilan Semai Biji Untuk Batang Bawah


  • Biji harus berkualitas, berasal dari buah matang di pohon.
  • Pastikan biji berasal dari tanaman yang mempunyai sifat bagus.
  • Biji berasal dari tanaman yang memenuhi persyaratan sebagai batang bawah. Biji sebaiknya dipilih yang berbentuk normal dan berukuran besar.
  • Daya kecambah biji juga harus tinggi. Caranya dengan merendamnya dalam air. Biji yang tenggelam mempunyaidaya tumbuh lebih besar dibandingkan yang terapung.
  • Biji terbebas dari lendir yang menempel pada permukaan biji.

Masa tumbuh biji tergantung pada jenis tanaman, biasanya berkisar 24 minggu. Usahakan umur bijitidak lebih dari 1 bulan. Oleh karenanya, setelah benih kering sebaiknya segera disemaikan. Untuk mencegah serangan penyakit, biji perlu direndam dalam larutan fungisida. Sementara untuk mempercepat perkecambahan, biji perlu direndam ZPT (zat perangsang tumbuh) dengan dosis 1 ml per 2 liter air selama 1 jam.

Selain biji, wadah media tanam juga sangat penting dalam mendukung keberhasilan semai. Bagian dasar pada wadah semai sebaiknya dilubangi untuk menghindari kelebihan air. Namun, agar media tanam tidak terikut dengan air siraman, lubang tersebut perlu ditutup dengan pecahan genting atau batu ceper. Media tanam bisa berupa pasir, atau pasir yang dicampur sekam padi, lumut yang telah busuk, tanah gembur, kompos, dan sebagainya.

Bibit sebenarnya dapat disemai langsung ditanah bedengan. Namun, tanah tersebut harus diolah dulu dengan cara mencangkulnya. Tanah harus subur dan remah dengan cara mencampurkannya dengan pupuk kandang atau kompos.


Penyemaian di Wadah


Tahap penyemaiannya diwadah adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan wadah, berupa kotak kayu, pot, besek, atau polybag. Kotak kayu biasanya digunakan untuk menyemai biji yang berukuran besar, sedangkan pot, besek, dan polybag digunakan untuk menyemai b’rjiyang berukuran kecil. Sekarang telah banyak tersedia potplant dengan berbagai ukuran. Wadah ini sangat p.raktis penggunaannya. Siapkan media, berupa campuran tanah, pupuk kandang, dan pasir dengan perbandingan 3 :2: 1.
  2. Apabila menggunakan kotak kayu atau pot, lubangi bagian bawahnya agar kelebihan air bisa dibuang. Sebelum media dimasukkan, tutup lubang tersebut dengan pecahan genting atau kerikil kecil. Apabila menggunakan besek, bagian bawahnya tidak perlu dilubangi karena aerasi dan drainase wadah cukup baik. Setelah itu, semprotkan air ke media sampai basah.
  3. Buat lubang tanam dengan batang kayu. Atur jarak antar lubang agar tidak terjadi persaingan tanaman dalam memperoleh unsur hara.
  4. lsi lubang tanam biji. Tutup dengan media secara merata dan tipis saja. Untuk menghindari serangan hama, simpan wadah persemaian ditempat aman. Penyiraman perlu dilakukan jangan sampai media kekeringan.

Penyemaian di Bedengan


Biji juga bisa disemaikan di lahan atau pada bedengan. Tahapannya seperti berikut :

  1. Gemburkan tanah bedengan dengan cara mencangkulnya. Bersihkan gulma dan sampahnya. Bedengan dibuat arah utaraselatan supaya dapat memperoleh sinar matahari dengan baik’ Ukuran bedengan tergantung kebutuhan. Untuk mencegah tanah longsor, beri belahan bambu atau batu bata di sekeliling bedengan. Tanah bedengan harus subur dan remah. Oleh karenanya, perlu diberi 5 kg pupuk kandang atau kompos per meter persegi.
  2. Setelah lahan siap, semai benih di bedengan. Sesuaikan jarak tanam persemaian dengan ukuran biji. Jarak tanam untuk jambu biji berkisar 5 x7 cm, jeruk ‘. 20 x 20 cm, dan mangga : 15 x 30 cm.
  3. Cara menyemai biji pun perlu diperhatikan. Biji besar seperti durian, mangga, dan nangka disemaikan dalam lubang. Setelah ditanam, tutup semua lubang dengan tanah agar terhindar dari serangan hama. Sementara penyemaian biji kecil cukttp denganditebarkan dan ditutup dengan tanah.
  4. Beberapa hari atau minggu, tunas dan akar akan terbentuk, tetapi kondisinya masih sangat lemah. Oleh karenanya, lindungi calon tanaman dengan jerami, daun kelapa, atau plastik. Dengan demikian, tanaman akan terhindar dari sengatan sinar matahari atau terpaan air hujan.
  5. Jaga kelembapan tempat penyemaian dengan cara penyiraman’ Saat benih belum berkecambah, penyiraman bisa dilakukan 2 kali sehari, tetapi bila sudah berkecambah cukup sekali dalam sehari. Pilih alat penyiram yang bisa mengeluarkan air dalam ukuran kecil (lembut), seperti gembor. Apabila b’tji telah berkecambah, buka penutupnya (erami, daun kelapa, atau plastik) agar pertumbuhannya tidak terganggu dan cukup mendapat sinar matahari.
  6. Tanaman muda bisa langsung dipindah ke lahan atau polybag. Namun demikian, bibit tersebut juga tetap bisa berada di daram penyemaian, tetapi jarak tanamnya harus diperjarang. Untuk keperluan okulasi atau penyusuan, tanaman harus berumur kurang lebih 1 tahun. Untuk keperluan sambung pucuk bisa menggunakan tanaman yang berumur 2-3 bulan.

Pemindahan Bibit Ke Lahan


Setelah pertumbuhan tunas cukup memadai , tanaman muda ini bisa dipindahkan ke lahan. Berikut langkah langkah pemindahan bibit ke lahan.

  • Siapkan bibit yang hendak ditanam di lahan. Siapkan pula lubang sesuai dengan ukuran bibit.
  • Masukkan bibit tegak lurus ke dalam lubang. Atur jarak penanaman agar tanaman tidak saling berebut dalam memperoleh unsur hara.
  • Pasang ajir pada setiap bibit agar kuat (bibit tidak goyah) selama masa penyesuaian (adaptasi).

Itulah tahapan-tahapan menyemai biji tanaman untuk dijadikan batang bawah. Pastikan anda mengikuti tahapannya secara berurutan. Lakukan juga langkah-langkah di atas secara hati hati, agar persiapan batang bawah yang diinginkan bisa sesuai harapan. Jika masih ada yang kurang dipahami, silahkan anda bisa menggunakan Forum yang ada di website Agrotani.com , pastikan anda sudah mendaftar menjadi member website ini.

Persemaian