Cara Menyemai Biji Pepaya agar Tumbuh Subur

ID 808 Di PERTANIAN

Agrotani.com – Cara Menyemai Biji Pepaya – Pepaya (Carica papaya L.) adalah tanaman yang diduga berasal dari Amerika Tropis. Tanaman berbentuk perdu ini tingginya bisa mencapai 3 m bahkan lebih. Tanaman pepaya ini banyak manfaatnya diantaranya yaitu getahnya bisa dibuat papain, buah muda dan daunnya untuk sayur, dan buah matangnya sangat banyak mengandung vitamin A dan vitamin C.

Budidaya tanaman papaya sebenarnya gampang-gampang susah. Gampangnya kadang tanaman ini bisa tumbuh bahkan berbuah tanpa perawatan khusus. Namun jika menanam papaya dalam skala bisnis, tentu saja memerlukan perawatan khusus mulai dari proses penyemaian biji papaya yang benar, sampai perawatan tanamannya.

Cara Menyemai Biji Pepaya

Cara Menyemai Biji Pepaya

Perawatan tersebut tentu saja dimaksudkan agar hasil dari berbudidaya pepaya bisa menghasilkan buah yang melimpah, dan berkualitas bagus. Sehingga berbudidaya papaya ini jadi menguntungkan. Namun pada kesempatan kali ini Agrotani.com akan membahas cara-cara menyemai biji papaya saja.


Cara Menyemai Biji Pepaya


Tanaman pepaya mempunyaitiga bentuk pohon, yaitu :

  • Pohon jantan, hanya memiliki bunga jantan.
  • Pohon betina, hanya memiliki bunga betina.
  • Pohon sempurna, memiliki bunga sempurna yaitu bunga jantan dan bunga betina.

Jenis tanaman ini bisa diketahui setelah tanaman berbunga, yaitu setelah berumur 4-6 bulan. Pepaya diperbanyak dengan bijinya. Hanya saja tidak semua bijinya bagus untuk benih. Berikut cara pengadaan benihnya.

  • Ambil biji pepaya yang benruarna hitam yang terdapat di ujung buah.Buah dipilih yang matang pohon dan sehat. Bijidari ujung buah akan menghasilkan tanaman sempurna, yaitu berbunga jantan dan berbunga betina.
  • Biarkan biji selama 3-4 hari. Setelah itu dicuci sampai bersih dan dikeringkan. Biji yang masih terselimuti selaput sulit perkecambahannya. Dan, bila bertunas tidak akan seragam pertumbuhannya.
  • Pilih biji yang berukuran besar, utuh, dan tidak pecah-pecah.
  • Biji bisa langsung ditanam di kebun atau disemaikan dulu dalam kantung plastik. Untuk berikutnya baru dipindahkan ke kebun.

Demikian paparan tentang cara menyemai biji papaya yang baik. Semoga panduan singkat ini bisa bermanfaat untuk anda yang akan berbudidaya tanaman papaya. Apabila masih ada yang tidak dimengerti, silahkan gunakan Forum yang ada di web Agrotani untuk bertanya, dan sebelumnya daftar terlebih dahulu untuk menjadi member.

Tanaman Pepaya